Penyebab Suara Mesin Motor Matic Kasar. Khususnya Mesin Nmax

Penyebab Suara Mesin Motor Matic Kasar. Khususnya Mesin Nmax

Aufaproject46.com Hallo Sobat Otomotif, Di mana sih sumber bunyi kasar yang terdapat pada yamaha nmax,.pasti dari kalian banyak yang belum tahu tentang asal sumber bunyi yang sangat menggangu tersebut. nah pada kesempatan kali ini mari bersama sama mencari tau asal muasal bunyi tersebut.

Dari segi penjualan, memang yamaha masih menjadi pabrikan yang produknya sangat laku keras di pasaran. tetapi bukan berarti tidak ada kekurangan.

Nmax ini salah satu produk unggulan dari yamaha yang kualitas nya tidak perlu di ragukan lagi. selain itu performanya pun tidak kalah dengan sejenis skuter bongsor lainya.

Mesin yang di usung yamaha untuk Nmax ini berkapasitas 155cc. dengan mesin sebesar itu daya yang di hasilkan sebesar 14,8Hp. dengan torsi Puncak 14,4Nm. bisa di bilang Nmax ini lebih unggul bila di bandingkan dengan pesaing terdekatnya yaitu PCX.

Mesin Motor Matic Kasar
Penyebab Bunyi NMax Kasar

Secara history awal kemunculan Nmax ini pertama kali di sirkuit sentul Bogor pada tahun 2015.

Sejak kemunculannya pertama kali Nmax ini langsung di bekali dengan teknologi katup variable. teknologi ini yamaha sebut dengan VVA. lalu apa sih fungsi dari teknologi ini.

Fungsi utama dari teknologi ini adalah mampu menghasilkan tenaga yang lebih maksimal di setiap putaran tanpa boros bahan bakar. kalau di mobil prinsip ini di sebut dengan VTEC pada mobil honda.

Canggih, bukan? Walau begitu rupanya motor ini juga punya penyakit yang cukup khas, yaitu suara mesin kasar. Meski punya banyak keunggulan, nyatanya Nmax ini juga punya sisi kelemahan yaitu terletak pada suara mesin yang kasar.

Bisa di katakan suara memang masih menjadi pr tersendiri bagi yamaha untuk berbenah. untuk itu para konsumen juga harus bersabar dalam menghadapi kondisi tersebut.

Dalam kondisi normal pun nmax ini bisa di bilang suaranya sudah kasar, apalagi kalau ada salah satu komponen yang bermasalah pastinya suara berisik tadi semakin bertambah kuat. kalau di perhatikan secara seksama bunyi kasar tersebut seprti ada gesekan antar komponen metal.

Penyebab Bunyi NMax Kasar

Aufaproject46 mencoba mengumpulkan banyak sumber informasi yang akurat terkait penyebab suara bising pada Nmax ini. rata rata ada dua sumber bunyi bising pada yamaha Nmax. bisa dari depan atau dari belakang.

Yang di maksud dari depan dan belakang tadi adalah bila suara bising bersumber dari depan, bisa di pastikan ada yang bermasalah pada area mesin, namun bila suara bising terdapat di belakang, maka area CVT nya yang bermasalah.

Kalau di jelaskan secara terpisah maka akan membuat bingung maka sebaiknya kita urai bersama sama secara lengkap dam urut agar tidak membingungkan terkait penyebab suara bising pada yamaha Nmax ini. simak baik baik!!!

Bearing Noken As Oblak

Komponen pertama yang sering menjadi penyebab suara bising pada Nmax ini adalah komponen noken as.

Di lihat dari segi fisik komponen ini memang noken as ini terdapat dua buah bearing besar dan kecil. seiring berjalannya waktu dan usia si motor leher ini rentan mengalami kelonggaran atau oblak.
Kasus yang banyak di temui yaitu pada bearing kecil yang sering menempel pada kepala sikinder.

Perlu di ingat bearing ini tidak bisa di reposisi ulang, sedikit sara bila bearing ini sudah keos atau oblak maka sebaiknya ganti dengan yang baru.

Untuk harga bearing ini sendiri masih aman aman saja tidak sampai menguras kantong anda. untuk bearing ukuran kecil harganya di Kisaran 30 ribu. untuk ukuran besar sekitar 70 hingga 75 ribu.

As Pelatuk Klep Aus

Selain noken as oblak tadi, penyebab yang lain suaran nmax kasar adalah pelatuk klep yang keos. sudah banyak yang mengalami kasus ini.

Sebenarnya ada faktor kelalaian pemilik motor dalam mengganti oli. pelatuk klep keos di picu dengan telat nya mengganti oli. dalam hal teelat saja bisa berakibat fatal apalagi sampai oli benar benar sudah habis?? pasti akan bertambah besar masalahnya. Pada situasi demikian posisi as pelatuk akan menajdi keos, bila sudah keos otomatis bearing akan longgar.

Kalau sudah seprti itu usahakan langsung mengganti kalau tidak ingin bertambah fatal. sama seperti noken as, komponen ini juga tidak bisa di reposisi. Untuk harga tidak usah kawatir sebab harga komponen ini cukup murah di Kisaran 20 ribu hingga 25 ribu.

Pelatuk Klep Rusak

Nah bila komponen in sudah rusak, mungkin ada akan sedikit pusing sebab untuk membelinya anda harus diwajibkan membeli satu paket sebab nmax ini menggunakan teknologi VVA. untuk harganya sekitar 400 ribu.

Sejauh ini hanya itu biang masalah yang biasa terdapat pada yamaha Nmax terutama pada mesin. sekarang kita beralih masalah yang sering terjadi di bagian CVT.

BearingGearbox Aus

Bila anda pernah mengalami situasi dimana suara motor anda tiba tiba mendengung, bisa di pastikan ada satu komponen yang bermasalah, sumber suara dengung tadi di sebabkan adanya bearing gearox yang aus. keos nya gaerox tadi di tandai dengan gigi rasio yang renggang. apabila sudah renggang celah antara mata gigi menjadi tidak presisi.

Roller Peyang

Dengan usia yang cukup lama atau tua motor akan rentan mengalami maslaah. begitu halnya dengan cvt. sering nya digunakan tanpa dilakukan adanya pengecekan kondisi nyabpun bisa menurun. bentuk awal dari roll CVT ini adalah bulat namun semakin lama akan menjadi peyang atau berantakan bentuknya.

Hal tersebut bisa membuat suara kasar terutama pada bagian cvt. Kerusakan ini bisa di tandai dengan menurutnya performa motor. seperti tenaga menurun saat di gas.

Sabuk V-Belt Kendur

Kondisi v-belt yang kendor juga bisa menjadi penyebab suara kasar pada nmax. ketika rantai sudah mulai longgar, tentu akan terjadi gesekan dengan turup CVT.

Mangkuk Kopling

Kerusakan komponen ini di tandai dengan suara decitan yang cukup terngiang ngiang. masalah tersebut di sebabkan karena perekat yang ada pada mangkuk kopling sudah tidak berfungsi sebagai semestinya.

Tensioner Rantai

Mungkin bisa di bilang ini penyakit yang sudah melekat pada nmax keluaran awal. masih awak saja tensioner sudah rawan akan kerusakan yang menyebabkan suara kasar pada mesin. nah bila anda  ingin mendengar dimana letak sumber suara, sedikit dekatkan telinga anda ke bagian mesin sebelah kiri .

Salah satu seorang mekanik di sebuah bengkel di Jakarta pernah mengatakan” memang suara mesin tadi bersalah dari mesin sebelah kiri. dan per pada tensioner tadi kemungkinan sudah patah dan harus segera di ganti agar tidak mengganggu komponen yang lainya”.

Do’i pernah menjumpai beberapa kasus salah satunya ketika rantai tensioner keteng rusak dan si pemilik abay terhadap hal tersebut. akibatnya ia harus satu set komponen rantai keteng serta lidag rantai keteng. dan harga rantai keteng tersebut berkisar 146 ribu.

Bearing noken as.

Memang komponen ini harga nya tidak seberapa namun apabila sudah rusak pastinya akan tetap menggangu apalagi suara yang di timbulkan sangatlah berisik. tapi hanya suara saja yang kasar, soal performa masih tetap aman.

Rocker Arm

Salah satu penyebab umum kerusakan pada komponen ini adalah sering telat ganti oli. namun pada bagian atas bila sudah terkena  harga yang harus di bayar sangatlah besar sebab menggunakan teknologi VVA. untuk menghindari kejadian yang tidak di inginkan usahakan tepat waktu dalam mengganti oli dan periksa satu per satu ketiga komponen tersebut.

Piston Kit

Ada dua efek yang di timbulak ketika komponen ini sudah rusak salah satunya adalah muncul asap ngebul berwarna putih. hal ini terlihat jelas ketika RPM 3000 hingga RPM 7000. hal yang menyebabkan kebulan asap yang berlebib tersebut karena ada goresan pada piston atau silinder yang berakibat ruang bakar kemasukan oli mesin.

Jika mesin dalam kondisi dingin dan langsung keluar asap kemungkinan besar ada yang tidak beres di seal valve steam yang aus. kejadian ini dapat di lihat ketika spedo sudah mencapai 2000 km dan oli mesin berkurang 250ml-300ml.

Noise Idling

Pokok permasalahan nya hampir sama dengan point di atas, idling berada di Kisaran 1500RPM hingga 4.000 RPM.

Namun perbedaanya terletak pada 4000 RPM. sangat jelas suara bising tadi akan hilang. cara yang bisa anda lakukan adalah dengan mengecek dengan obeng kecil dan panjang.

Anda bisa menempelkan ke bagian yang terdengar noise. ada beberapa komponen yang bisa dilakukan pengecekan du antaranya:v vbelt, pulley primer, weight aus, starter clutch, bearing rocker arm, bearing camshaft bagian depan serta belakang.

Klep

Suara yang di hasilkan ketika komponen ini rusak sangatlah keras. hal ini di sebabkan karena celah klep terlalu longgar serta dudukan baut sudah aus.

Sebenarnya ada cara yang cukup mudah hanya dengan menyetel klep saja namjun hal ini berlaku ketika tidak ada part yang aus.

Plastik Slider Menutupi Rumah Roller

Banyak kasus ditemukan dalam hal plastik silinder menutupi rumah roller. hinhha menyebabkan suara bising pada Nmax. namun bila anda abay terhadap persoalan sepele ini akibatnya suara tadi akan bertambah keras dan tidak menutup kemungkinan akan menimbulkan getaran serta gerakan pelat tutup roller tidak stabil.

Gas Berlebihan

Hal ini harus diketahui setiap pengendara motor.  hal yang biasanya disepelekan oleh pengendara motor adalah menekan gas terlalu berlebihan, karena bisa menurunkan performa motor. jangan gunakan motor matic anda untuk segera melaju kencang setelah dari keadaan diam, lama kelamaan bisa membuat suara mesin motor anda menjadi kasar.

Oli atau pelumas mesin yang Kurang Tepat

Memilih oli tidak boleh sembarang. sebab di setiap merk oli memiliki tingkat kekentalan yang berbeda beda. hal tersebut dapat berpengaruh terhadap performa mesin. jika oli tidak sesuai mestinya akan menyebabkan gerak piston tidak optimal. hasilnya pun peranti tersebut tidak akan bisa mendorong campuran udara bahan bakar ke ruang bakar mesin dengan kuat.

Biasanya kasus yang sering terjadi karena di sebabkan ketidak sesuaian oli. adapun penyebab lainya yaitu gebrakan piston yang tidak sekuat semestinya di karenanakan telah aus serta banyaknya kotoran kerak di ruang bakar mesin.

Secondary sliding Sheave

Lainya di bagian CVT juga rentan menyebabkan bunyi yang bising.  salah satu komponen yang sering menyebabkan suara bising tadi adalah face set moveable driven yang oblak.

Jikat part ini yang fungsi nya mendorong per CVT agar vbelt turun telah keos maka komponen yang terdampak dalam hal ini adalah sliding sheave sehingga menyebabkan  perputarannya mengalami benturan dengan pasangannya.

Telat Ganti Oli

Seperti yang telah di bahas di atas, Salah satu hal yang harus selalu di perhatikan yaitu kondisi Oli, Oli berfungsi sebagai pelumas Mesin semua kendaraan.

Dengan demikina, pergesekan Antara mesin akan menjadi berkurang,
Oleh sebab itu, cairan oli mesin yang sudah kotor akan membuat kinerja mesin terdengan semakin kasar, dan mesin harus bergesekan lebih keras,

Sehingga menimbulkan suara mesin motor semakin kasar, dan getaran semakin besar yang mungkin membuat anda tidak nyaman saat motor di kendarai. dan perlu di inget jika masbro pernah telat ganti oli akan banyak komponen yang harus di waspadai, selangkapanya bisa baca artikel ini, Akibat motor telat ganti Oli

Cvt Kotor

Continuously Variable Transmission Atau yang biasa di sebut CVT, merupakan salah satu komponen motor matic yang paling penting.

Part ini atau komponen ini berfungsi sebagai penggerak roda dari mesin sehingga roda belakang dapat berputar dan menggerakan speda motor

Dengan fungsi yang cukup krusial tersebut, maka anda anda sekalian para pengguna motor matik khususnya yamaha Nmax harus selalu memperhatikan kondis komponen yang satu ini.

Salah satunya harus rajin rajin membersihkan pada bagian CVT ini, di anjurkan membersihkan setiap 8.000 km. CVT motor matic yang kotor dapat menimbulkan suara aneh atau kasar saat motor di kendarai

Kesimpulan

Kesimpulan nya penyebab suara bising tadi memang banyak yang berasal dari mesin. yang utama yaitu pada komponen bearing noken as yang sering longgar.

Dengan banyaknya pabrikan yang mengusung teknologi VVA ini tentu masalah yang di alami kebanyakan sama. untuk saran perbaikan sangat di sarankan di beres atau bengkel resmi. tapi tidak melarang untuk di bengkel umum semua tergantung pada anda sendiri.

Saran kami bila motor anda sudah mengalami salah satu pertanda diatas, segeralah periksakan motor anda ke bengkel supaya tidak bertambah fatal akibatnya. juga di garis bawahi bagian CVT juga tidak luput dari sumber masalah suara tersebut.

Sumber suara tersebut bisa anda bedakan ketika motor anda kendarai dan bisa menganalisa sendiri.

Jika di perkecil memang sumber suara bising tadi memang kebanyakan dari kelalaian pengguna dalam melakukan perawatan. dan tidak menutup kemungkinan juga bisa di sebabkan kualitas dari komponen tersebut yang buruk.

Pasti sudah banyak banyak yang mengetahui soal kondisi nmax ini yang sangat boros dengan suku cadang.

Uniknya banyak sebutan yang melekat pada nmax ini salah satunya “vampir oli“. sedikit saran nih bagi kalian usahakan ketika mengganti oli sedikit lebih maju dari jadwal yang di tentukan bengkel.

Menurut buku panduan pada 3.000 km sudah di anjurkan untuk mengganti oli, namun tidak ada salahnya untuk lebih awal mengganti oli dari jadwal.

Hasilnya anda dapat rasakan dari pada harus membongkar mesin dan pastinya akan banyak memakan uang anda.

Nah suara mesin kasar bisa terjadi pada semua motor motic, baik itu Honda pcx, honda vario Honda BeAt, Yamaha Aerox dll,

Jika motor matic masbro sekalian mengalami hal yang serupa yakni suara mesin kasar, masbro bisa coba chek komponen komponen yang telah kami bahas di atas, dan setiap komponen pada motor matic pasatinya ada yang harus di ganti secara berkala, Komponen Motor Matic Yang Harus Di Ganti Secara Berkala, bisa di coba satu persatu, selamat mencoba

semoga bermanfaat gengs.

Bagikan:

Tinggalkan komentar