Lengkap! Cara Pemasangan Relay Klakson Motor

Lengkap! Cara Pemasangan Relay Klakson Motor

Aufaproject46.com – Hay sobat Otomotif, Tidak sembarangan dalam memasang relay klakson, jika salah satu step saja maka bisa di pastikan klakson tidak akan bisa berfungsi sebagai mana mestinya. Maka perlu pengetahuan serta ke hati hatian khusus.

Relay klakson sendiri memiliki fungsi yang cukup penting dalam sebuah motor relay jnj sendiri berperan sebagai saklar penghubung. Nantinya relay ini akan menjaga kestabilan data listrik yang dihasilkan hasilkan oleh klakson.

Untuk itu budayakan membaca sampai selesai agar nantinya kamu bisa memasang relay klakson inj sendiri tanpa harus membawa ke bengkel. Namun tidak sembarangan bengkel usahakan pilihlah mekanik yang di rasa ahli di bidang nya.

Jenis Komponen yang Wajib Ada

Jika dirasa sudah paham dan mengerti, ketika hendak memasang sendiri relay klakson ini siapkan terlebih dahulu komponen yang di butuhkan. Mengapa demikian agar nantinya tidak terjadi hambatan dalam prosesnya.

Di pasaran terdapat banyak merk dari relay klakson ini kamu boleh memlih sesuai keinginan kamu. Kebanyakan merek yang paling banyak di pasaran adalah sebagai berikut:bosch, hella, PIAA, hadley, wolo, fer dan fiam.

Jangan membeli produk kw atau bajakan, usahakan yang ori agar dapat menjaga keawetan klakson motor kamu. Menurut beberapa mekanik yang sering memasang relay klakson ini merk yang sering di beli di pasaran adalah merk bosch. Mereka beranggapan merk bosch ini memiliki kualitas yang oke dan sudah teruji.

Untuk lebih rincinya berikut daftar komponen yang wajib ada

  • Socket relay bermerek Bosch. Relay Bosch berjumlah 4 kaki dengan tipe 0332019453.
  • Terminal konektor bermerek Bosch. Kabel serabut dengan diameter ketebalan 5mm
  • Fuse box dan terminal konektor yang sudah sesuai dengan beban arus motor.
  • Ring terminal 10 mm. Usahkan dari daftar komponen yang saya sebutkan di atas jangan ada yang kurang satu pun ketika hendak memasang relay klakson. Agar nantinya prosesnya bisa lancar.

Cara Pasang Relay Klakson

Cara Pemasangan Relay Klakson Motor

Okelah mari kita mulai pemasangan nya jangan sampai terlewatkan!!

Ketika semua komponen yang di butuhkan sudah ada langkah selanjutnya adalah dengan menaruh semua komponen berdekatan gunanya agar nantinya tidak berserakan dan mudah terjangkau tangan. Dan

Guna menghindari ada komponen yang kurang usahakan cek sekali lagi. Jika sudah Oke, bisa di lanjut dengan memperhatikan sisi positif dan negatif.

Cara Memasang Sisi Negatif

Kamu perlu tahu terlebih dahulu tentang sisi negatif dan positif ini sebab ini kaitannya dengan kelistrikan.

Berikut ini cara memasang sisi negatif pada relay klakson.

  1. Ambil relay dan letakan ujung bernomor 30 ke Aki positif.
  2. Harus menggunakan kabel tebal karena ini langsung menyambung ke aki.
  3. Selanjutnya perhatikan ujung relay dengan nomor 87.
  4. Arahkan ujung ini mengarah ke klakson positif.
  5. Penggunaan kabel bebas, sedang dan boleh juga tebal.
  6. Kemudian untuk ujung relay nomor 85 mengarah ke kabel klakson A. Sementara ujung relay nomor 86 arahkan ke kabel klakson B.
  7. Pada pemasangan ujung nomor 86 dan 85 dapat dibolak balik polaritasnya.

Cara Memasang Sisi Positif

Cara Pemasangan Relay Klakson Motor

Setelah sisi negatif sudah terpasang selanjutnya bisa di lanjutkan dengan memasang sisi positif.

  1. Ambil relay yang bernomor 30 dan letakkan ujungnya ke sisi positif.
  2. Gunakanlah kabel tebal karena sambungan ini langsung dari aki motor.
  3. Kemudian ambil relay dengan nomor 87 dan arahkan ke klakson positif.
  4. Kabel boleh sedang dan juga boleh tebal. Disesuaikan saja dengan selera kamu.
  5. Selanjutnya pada ujung relay nomor 85 arahkan ke kabel klakson A.
  6. Sementara ujung relay bernomor 86 disambung atau dhubungkan pada bagian body motor.
  7. Ketika cara pasang relay klakson motor yang kamu lakukan benar. Seketika klakson dapat berbunyi dan berfungsi dengan baik.

Manfaat Memasang Relay Klakson

Cara Pemasangan Relay Klakson Motor

Menurut sebagian orang memasang relay klakson ini sangat sia sia dan tidak ada gunanya, namun perlu di ketahui ternyata terdapat banyak manfaat di dalamnya.

  • Klakson motor yang Anda miliki akan semakin keras.
  • Kabel sakelar yang digunakan tidak perlu besar, karena yang kecil sudah cukup.
  • Bagian saklar klakson akan lebih awet, sehingga biaya perawatan dapat dihemat. Hal ini dikarenakan relai dapat memproteksi saklar kombinasi saat terjadi arus besar.

Wah sobat otomotif sekarang sudah tahu dan mengerti cara memasang relay klakson motor dengan benar. Apakah sobat akan mengganti dan memasang relai klakson dengan sendirinya?

Ingatlah untuk memperhatikan semua komponen yang harus ada, dan pasang relai dengan hati-hati. Periksa dengan menghubungkan ke negatif dan positif dari kedua ujungnya.

Jika Anda memilih untuk memasang relay di bengkel sepeda motor, itu bisa didiskusikan. Diskusikan relai mana yang cocok dipasang pada sepeda motor Anda. Apakah ada merek yang direkomendasikan secara khusus oleh pemasang atau apakah pilihan Anda yang tepat.

Butuh Aksesoris motor matic? Jangan Lupa mampir di Onlineshop Kami aufaproject.com, Tersedia beragam aksesoris Motor matick terbaru dan selalu update model-modelnya, Terimakasih

Bagikan:
Avatar of Er.Sushil

Aufaproject. Media Online terkini, Seputar MotoGP, berita otomotif baru...

Tinggalkan komentar

/