Lima Penyebab Motor Mati Mendadak dan cara mengatasi nya.

Lima penyebab motor mati mendadak dan cara mengatasi nya.

Aufaproject46.com – Hallo sobat otomotif, Sebagai salah satu roda transportasi masyarakat Indonesia, motor memang memiliki peran cukup penting dalam keseharian masayarakat. Begitu pun dengan permasalahan yang menimpa kendaraan satu ini cukup beragam. Salah satunya adalah sering kali tiba tiba mesin mati mendadak.

Tidak hanya motor ijeksi saja yang sering mengalami hal seperti ini, motor karburator pun sama hal nya.

Penyebab Motor Mati Mendadak

Bila kejadian semacam ini menimpa kamu, cukup tenang tidak perlu khawatir. Usahakan bawa motor menepi ke pinggir jalan agar tidak membahayakan.

Lalu apa kira kira penyebab motor tiba tiba mati mendadak ketika di gas? Untuk itu kamu beruntung dengan membaca artikel ini kamu jadi tahu apa kira kira penyebab permasalahan tersebut.

1. Sirkulasi tangki bensin tersumbat.

Yang pertama adalah tersumbat nya saluran tangki bensin. Memang nya tangki bensin memiliki saluran udara??

Jika di amatai secara detail ternyata terdapat lubang kecil yang ada pada tutup tangki bensin. Nah lubang kecil ini berfungsi sebagai pengatur tekanan udara di tangki supaya tetap stabil.

Nah bila ada yang menyumbat atapun menutup lubang ini maka bensin yang seharusnya turun ke ruang bakar menjadi tersumbat. Otomatis motor tidak bisa menyala. Masalah ini menimpa motor matic maupun karburator.

Lalu apa sih cara yang bisa di lakukan untuk mencegah supaya lubang tersebut tidak sampai tersumbat? Usahakan untuk selalu membersihkan area ini. Biasanya kotoran maupun endapan pasir lah yang sering menyumbat nya.

Anda bisa membersihkan nya dengan kain atapun sikat setelah itu untuk mencoba menyalakan mesin siapa tahu sudah bisa kembali.

2 Busi Lemah Jadi Penyebab Motor Mati Saat Di Gas

Busi lemah menjadi salah satu faktor yang menyebabkan motor mati mendadak. Kondisinya yang lemah membuat sistem pengapian tidak sempurna sehingga mesin ketika di gas akan brebet kemudian mati.

Bila terjadi demikian secepatnya cek kondisi busi. Usahakan mesin dalam kondisi dingin, hal ini bertujuan agar pencopotan busi lebih aman dan menghindari drat lubang busi cepat aus.

Bila mesin dirasa sudah dingin, kemudian copot menggunakan kunci busi. Kunci ini di setiap motor pasti ada.

Jjika sudah berhasil mencopot nya coba lihat bagian kepala busi. Jika berwarna hitam pekat langsung ganti dengan yang baru. Jika hanya kotor saja bisa di bersihkan menggunakan lap kering. Setelah itu coba kembali menyalakan mesin.

3. Bensin Kotor

Bensin kotor ternyata bisa menyebabkan motor mati saat di gas. Mengapa demikian ternyata dengan sering membeli bensin dengan kadar oktan rendah dan beli eceran di pinggir jalan menjadi penyebab nya.

Air sendiri sering masuk ke dalam tangki bensin ketika ada membeli pada saat hujan. Dan juga kotoran yang terdapat pada kerak tangki sehingga terbawa sampai ke ruang bakar.

Hal yang di rasakan oleh pengedara adalah motor terasa brebet ketika di gas. Namun jika air dan kotoran yang masuk sudah banyak maka mesin akan mati tiba tiba

Penyebab Motor Mati Mendadak

Cara mengatasi nya adalah dengan menguras tangki bensin. Hal ini bisa di lakukan di bengkel supaya hasilnya maksimal atapun juga bisa anda lakukan sendiri tapi perlu SOP penanganan yang tepat agar tidak terjadi hal hal yang tidak di inginkan.

4. Injektor Bermasalah

Selanjutnya adalah injektor bermasalah yang sering menimpa motor injeksi. Hal tersebut sangat wajar bisa saja usia motor sudah mencapai 5 tahun atau 50.000km. Namun dengan melakukan servis rutin kamu bisa mengatasi itu semua.

Injektor sendiri sangat perlu untuk di lakukan perawatan minimal 10.000km. Fungsi dari perawatan tersebut adalah supaya menjaga ketepatan debit penyemprotan bakan bakar. Dan juga membersihkan dari kotoran yang menempel.

Efek yang ditimbulkan dari injektor rusak ini sendiri adalah motor akan brebet ketika di gas jika sudah sangat parah mesin motor akan mati mendadak. Jika sudah terjadi jal seperti itu sebaiknya periksakan ke bengkel resmi.

5. Karburator Kemasukan

Untuk user motor karburator jika mengalami gejala motor mati mendadak sebaiknya periksa bagian karburator. Karburator bermasalah ada banyak faktor yang menyebabkan nya salah satunya adalah kemasukan air ketika mencuci motor.

Memang dari berbagai kasus yang sering terjadi karburator bermasalah adalah kemasukan air. Untuk itu perlu hati hati ketika mencuci motor usahakan tutup bagian karburator ini dengan plastik terlebih dahulu.
Nah itulah lima penyebab motor mati mendadak serta cara mengatasinya. Semoga bermanfaat

Bagikan:

Tinggalkan komentar

/