Ganti Oli Vario Setiap Berapa KM? Simak Waktu Idealnya

Ganti Oli Vario Setiap Berapa KM? Simak Waktu Idealnya

Aufaproject46.com – Hallo Sobat Otomotif, Banyak orang yang masih bingung dan bertanya-tanya kapan waktu yang ideal untuk mengganti oli pada sepeda motor matic? Ya, memang perlu diketahui sejauh mana cara mengganti oli matic atau waktu ideal mengganti oli sepeda motor.

Jika kita mengabaikan pengaturan waktu penggantian oli, lama kelamaan akan berdampak pada keawetan lokomotif yang kita miliki. Untuk menghindari hal tersebut terjadi, sebaiknya Anda membaca artikel ini untuk mengetahui kapan waktu yang ideal untuk mengganti oli motor secara otomatis.

Berapa kilometer idealnya ganti oli Motor Matic?

Biasanya, petunjuk interval penggantian oli yang ideal untuk sepeda motor matic atau kendaraan lain ada di dalam petunjuk atau manual untuk setiap kendaraan yang dibeli. Namun, mungkin karena terlalu banyak isi pada buku panduan, dan font biasanya relatif kecil, sehingga kita terlalu malas untuk membacanya satu per satu.

Pada buka panduan, pabrikan umumnya merekomendasikan penggantian oli setiap 2.000 hingga 3.000 km atau kira-kira setiap 2 bulan. Biasanya hal ini juga tergantung dari merk motor matic yang anda gunakan.

Cara mengetahuinya, Anda bisa mengecek speedometer untuk mengetahui berapa jarak tempuh sepeda motor matic Anda. Jika Anda telah menempuh jarak 2.000 atau 3.000 kilometer, berarti Anda harus mengganti oli sepeda motor Anda. Biasanya dengan jarak tempuh 3000 kilometer, kendaraan sudah dipakai kurang lebih 2 bulan.

Jangan melebihi 3.000 km, karena suatu saat akan menyebabkan motor matic anda tiba-tiba mati. Jika Anda cenderung lupa jadwal ganti oli, coba tulis jadwal tersebut di sticky note dan tempelkan di tempat yang sering Anda lihat.

Apakah perlu mengganti oli sepeda motor yang jarang digunakan?

Jika jarak tempuh belum mencapai 2000-3000 kilometer, dan sudah 2 bulan, apakah oli mesin masih perlu diganti? Ini juga yang sering menjadi masalah.

Sekalipun batas jarak tempuh tidak tercapai, oli mesin harus diganti. Sekalipun sepeda motor Anda hanya memiliki jarak tempuh 20 hingga 50 kilometer selama 2 bulan, penggantian oli tetap diperlukan setiap 2 bulan. Karena jika oli pada motor tidak segera diganti, komponen kendaraan bisa rusak.

Agar kondisi kendaraan tetap prima dan komponen di dalamnya tetap berfungsi dengan baik, Anda harus rutin mengganti oli minimal 2 bulan sekali.

Kapan waktu yang ideal untuk ganti oli?

Ganti Oli Vario Setiap Berapa KM
Ganti Oli Vario Setiap Berapa KM?

Jika sepeda motor bertransmisi matic Anda sering digunakan, waktu penggantian oli tidak lagi setiap 2 bulan, melainkan 2 minggu hingga 1 bulan.

Jika Anda berkendara 200km sehari dengan sepeda motor self-driving Anda, itu berarti Anda harus mengganti oli setiap 2 minggu sekali. Jika tidak, mesin sepeda motor Anda akan mulai tidak berfungsi maksimal dan lama kelamaan akan rusak atau sepeda motor akan mogok.

Agar sepeda motor Anda tetap dalam kondisi prima dan mesin berfungsi dalam waktu lama, pastikan tidak hanya mengganti oli Anda secara teratur tetapi juga memilih merek oli terbaik dan premium.

Salah satu oli motor terbaik yang bisa Anda pilih adalah Evalube. Evalube memiliki berbagai macam oli motor berkualitas tinggi yang dapat membantu melindungi mesin motor matic Anda secara maksimal.

Kunjungi toko resmi Evalube disini untuk mendapatkan diskon khusus setiap pembelian oli Evalube terbaik. Silakan beli oli motor terbaik untuk sepeda motor Anda!

Dipetakan ulang dan dibawa pada jajaran Honda Vario. Semprotan bensin dioperasikan dengan kotak hitam. REMAP mengubah waktu pengapian dan limiter. Harga resmi Black Box mulai dari Rp 825.000 sudah termasuk jasa pemasangan.

Honda Vario merupakan salah satu mesin matik PT Astra Honda Motor (AHM) dan cukup laris manis. Auto-injector ini pun sudah mengalami banyak perubahan sejak pertama kali diperkenalkan. Mulai Vario 110, Vario Techno 110, Vario 110 Injeksi, Vario 125 Techno Injeksi, Vario 125 dan 150 Injeksi

Anvany Irawan, Kepala Mekanik AHASS Putera Merdeka Cibubur mengatakan, sesuai buku pedoman servis, Honda Vario 150 memiliki tiga masa servis, satu tahun atau 12.000 km.

“Servis terjadwal pertama 1.000 km/2 bulan, servis kedua 6.000 km/6 bulan dan 12.000 km/12 bulan,” ujar Anvany (16/8/21).

1. Servis Rutin Setiap 1.000 km

Anvany menjelaskan, untuk pemeliharaan terjadwal sepanjang 1.000 km, konsumen tidak perlu membayar apa pun.

“Perawatan rutin 1.000 kilometer pertama tidak ganti suku cadang, hanya ganti oli dan inspeksi, dan semuanya gratis,” jelasnya.

2. Servis Rutin Setiap 6.000 km

Juga pada servis terjadwal kedua di 6.000 km, tidak ada suku cadang yang diganti, yaitu hanya oli yang diperiksa dan diganti.

“Tapi bedanya minyaknya harus bayar,” jelasnya.

“Penggantian oli yang dianjurkan adalah setiap 2.000km, jadi setelah pergantian pertama di 1.000km, kemudian 3.000km dan 5.000km,” ujarnya.

Oli yang digunakan Honda Vario 150 adalah MPX2 berkapasitas 0,8 liter dengan harga Rp 48.000.

Dengan demikian, untuk masa servis 6.000 km, total biaya yang dikeluarkan untuk penggantian oli hanya pada jarak 3.000 km dan 5.000 km adalah Rp48.000 x 2 = Rp96.000.

Berapa km ganti oli di vario 160?

Ganti Oli Vario Setiap Berapa KM

Juga, yang terbaik adalah mengganti oli setiap 4.000 km.

Berapa kilometer oli Honda Vario 150 harus diganti?

“Penggantian oli yang dianjurkan adalah setiap 2.000km, jadi setelah pergantian pertama di 1.000km, kemudian 3.000km dan 5.000km,” ujarnya. Oli mesin yang digunakan Honda Vario 150 adalah MPX2 berkapasitas 0,8 liter dengan harga Rp 48.000.

Berapa kilometer sebaiknya oli mesin matic honda diganti?

Secara umum, waktu ganti oli ideal sepeda motor Honda adalah 4.000 km. Namun, penggantian oli secara berkala dianjurkan setiap dua bulan atau setiap 2.000 km untuk menjaga performa mesin sepeda motor Anda tetap optimal atau konstan.

Ganti oli tiap beberapa bulan?

Oli 120 ml dijual sekitar 12-15 ribu rupiah, tergantung mereknya. Sedangkan harga oli motor berkisar antara Rp 35.000 hingga Rp 60.000, tergantung mereknya. Di bengkel umum, biaya servis ganti oli sekitar Rp 30.000 hingga Rp 40.000. Dari segi biaya, bengkel resmi lebih mahal karena ada pekerjaan servis lainnya.

Butuh Aksesoris motor matic? Jangan Lupa mampir di Onlineshop Kami aufaproject.com, Tersedia beragam aksesoris Motor matick terbaru dan selalu update model-modelnya, Terimakasih

Bagikan:
Avatar of Er.Sushil

Aufaproject. Media Online terkini, Seputar MotoGP, berita otomotif baru...

Tinggalkan komentar

/