Efek Motor pakai oli Mobil? Simak Apa Efek Negatifnya

Efek Motor pakai oli Mobil? Simak Apa Efek Negatifnya

Aufaproject46.com  – hallo sobat, Mengganti oli sepeda motor merupakan salah satu perawatan rutin yang harus dilakukan oleh pemilik sepeda motor. Penggantian oli mesin ini juga harus memenuhi spesifikasi yang direkomendasikan pabrikan.

Namun, masih banyak pemilik kendaraan bermotor yang tidak mengerti apa jadinya jika beralih ke oli yang jauh dari spesifikasi yang direkomendasikan. Seperti mengganti oli motor Anda menggunakan Oli mobil.

Motor pakai oli Mobil
Efek Motor pakai oli Mobil

Memang pada dasarnya oli mobil memang bisa digunakan untuk melumasi mesin sepeda motor karena sama-sama berfungsi sebagai pelumas mesin. Namun, hal tersebut bisa menghasilkan efek yang tidak terduga.

Meski banyak orang percaya bahwa penggunaan oli mobil pada mesin sepeda motor dapat memberikan efek positif, namun kenyataannya tidak demikian.

Sebab, dampak yang ditimbulkan justru berdampak negatif yang justru merugikan pemilik sepeda motor. Sebab, bukan tidak mungkin mesin benar-benar rusak.

Sebab, memang ada perbedaan spesifikasi oli mobil dan oli motor. Yang membedakan adalah jenis kopling yang digunakan.

Biasanya, mobil menggunakan kopling kering yang tidak terendam oli, sedangkan kebanyakan sepeda motor menggunakan kopling basah yang direndam oli.

Oleh karena itu, ketika oli mobil digunakan pada sepeda motor, potensi slip kopling menjadi sangat tinggi, mengganggu aktivitas berkendara dan menimbulkan berbagai masalah pada mesin sepeda motor.

Oleh karena itu, saat memilih oli untuk mesin Anda, sebaiknya pilih oli yang memenuhi spesifikasi yang direkomendasikan pabrikan.

Bagikan:

Tinggalkan komentar

/