Tanda-Tanda CVT Motor Matic Rusak

Tanda-Tanda CVT Motor Matic Rusak

Aufapoject46.com – Hallo sobat Otomotif, Meskipun menawarkan cara pengoperasian yang sangat praktis serta mudah, namun perawatan komponen sistem motor matic nampaknya lebih rumit bila di bandingkan dengan motor bebek dan sport.

Salah satu komponen yang wajib untuk di perhatikan adalah CVT. Motor matic menggunkan sistem tranmisi Otomatis dari CVT ini itu sebab nya perlu di perhatikan apabila terdapat ciri ciri seperti di bawah ini untuk segera memeriksakan kondisi motor anda ke bengkel.

 Pengertian CVT

Sebelum lebih jauh pasti banyak yang belum mengetahui apa sih CVT itu??. CVT merupakan kepanjangan dari continuously variable transmission yang fungsinya supaya bisa menggerakan motor.

Cara kerja CVT ini sendiri adalah dengan meneruskan putaran dari roda ban ke dalam mesin dengan begitu motor akan bergerak maju.

Tanda CVT mengalami masalah.

Meskipun bekerja secara otomatis komponen ini rentan mengalami masalah.

Jika terus menerus di biarkan komponen ini akan semakin parah dengan di tandai suara aneh saat motor di nyalakan sehingga bisa membuat kendaraan tersebut mogok tiba tiba.

Apa saja sih gejala bila CVT mengalami kerusakan atau bermasalah?? Berikut kami rangkum sembilan ciri ciri CVT mengalami kerusakan.

10 Gejala Kerusakan CVT Motor Matic

Tanda-Tanda CVT Motor Matic Rusak
Tanda-Tanda CVT Motor Matic Rusak

1. Terdapat suara berisik yang berasal dari roller.

Roller sendiri merupakan komponen penting yang terdapat padat CVT. cara kerja komponen ini sendiri adalah dengan mengatur putaran yang di hasilkan oleh mesin dari kecepatan rendah ke tinggi.

Dalam dunia mekanik batas wajar pemakaian roller ini sendiri bila sudah mencapai jarak 20.000-24.000 km. Apabila sudah melampaui jarak tersebut rata rata roller mulai aus bahkan peot. Dengan demikian suara motor pun akan ikut berubah menjadi berisik.

2. Pulley sudah aus.

Selain roller tadi pulley pada CVT sendiri juga rawan bermasalah. Pulley ini sendiri menjadi wadah dari roller tadi.
Kerusakan pada pulley ini sendiri biasanya ketika motor terlalu sering membawa beban berat sehingga menyebabkan komponen pulley ini semakin aus.

3. Tarikan gas motor tidak stabil.

Selanjutnya ciri ciri CVT mengalami kerusakan adalah tarikan gas yang kurang stabil. Kondisi ini sangat sering di rasakan oleh pengendara. Biasanya di tandai dengan bergetar dan tersendat.

Problem ini di sebabkan karena sistem CVT tadi sudah mengalami kerusakan atau komponen nya ada yang bermasalah.
Rata rata pengendara menambahkan pelumas akan tetapi jika masih belum normal besar kemungkinan terdapat masalah pada mangkuk kopling pada CVT.

4. Motor kurang bertenaga.

Pengguna biasanya sangat hafal dengan kondisi kenyamanan saat berkendara motor mereka. Salah satu dari sekian tanda kerusakan pada CVT ini sendiri adalah kecepatan nya menurun drastis.

5. Terdapat suara decitan pada tranmisi

Saat berkendara dan terdengar suara decitan pada tranmisi besar kemungkinan ampas kopling motor mulai aus.

Masalah ini bisa Anda atasi sendiri tanpa membawa motor anda ke bengkel. Yaitu dengan cara mengganti kampas dengan yang baru.

6. Terdengar suara berisik dari v-belt.

Cara kerja v-belt sendiri sangat mirip dengan rantai pada motor bebek. Dan hanya saja bentuknya semacam sabuk yang terbuat dari karet. Tanda dari v-belt. Mengalamu kerusakan adalah terdengar suara bisik dari dalam cvt.

V-belt sendiri bila sudah mengalami masalah akan sangat berpengaruh
Terhadap kenyamanan Anda saat berkendara. dan bila terus menerus di biarakan juga dapat berpengaruh pada komponen yang lainya.

7. tercium bau gosong.

Ciri ciri kerusakan parah pada v-belt adalah ketika mengeluarkan bau seperti gosong.

Hal ini di sebabkan karena gesekan yang terus menerus, sebagai gantinya anda harus mengganti dengan v-belt yang baru. Supaya masalah tidak merembet ke komponen lainya.

8. Muncul Dengungan dari CVT

Mungkin salah satu dari kalian saat berkendara mendengar suara dengungan yang cukup keras dan suara tersebut berasal dari area CVT? bisa jadi suara tersebut dari sebuah komponen yang telah rusak didalam bak CVT.

Sering terjadi munculnya suara tersebut berasal dara komponen gear rasio yang sudah mulai aus atau bahkan rusak karena faktor dari usia pemakaian.

Tanda-Tanda CVT Motor Matic Rusak

Penyabab dari gear rasio yang aus tersebut, besar kemungkinan karena anda jarang m3ngganti oli. Akibatnya kinerja gear jadi terganggu serta menyebabkan terjadinya gesekan antar komponen lainya sehingga terasa berat.

Agar masalah itu tidak terjadi, usahakan selalu tepat waktu dalam mengganti oli dalam 2 bulan sekali.

9. Terdapat kebocoran oli.

Indikasi bahwa kondisi CVT bermasalah selanjutnya adalah di tandai dengan kebocoran oli. Memang seperti tidak bersangkutan namun kebocoran oli bisa menjadi pertanda bahwa ada masalah pada CVT.

Kebocran oli pada motor matic tentu akan menjadi tanda tanya besar mengapa oli motor bisa habis?

Jika hal tersebut terjadi maka segera mungkin untuk mengecek bagian area CVT motor Anda.

10. Boros Bahan Bakar

yang terakhir adalah motor akan lebih boros bahan bakar. Bila sudah mencapai maslah ini sebaiknya motor segera di bawa ke bengkel untuk penanganan lebih serius.

Nah itulah Masbro 10 Gejala CVT Motor anda sedang bermasalah, Semoga bermamfaat

Bagikan:

Tinggalkan komentar

/