Begini Cara Pasang Flasher 2 Kaki Motor dengan Mudah

Para pengendara sepeda motor mungkin sudah familiar dengan yang namanya flasher motor. Adanya flasher motor akan sangat berfungsi ketika pengendara sedang mengendarai sepeda motornya. Di bawah ini terdapat cara pasang flasher 2 kaki motor dengan mudah. Namun perlu diketahui terlebih dahulu apa itu flasher motor.

Cara Pasang Flasher 2 Kaki Motor
Fungsi Flasher Pada Sepeda Motor

Apa Itu Flasher Motor?

Flasher motor adalah suatu komponen listrik yang ada pada motor yang memiliki cara kerja sebagai penyuplai listrik menuju lampu sen. Dimana, ketika lampu sen sedang digunakan maka akan berkedip-kedip. Lampu sen tentunya sangat berguna dan wajib digunakan oleh setiap para pengendara. ingi tau lebih jelas dan detail tentang Apa Fungsi Flasher Pada Sepeda Motor? Berikut Fungsi Dan Jenis jenisnya

Fungsi flasher motor sudah tentu sebagai penyebar arus listrik menuju lampu sein pada sepeda motor. Lampu sein ini disebut juga sebagai lampu hazard. Terdapat beberapa jenis flasher untuk motor diantaranya flasher standar pabrik, flasher LED, dan flasher 3 kaki.

Untuk pembahasan kali ini, akan dipaparkan mengenai cara memasang flasher dengan 2 kaki pada motor. Langkah-langkahnya mudah serta dapat dilakukan secara mandiri di rumah. Tentunya juga dapat menghemat pengeluaran dengan tidak perlu datang ke bengkel motor.

Cara Pasang Flasher 2 Kaki Motor

Di bawah ini terdapat langkah-langkah cara memasang flasher dengan  2 kaki pada motor. Ternyata memasang flasher motor bisa dilakukan dengan mudah sehingga bisa dilakukan secara mandiri. Bagaimana saja langkah-langkahnya? Daripada penasaran, lebih baik langsung simak ulasannya berikut ini:

1. Menyiapkan Alat-Alat dan Bahan

Langkah pertama yang perlu dilakukan yaitu tentu dengan mempersiapkan alat-alat serta bahan yang dibutuhkan. Alat yang dibutuhkan adalah tentunya flasher, saklar dan obeng. Sedangkan bahan yang digunakan yaitu kabel dan solasi. Semua alat dan bahan tersebut harus dipersiapkan terlebih dahulu sebelum memasang flasher.

2. Mencari Letak Flasher

Langkah yang kedua yaitu mencari letak flasher dengan cara membongkar bodi samping. Carilah letak flasher berada, dan jika sudah ketemu maka bisa langsung menggantinya dengan flasher yang telah disiapkan sebelumnya.

Pada flasher mobil terdapat 3 kaki, perlu diketahui bahwa 2 kaki dapat langsung dihubungkan dengan soket. Sementara itu, pada satu kaki lainnya bisa disambung dengan memakai kabel dengan bodi motor.

3. Menyalakan Lampu

Jika proses pemasangan telah benar, selanjutnya nyalakan lampu sen. Nantinya lampu sen akan menyala seperti sedia kala. Tetapi, kedipan nyalanya lebih cepat.

Untuk membuat lampu hazard, serta lampu lainnya bisa menyala secara bersamaan, perlu membongkar batok lampu. Kemudian, carilah kabel positif dari kedua lampu sein yang kanan dan kiri tersebut.

4. Menyambungkan Kabel

Selanjutnya yaitu proses penyambungan kabel. Dari langkah yang ketiga, apabila sudah ketemu dari sambungan keduanya bisa langsung digunakan. Lampu sein bisa langsung digunakan pada saat itu juga seperti semula. Coba gunakan saklar untuk dapat menghubungkannya.

5. Mengaktifkan Lampu

Langkah terakhir yang dapat dipaparkan kali ini adalah mengaktifkan lampu. Posisikan saklar pada kondisi on serta nyalakan lampu sen. Keempat lampu sein maka akan menyala secara bersamaan langsung pada saat itu juga. Jika ingin menonaktifkan lampu hazard, maka cukup menggesernya ke posisi off. Maka, lampu sen akan mati.

Demikian informasi singkat mengenai cara pasang flasher 2 kaki motor dengan mudah. Pemilik sepeda motor bisa melakukan langkah-langkah diatas dengan mudah sendiri. Tidak harus pergi ke tempat bengkel, bisa langsung memasang fasher secara mandiri. Pemilik juga tidak perlu khawatir karena prosesnya tidak memerlukan alat yang berat dan metode yang sulit.

 

Bagikan:

Tinggalkan komentar

/