5 Cara Mencegah Motor Agar Tidak Cepat Panas

5 Cara Mencegah Motor Agar Tidak Cepat Panas

Aufaproject46.com – hay sobat, Dari sekian banyak masalah yang sering di hadapi oleh pengendara motor adalah mesin cepat panas atau overheat. Penggunaan oli dengan kualitas terbaik pun tidak bisa menjamin nya, sebab banyak yang merasakan hal demikian.

Cara Mencegah Motor Agar Tidak Cepat Panas

Biasanya para pengendara di area perkotaan lah yang sering mengalami hal seperti ini. Efek yang di timbulkan ketika motor mengalami overheat yang paling berdampak adalah mesin.

Biasanya para pengendara yang mengalami hal ini mereka segera mematikan mesin terlebih dahulu dan membiarkan ya supaya dingin.

Namun bagaimana jika dalam kondisi buru buru dan tidak sempat ada waktu untuk mendinginkan mesin lebih dahulu, apa yang harus di lakukan? Untuk itu kami akan berbagi tips guna b mengatasi hal demikian. Inilah lima tips mencegah motor overheat.

1. Panaskan motor terlebih dahulu

Alangkah lebih baik jika anda terlebih dahulu memanaskan motor sebelum di gunakan. Tidak lama hanya perlu waktu tiga sampai empat menit saja.

Itu berguna supaya oli bisa tersirkulasi dengan sempurna ke seluruh komponen mesin. Memang di rasa hal tersebut sangat sepele, namun itu semua sangat berguna, dari pada terjadi hal demikian di jalan.

2. Pilih oli yang sesuai

Fungisi oli selain sebagai pelumas, adalah sebagai pengontrol suhu di dalam ruang mesin. Oleh sebab itu perlu teliti dalam memilih oli yang berkualitas dan menggantinya secara teratur agar mesin selalu dalam keadaan optimal.

Biasanya di setiap motor terdapat buku panduan yang di dalamnya tertulis petunjuk penggunaan oli pada motor. Itu pun sudah lengkap tentang jenis oli apa yang di anjurkan oleh pabrik untuk motor anda.

3. Cek cairan pendingin

Cairan pendingin sendiri juga memiliki peran penting dalam menekan suhu pada mesin. Cairan ini sendiri terdapat pada sistem radiator motor dan jika porsinya berkurang maka akan menyebabkan motor anda cepat panas.

Cara Mencegah Motor Agar Tidak Cepat Panas

Untuk itu sangat di anjurkan untuk selalu mengecek kondisi cairan ini agar tidak sampai habis. Apalagi kalau anda hendak berpergian jauh, alangkah baiknya untuk mengeceknya terlebih dahulu.

4. Periksa kinerja kipas radiator

Selain oli dan cairan pendingin, komponen ini juga harus selalu dalam pengecekan secara berkala. Biasanya overheat di sebab kan juga karena kinerja kipas radiator sudah tidak optimal.

Mengapa demikian, biasanya karena usia motor yang sudah cukup tua. Jika sudah begitu suhu yang di hasilkan kipas ini sudah menurun dan bisa menyebabkan overheat.

5. Atur kerapatan piston

Jarang di ketahui bahwa letak piston yang terlalu dempet, ternyata bisa menyebabkan motor cepat panas. Mengapa bisa, posisinya yang terlalu dempet akan menyebabkan sulitnya oli dalam menjalankan tugasnya.

Jika anda tidak mengetahui bagaimana posisi piston yang sesuai dengan motor apalagi kalau motor anda sudah pernah berganti piston, sebaiknya segerakan bawa ke bengkel untuk di lakukan pemasangan ulang.

itulah tadi lima tips yang sangat berguna untuk anda supaya bisa mencegah motor anda agar tidak cepat panas. Semoga bermanfaat

Bagikan:

Tinggalkan komentar

/