Oli Mpx 2 Untuk Motor Apa? Berikut Keunggulannya!

Perawatan motor yang penting dilakukan secara rutin adalah penggantian oli. Penggantian oli setidaknya diganti selama 2 hingga 6 bulan sekali tergantung pemakaian. Ada banyak jenis oli motor yang terkadang membingungkan. Salah satu oli yang terkenal adalah oli mpx 2. Oli mpx 2 untuk motor apa? Berikut spesifikasi serta keunggulannya:

Sebenarnya untuk Apa Oli Mpx 2?

Sebelum membahas mengenai oli mpx 2, perlu diketahui bahwa setidaknya ada 4 jenis oli. Jenis-jenisnya yaitu oli mpx 1, oli mpx 2, oli spx 1, dan oli spx 2. Pada pembahasan ini, hanya fokus pada oli mpx 2.

Sebenarnya oli mpx 2 untuk motor apa? Hal ini penting karena jika sampai salah memasukkan oli, maka kinerja mesin motor tidak akan optimal. Bahkan bisa saja merusak mesin jika oli yang dimasukkan tidak sesuai. Oli mpx 2 dikhususkan untuk motor matic.

Sebenarnya oli mpx 1 juga bisa digunakan untuk motor matic, namun bisa juga dipakai untuk manual maupun sport. Sedangkan mpx 2 khusus motor matic. Semua motor matic bisa digunakan untuk oli ini, seperti Honda Beat, Mio, NMAX, dan lain-lain baik bermesin 150 cc atau bahkan lebih.

Dari segi spesifikasi, Oli Mpx 2 ini memiliki pelumasan yang sangat baik bagi mesin. Sesuai dengan namanya yaitu MPX yang merupakan singkatan dari Maximum Protection eXpert yang benar-benar bisa memberikan perlindungan pada mesin. Oli ini juga memiliki tingkat kekentalan yang baik, yaitu sekitar SAE 10W-30. Pemilik motor matic sangat direkomendasikan menggunakan oli ini.

Keunggulan Oli Mpx 2

Dengan tingkat kekentalan dan juga kemampuan perlindungan yang baik untuk mesin motor matic, tentu saja ada banyak keunggulan yang bisa didapatkan jika menggunakan oli ini. Berikut ini beberapa keunggulannya:

1. Irit BBM

Tentu saja keunggulan yang bisa langsung dirasakan dari oli mpx 2 adalah tingkat keiritan bahan bakarnya. Hal ini dikarenakan oli ini bisa memacu tenaga pada mesin dan membuat mesin menjadi lebih kencang saat dikendarai. Dengan begitu, bahan bakar yang dikeluarkan akan lebih sedikit, karena mesin bisa berlari kencang hanya dengan pembakaran BBM yang sedikit.

2. Mesin Tetap Awet

Saat ini sedang ada berita yang viral yaitu adanya salah satu pengendara motor yang tiba-tiba mesinnya mati saat di jalan. Setelah dibawa ke bengkel dan di cek, ternyata olinya sudah mengering atau sudah habis. Alhasil pada saat dilakukan service, pengendara tersebut kaget menerima tagihan dari servicenya yang mencapai Rp 2 jutaan.

Apa yang bisa membuat tagihannya membludak? Hal ini disebabkan karena mesinnya harus mengalami turun mesin. Artinya semua komponen pada mesin perlu dilakukan penggantian. Coba saja jika pengendara tersebut rutin melakukan penggantian oli dan memakai oli yang sesuai, pasti kejadian tersebut tidak akan menimpa dirinya. Oli mpx sendiri bisa melindungi mesin agar tetap awet.

3. Mesin Terlindung Dari Oksidasi

Proses oksidasi pada komponen mesin memang kerap terjadi. Apalagi jika mesin tersebut sudah berumur tua. Namun sebenarnya hal ini bisa dicegah atau diperlambat jika rutin melakukan penggantian dan jika motornya matic bisa menggunakan oli mpx 2 ini. Karena oli mpx 2 memiliki antioksidan yang bisa menghambat oksidasi pada mesin.

Demikian penjelasan mengenai sebenarnya oli mpx 2 untuk motor apa? serta spesifikasi dan keunggulan dari oli ini. Jangan sampai salah pilih oli, karena bisa merusak mesin motor. Apalagi jika motornya matic, maka perlu oli khusus. Oli khusus tersebut salah satu yang direkomendasikan yaitu dengan memakai oli mpx 2 ini.

 

Bagikan:

Tinggalkan komentar