Motor Terendam Banjir? Berikut ini Cara Merawatnya

Motor Terendam Banjir? Berikut ini Cara Merawatnya, Aufaproject46.com Hallo Masbro, Pada tahun 2021 ini bencana alam sering terjadi di indonesia, salah satunya bencana banjir, tak jarang juga beberapa daerah yang terendam banjir hingga ketinggian beberapa meter,

Dengan adanya bencana tersebut tentu saja menimbulkan kerugian yang tidak sedikit, salah satunya alat transportasi menjadi terendam Air, Contoh speda motor, jika motor sudah terendam banjir apakah rusak? Atau masih bisa diperbaiki dan dipakai lagi?

Jika ketinggian air yang merendam motor belum merendam seluruh badan motor atau tidak lebih dari stengah ban nya, kita bisa antisipasi dengan melakukan beberapa langkah berikut ini

1. Jangan terburu-buru menyalakan mesin Motor

Motor Terendam Banjir
Tidak boleh terburu-buru menyalakan mesin

Jika motor anda habis terendam banjir, maka jangan gegabah untuk menyalakan mesin motor terlebih dahulu

Sebab jika anda terbu-buru untuk menyalakan mesin motor yang habis terendam banjir justru itu akan akan membuat kerusakan motor menjadi semakin parah, Apalagi air melebihi ketinggian mesin, itu beresiko air masuk keruang silnder.

Dengan keadaan tersebut, jika anda langsung menghidupkan mesin motor maka akan mengalami water hammer dimana mesin motor bisa jebol dan setang bisa-bisa bengkok.

2. Cuci dulu dengan Air Bersih

Setelah motor anda terendam banjir maka siramlah terlebih dahulu pada beberapa bagian kendaraan bermotor yang dinilai cukup rawan. Usahakan sebersih mungkin

Lengkah ini dilakukan untuk mencegah berbagai sumber kotoran yang bisa mengakibatkan beberapa bagian mesin motor rusak atau berkarat, dan mengalami penumpukan kotoran.

Akan lebih bagus lagi jika anda mencuci motor yang habis terendam banjir tadi juga menyikatnya dengan menggunakan air bersih dan sabun, terutama pada bagian-bagian yang paling basah kuyup terkena  dari air banjir, setelah itu,  keringkan menggunakan kanebo

3. Melapas Busi lalu dikeringkan

Motor Terendam Banjir
Membersihkan busi

Jika busi motor basah, usahakan untuk melepasnya dan mengeringkan dan bersihkan dengan sikat. Setelah busi dirasa bener-bener kering dan bersih lalu pasang kembali secara hati-hati agar drat busi tidak rusak. Dalam melakukan langkah ini memang perlu kehati-hatian. Supaya tidak terjadi kerusakan yang semakin parah pada motor anda

4. Bersihkan Throttle body Atau Karburator

Baca Juga :   Motor Listrik Yamaha Siap Jegal Honda PCX Electric
Motor Terendam Banjir
Bongkar trhottle body

Langkah yang tidak boleh disepelekan saat motor habis terendam banjir yaitu pada bagian trottle body atau karburator, pada bagian tersebut juga harus dibersihkan dari sisa-sisa air banjir.

Namun cara ini sebaik nya dulakukan di bengkel yang memiliki kompresor, karena untuk membersihkan komponen tersebut cukup di semprot udara bertekanan.

Apabila anda ingin membersihkan sendiri dirumah, sebaiknya menggunakan cairan cleaner untuk injektor ataupun karburator.

Langkah untuk membersihkan karburator, sebelumnya kuras air yang ada di mangkok karburator dengan cara mengundurkan baut untuk buangan bensin.

Lalu lepaskan atau buka karburator dari box filter dan semprot dengan cairan cleaner tadi melalui lubang hisap udara

Sementara langkah untuk membersihkan motor injeksi, kita bisa menyemprotkan cairan cleaner ke trottle body melalui ruang hisap udara.

Untuk memudahkan proses penyemprotan, kita bisa melepas dulu trottle body dari filter udara. Caeiran ini juga sangat ampuh untuk membersihkan kotoran atau kerak yang bandel

Selain membongkar dan membersihkan injektor dan karburator, kita juga wajib menguras dan membersihkan tangki bensin

Sebab motor yang habis terendam banjir seluruhnya otomatis membuat air juga masuk pada bagian tangki

Untuk memudahkan dalam mengurasan tangki, kita bisa melepas tangki,  kita bisa memulai dengan melepas pelampung tangki lalu fuel pump serta selang bensin.

Jika tangki sudah terlepas, langkah selanjutnya yaitu buang bensin yang ada didalam nya, sambil dikocok-kocok agar air dan kotoran ikut terbuang.

Jika dirasa sudah bersih, lalu pasang kembali tangki bensin dimotor dan rangkai kembali seluruh komponen untuk saluran bahan bakarnya. Jangan lupa, pasang kembali trottle body atau karburator pada box filter seperti semula

5. Cak Bagian Dalam Mesin
Cek cvt

Sebelum mesin dinyalakan, pastikan anda juga membuka bak CVT dan membersihkanya, pastikan juga arae tersebut terbebas dari rembesan air.

Cek juga komponen lainya seperti kepala silinder, bak kopling, blok silinder bak engkol dan trottle body atau karburator.

Jika pada komponen tersebut dirasa ada yang harus direndam, Sebaik nya pilihlah cairan yang memang menetralisir ke asaman agar bagian mesin motor anda tidak mudah berkarat

6. Cek Filter Udara

Bersihkan filter udara

Jika filter udara motor anda dalam keadaan besah dan kotor sebaiknya diganti dengan yang baru atau bisa juga dibersihkan dan dikeringkan saja sesuai dengan type filter udara motor anda.
Pastikan juga pada dalam bok kotak filter udara bersih dan tidak ada airnya,

7. Bersihkan Kabel Kelistrikan

Baca Juga :   All New Yamaha Nmax 155 Dengan Segudang Fitur Tercanggih

Motor Terendam Banjir

Semua produsen motor sebenarnya telah merancang kelistrikan yang sudah kedap Air.

Soket-Soket sambungan kabel nya tidak mudah kemasukan air saat motor terendam banjir

Walaupun demikian, kita juga perlu untuk memeriksanya, tidak menutup kemungkinan sistem kelistrikan dan kabel-kabel nya kamasukan air,

Yang perlu anda perhitakan yaitu pada bagian saklar, stater motor, spul, soket-soket kabel, hingga fitting bohlamp, jika area tersebut tidak diperiksa, maka potensi korosi bisa menyebabkan konsleting pada motor

8. Cek Keadaan Oli motor
Motor Terendam Banjir
Periksa oli

Ketika motor anda habis terendam air banjir, ada kemungkinan oli mesin motor anda tercampur dengan air banjir

Walaupun motor anda masih bisa dinyalakan, bisa dipastikan performanya akan semakin menurun tarikan motor menjadi lebih berat lajunya tidak bisa maksimal seperti sebelumnya

Oleh sebab itu, sebelum menyalakan motor yang habis terendam banjir sebaik nya cek dulu olinya. Jika oli berubah warna menjadi cokelat ke abu-abuan, tandanya oli mesin motor anda sudah tercampur dengan air banjir.

Untuk menghindari kerusakan mesin yang lebih parah maka segeralah untuk melakukan flushing.

Flushing adalah melakukan pengurasan oli mesin motor sehingga membutuhkan oli dalam jumlah yang cukup banyak

9. Cek Knalpot
Periksa knalpot

pemeriksaan knalpot motor yang habis terendam banjir ini sangatlah penting.ketika air banjir juga merendam bagian knalpot motor, air bisa dipastikan mesuk kedalam knalpot.

Dihawatirkan air tersebut akan masuk ke dalam ruang pembakaran sehingga akan mengganggu kinerjanya mesin

Jika knalpot motor kemasukan air maka tidak akan bisa membuang sisa-sisa gas pembakaran

Solusi yang dapat anda lakukan yaitu dengan mengganti oli mesin motor anda dengan oli yang baru, namun jangan lupa untuk mengurasnya terlebih dahulu.

10. Cek Sistem Pengeriman

Pada bagian sistem pengereman anda hanya perlu mengecek pada bagian kampas rem nya,

Karena bahan kampas rem itu terbuat dari bahan hasbes, jika kampas tersebut terkena air otimatis akan mengembung dan jika sudah kering kampas akan mengeras.

Sedangkan untuk sistem pengereman tipe cakram anda cukup membersihkan sisa-sisa kotoran air banjir yang ada dipinggir piringan cakram

Semua langkah di atas tentunya bisa anda lakukan sendiri dirumah, Namun saran saya alangkah baiknya jik motor yang habis terendam banjir itu di servis dan di serahkan pada ahlinya, seperti bengkel resmi atau bengkel kepercayaan anda masing-masing.

Itulah masbro sedikit tips tentang langkah-langkah memperbaiki motor yang habis terendam banjir, semoga bermamfaat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here