Pernah Telat Ganti Oli? Ini Akibatnya

Pernah Telat Ganti Oli? Ini Akibatnya

Aufaproject46.com Hallo masbro, Fungsi oli memang sangat lah penting dalam sebuah motor, sebagaimana bahan bakar, jika tanpa oli motor tidak akan bisa di gunakan.

Oli sendiri memiliki empat peran penting sebagai pelumas, pembersih ,pelindung serta pendingin. dengan segitu pentingnya peran dari oli, maka diwajibkan agar selalu memantau dengan teratur pasal kondisi oli tersebut.

Kapasitas oli dalam sepeda motor semakin lama motor tersebut di gunakan maka akan semakin berkurang pula volume cairan tersebut.

Oleh karena itu agar selalu waspada jangan sampai kendaraan anda telat ganti oli guna menghindari hal yang tidak di inginkan.

Ini Akibatnya Jika Motor Telat Ganti Oli,

Suara Dan Getaran Makin Berisik

Dengan adanya oli otomatis dapat membantu dalam mendinginkan serta melumaskan komponen dalam bergesekan.

Dengan begitu kondisi oli yang sudah tidak layak akan membuat kinerja mesin serta komponen yang lainya menjadi lebih keras dan bisa pula menimbulkan suara yang bising sehingga bisa membuat performa dari motor tersebut menjadi berkurang.

Kinerja Mesinn Jadi Menurun

Pada umumnya di setiap bengkel pasti menyarankan atau di beri jadwal dalam melakukan pergantian oli atau juga bisa di lihat di buku panduan.

Usahakan mengganti oli kalau bisa lebih awal dari jadwal yang sudah di tentukan atau juga bisa tepat waktu jangan sampai telat agar nantinya tidak ada komponen yang keos.

Bahan Bakar Menjadi Lebih Boros

Mesin akan bekerja lebih keras dari pada sebelumnya karena oli yang sudah kotor serta berkurang. selain bisa membuat komponen bermasalah kekurangan oli juga dapat menimbulkan pemborosan dalam hal pemakaian bahan bakar.

Sebab tenaga yang di butuhkan sangatlah besar. nah dengan begitu anda sudah pasti akan kerepotan sebab komponen sudah banyak yang bermasalah di tambah lagi boros nya bahan bakar.

Overheating

Biasanya motor baru di gunakan sebentar sudah sangat panas, gejala tersbeut menunjukan ada yang bermasalah dengan oli.

Kemungkinan oli teersbut sudah kotor atau habis. efek yang di timbulkan dalam persoalan ini biasanya silinder yang fungsinya sebagai tempat pembakaran akan menjadi peot.

Ketahanan Mesin Jadi berkurang

Oli memang menjadi bahan pokok, selain menjadi pendingin seperti yang sudah dj jelaskan di atas, oli juga berfungsi sebagai Armour atau pelindung dari sebuah mesin.

Sering telat ganti oli akan membuat usia motor tersebut menjadi pendek. ujung ujungnya ada banyak komponen yabg rusak sehingga bisa menyebabkan anda melakukan pengkuaran yang cukup banyak.

Motor Tiba-tiba Mogok

Nah banyak dari kalian pasti pernah mengalami motor mogok di jalan. permasalah tersebut masih bersangkutan dengan oli. mesin yang panas karena oli sudah kotor atau bisa jadi kehabisan.

Nah pasti tidak mau kan mengulangi kejadian tersebut lagi, makanya harus tepat wakti dalam mengganti oli.

Turun Mesin

Selain masalah di atas, sering juga turun mesin karena di sebabkan oleh oli yang sudah kotor. pasti sudah banyak yang tahu tentang berapa biaya yang harus di keluarkan?? makanya untuk menghindari nya usahakan harus teoat waktu dalam mengganti oli.

Nah banyak kan persoalan yang bisa di timbulkan karena telat ganti oli. makanya guna menghindari hal hal yang tidak di inginkan selalu rajin mengganti oli.

Agar motor anda performa nya selalu stabil serta nyaman pastinya. bila anda abay atau tidak perduli dalam mengganti oli, yaa minimal bisa mempersiapkan berapa budget yang harus di keluarkan nantinya…. Nah itulah masbro sedikit Pembahasan tentang Motor Telat Ganti Oli semoga bermanfaat.

Bagikan:

Tinggalkan komentar