5 Daftar Pembalap MotoGP Terkenal di Dunia

Ajang balap motor kelas dunia MotoGP telah banyak melahirkan para pembalap hebat setiap musimnya. Sejak awal dilaksanakan hingga saat ini kejuaraan ini memiliki 4 kelas kompetisi. Perubahan setiap generasi selalu hadir dan mencetak legenda balap baru di berbagai kelas. Berikut ini adalah nama-nama pembalap MotoGP terkenal di dunia:

1. Valentino Rossi

Nama Valentino Rossi sudah tak asing lagi didengar baik oleh para pecinta olahraga balap hingga orang awam sekalipun. Legenda balap yang satu ini telah memulai karirnya sejak tahun 2000 di kelas 500cc. Persentase kemenangan yang berhasil ditorehkan Valentino Rossi juga membawa dirinya semakin banyak dikenal oleh masyarakat luas.

Pembalap asal Italia ini telah memenangkan banyak pertandingan. Dari 372 start kelas utama Valentino Rossi berhasil mampu memenangi 89 balapan. Tak hanya itu di kelas premier rossi juga telah berhasil merebut 199 podium dan 55 pole position.

Rossi juga termasuk pembalap yang sukses berkarir bersama 2 pabrikan motor berbeda yaitu Honda dan Yamaha. Kesuksesan tersebut tak hanya berada di ajang pertandingan balap saja, namun Valentino Rossi juga banyak diburu sebagai bintang iklan oleh pihak sponsor. Hal tersebut tentu saja tak lepas dari karir cemerlang sang pembalap dan kemampuan public relation yang hebat.

2. Giacomo Agostini

Nama yang satu ini memang merupakan legenda balap di dunia balap MotoGP. Meskipun sudah pensiun namun nama Giacomo Agostini masih santer dibicarakan. Prestasinya dalam dunia balap juga sudah tak perlu diragukan lagi.

Giacomo Agostini merupakan salah satu pembalap MotoGP terkenal di dunia yang berhasil menyabet 122 kemenangan dan 69 diantaranya berada di kelas utama. Pembalap yang satu ini juga terkenal dengan rekornya yang jarang sekali terjatuh saat balapan. Tak hanya di MotoGP saja namun Giacomo Agostini juga tercatat pernah memenangkan 10 kali laga di Isle of Man TT.

3. Mick Dohan

Mick Dohan merupakan pembalap asal Australia yang berkarir bersama dengan Honda. Sepanjang karirnya Mick Dohan telah memenangi 54 balapan di kelas 500cc. Performa yang impresif membuat pembalap yang satu ini menjadi terkenal.

Kecepatan dan gaya balap yang menarik membuat pembalap yang satu ini berhasil menarik perhatian banyak pihak. Teknik menggantungkan tubuh ke bagian samping bawah saat menikung menjadi gaya andalan Mick Dohan saat melakukan balapan agar bisa melesat dengan cepat. Performanya tersebut membuatnya berhasil menyabet gelar juara dunia selama 5 kali berturut-turut.

4. Jorge Lorenzo

Pembalap yang satu ini direkrut langsung oleh Yamaha untuk debut dalam MotoGP pada tahun 2008. Dalam karirnya Lorenzo tercatat mampu meraih 3 kali gelar juara dunia dan membuat namanya menjadi terkenal. Selain itu Lorenzo juga meraih gelar runner up sebanyak 3 kali pada tahun 2009, 2011 dan 2013.

Sebanyak 47 kemenangan berhasil diraih oleh Lorenzo selama karirnya sehingga dirinya masih masuk dalam jajaran pembalap dengan kemenangan terbanyak di kelas premier. Pembalap yang satu ini juga telah berpindah ke Ducati pada tahun 2017 namun memutuskan mundur dan memperkuat Repsol pada tahun 2019. Namun ternyata karirnya tidak memuaskan sehingga membuatnya mundur pada akhir musim.  

5. Marc Maquez

Beralih ke pembalap generasi muda kini nama Marc Marquez banyak diperbincangkan sebagai pembalap MotoGP terkenal di dunia. Marc marquez merupakan pembalap termuda yang berhasil meraih 6 kali juara dunia selama karirnya. Tak heran jika kini namanya kian santer terdengar.

Pembalap muda yang satu ini juga mempunyai gaya bermain yang liar dan tidak kenal takut. Gaya balapnya kini banyak diikuti dan menjadi role model bagi para pembalap lain. Pembalap MotoGP aktif yang satu ini juga mempunyai jumlah kemenangan yang tinggi yaitu sebanyak 59 kemenangan dari 142 laga balap.

Itu tadi adalah 5 pembalap MotoGP terkenal di dunia. Ketenaran yang diperoleh tentunya diperoleh dengan berbagai usaha dan kerja keras pada pembalap tersebut selama karir yang dijalaninya. Nama-nama tersebut hanya sebagian dari legenda balap terkenal lainnya.

 

Bagikan:

Tinggalkan komentar

/