Catat! Berbagai Kelebihan Motor Kopling yang Perlu Anda Ketahui

Catat! Berbagai Kelebihan Motor Kopling yang Perlu Anda Ketahui. Aufaproject46.com, Hallo Sobat otomotif, Motor kopling merupakan motor yang menggunakan kopling untuk mengatur tenaga yang dikeluarkan oleh mesin. Umumnya motor ini memiliki tenaga yang cukup besar sehingga diperlukan kopling untuk mengaturnya. Dan juga kebanyakan motor kopling merupakan motor dengan desain tangki di depan walaupun ada juga jenis motor bebek yang menggunakan kopling.

Kelebihan Motor Kopling

Meskipun motor ini terlihat sulit untuk dikendarai dan ribet, namun jika Anda pecinta motor sejati pasti Anda akan menyukai motor jenis ini. Motor ini sangat cocok digunakan untuk perjalanan jarak jauh, selain memiliki kapasitas bahan bakar dan kapasitas mesin yang tergolong besar, motor kopling lebih siap digunakan untuk jangka waktu yang lama dibanding motor bebek biasa atau motor matic.

Berbagai Kelebihan Motor Kopling

Untuk Anda yang ingin membeli motor kopling, sebaiknya Anda perlu mengetahui kelebihan-kelebihan motor kopling terlebih dahulu, berikut kelebihan-kelebihan tersebut.

  • Mudah Mengatur Gigi dan Tenaga Mesin

Kelebihan yang pertama adalah mudahnya mengatur gigi dan mengatur tenaga mesin yang digunakan. Anda bisa mengaturnya semau Anda, namun Anda sebaiknya menyesuaikan dengan medan yang dilewati seperti misalnya jika Anda sedang di tanjakan yang terjal maka Anda harus bisa menggunakan gigi satu dan menggunakan tenaga mesin yang tinggi untuk bisa melewati tanjakan tersebut.

  • Biaya Perawatan Murah

Kelebihan motor kopling selanjutnya adalah biaya perawatan yang murah. Tentunya saja murah karena memang motor kopling merupakan motor yang awet dan bandel dibanding motor bebek atau motor matic. Anda tidak harus melakukan perawatan yang ekstras seperti halnya pada motor matic.

  • Medan Apapun Bisa Dilalui

Dengan tenaganya yang besar dan mudahnya mengatur tenaga mesin, motor kopling ini bisa digunakan untuk segala medan. Medan bebatuan maupun tanjakan terjal pasti mudah untuk dilalui karena memang tenaga yang dikeluarkan oleh kebanyak motor kopling tergolong besar. Jadi, motor kopling cocok digunakan di pedesaan maupun diperkotaan.

  • Penggunaan Engine Brake yang Mudah

Penggunaan engine brake yang mudah menjadi kelebihan motor kopling berikutnya. Engine break merupakan teknik untuk membuat laju kendaraan menjadi lebih lambat dengan memanfaatkan hambatan yang terdapat pada putaran mesin. Dengan menggunakan motor kopling, Anda akan mudah untuk menciptakan engine break.

Engine brake ini sangat berguna saat menuruni sebuah turunan terjal. Tarik tuas kopling dan lepas kan secara perlahan, maka secara otomatis mesin akan melambat secara pelan-pelan.

Itulah berbagai kelebihan motor kopling yang bisa Anda ketahui. Motor yang identik dengan pria ini memang cocok digunakan di segala tempat, di perkotaan Anda bisa menggunakannya dengan lincah apalagi jika jalanan sedang kosong. Di pedesaan pun tetap bisa digunakan, tanjakan terjal dan bebatuan bukan masalah besar untuk motor ini.

Bagikan:

Tinggalkan komentar