6 Fakta Motor Matic 2Tak, Motor Langka yang Kembali Diminati

Bagi pencinta dan pengikut motor sejati, pasti sudah tidak asing lagi dengan sebutan motor 2tak. Karena pada umumnya motor memang memiliki dua jenis mesin yaitu 2 tak dan 4 tak. Tapi saat ini motor matic 2tak sudah tidak diproduksi secara masal lagi dan lebih banyak diproduksi motor matic 4tak.

Tapi belakangan ini motor 2tak ini jadi populer kembali, oleh karena itu mulai banyak orang membahas tentang motor 2 tak ini. Bagi yang ingin lebih mengenalnya, cek dulu beberapa fakta motor 2tak di bawah ini:

1. Memiliki 2 Langkah Pembakaran

Fakta motor matic 2tak yang pertama adalah mesin motor ini memiliki 2 langkah pembakaran. Oleh karena itulah mesin ini disebut dengan motor 2tak. Jadi pembagian jenis mesin motor ini didasarkan pada jumlah tahapan pembakaran dari mesin motor tersebut.

Dua langkah tersebut adalah proses hisap dan pembuangan yang terjadi secara bersamaan dalam keadaan piston ke bawah. Langkah yang kedua adalah proses kompresi dan pembakaran yang terjadi secara bersamaan dalam keadaan piston ke atas.

2. Menjadi Salah Satu Motor yang Langka

Jangan heran jika banyak yang tidak tahu dengan motor 2tak, karena motor 2tak memang sudah jarang diproduksi. Motor 2tak ini sering digunakan dan populer di Indonesia pada tahun 2000an. Tapi semenjak adanya motor dengan mesin 4tak, maka motor mesin 2tak ini sudah jarang diproduksi. Sehingga motor 2tak ini jadi semakin langka.

3. Harga Motor Mahal

Berhubungan dengan fakta sebelumnya yang mengatakan motor mesin 2tak ini langka, maka harga motor 2tak ini jadi lebih mahal. Bahkan saat ini motor mesin 2tak ini bisa dijual hingga puluhan juta rupiah.

Hal ini dikarenakan belakangan ini, tepatnya di tahun 2019 orang-orang mulai kembali tertarik dengan motor 2tak ini. Karena sudah jarang ditemukan dan langka, maka harga motor 2tak ini jadi lebih tinggi. Bahkan tidak sedikit kolektor motor yang rela menghabiskan uang demi membeli motor 2tak ini.

4. Memiliki Suara Knalpot Bising

Suara yang dihasilkan knalpot motor inilah yang menjadi salah satu keunikan dari motor 2tak ini. Beberapa pecinta motor menyukai suara bising yang dihasilkan oleh motor, tapi bagi orang umum, suara knalpot ini tentu cukup mengganggu. Meski demikian, masih banyak orang yang tetap berminat dengan motor 2 tak ini.

Suara knalpot motor 2tak ini lebih bising dikarenakan proses pembakaran motor ini. Karena 2 langkah pembakaran mesin motor 2tak ini menyebabkan mesin menghasilkan tenaga 2 kali lipat lebih besar. Sehingga udara sisa pembakaran pada knalpot motor jadi lebih banyak yang menimbulkan mesin mengeluarkan suara lebih bising.

5. Knalpot Motor Menghasilkan Asap

Selain memiliki suara knalpot yang bising, knalpot motor 2tak ini juga menghasilkan asap yang lebih banyak. Jika dibandingkan dengan motor mesin 4 tak yang banyak digunakan saat ini, asap yang dihasilkan lebih banyak. Asap hasil knalpot ini tentu tidak baik untuk udara sekitar.

Hal ini disebabkan karena motor 2tak ini membutuhkan oli tambahan lainnya yang berfungsi sebagai pelumas mesin motor.  Oli tambahan ini tentu akan ikut terbakar pada mesin motor sehingga menghasilkan asap. Asap yang dihasilkan dari oli ini akan dikeluarkan melalui knalpot.

6. Bobot Motor Cukup Ringan

Salah satu fakta dari motor 2tak ini adalah bobot motor ini cukup ringan. Motor 2tak ini ringan karena komponen dan mesin motor 2tak ini jauh lebih sedikit. Bahkan motor ini tidak memiliki klep ini, klep out dan noken as. Jadi tidak heran jika bobotnya jauh lebih ringan.

Itulah beberapa fakta unik tentang motor matic 2tak yang langkah ini. Saat ini orang mulai banyak tertarik dengan barang-barang lama, salah satunya dengan motor mesin 2tak ini. Bahkan ada perusahaan motor yang mulai memproduksi kembali motor 2tak ini, bagi yang penasaran bisa coba cari motor 2 tak dengan harga yang terjangkau.

 

Bagikan:

Tinggalkan komentar