Tips Agar Pelek Motor Yamaha Awet Kinclong & Tahan Lama

Tips Agar Pelek Motor Yamaha Awet Kinclong & Tahan Lama

Aufaproject46.com hallo sobat otomotif, Salah satu komponen kendaraan roda dua yang harus rutin dilihat kondisinya adalah pelek.

Ada banyak pemilik motor yang mungkin menyepelekan perihal pelek, sehingga jarang untuk melihatnya. Padahal komponen tersebut sangatlah menunjang faktor keamanan dan kenyamanan bagi pengendara.

” Pelek sangatlah menunjang aktivitas motor, namun jangan khawatir kami akan memberikan tips untuk merawatnya” Ujar Muslim selaku Manager After Sales Main Dealer, Yamaha PT Thamrin Brother

Tips Agar Pelek Motor Yamaha Awet Kinclong

Selalu bersihkan pelek

Pelek sangatlah perlu dibersihkan agar lebih tahan lama, terutama saat kondisinya basah setelah melewati jalan dalam kondisi hujan.

Pelek tidak boleh terlalu sering terkena air karena bisa menimbulkan karat. Pelet berkerat tentu akan cepat rusak.

Penting juga menjadi pelek motor tetap utuh dengan sebisa mungkin menghindari jalanan berlubang. Benturan terlalu sering juga memperpendek usia pelek.

Pilih Pelek Original

 Bagian motor yang paling sering dimodif rider biasanya adalah ban dan pelek. Yang paling banyak adalah mengganti ban/pelek dengan ukuran yang tak sesuai ukuran pada motornya, demi alasan trendy.

Motor yang dimodif tidak sesuai spesifikasinya akan mengubah kinerja motor itu sendiri. Motor bisa terhambatnya dalam bermanuver atau keseimbangan roda jadi tak seimbang.

Pilihlah aksesori motor original, termasuk untuk bagian peleknya.

Perhatikan tekanan udara pada Ban

 Sebelum berkendara alangkah baiknya mengecek bagian seperti ban. Pastikan tekanan udara didalamnya cukup. Karena hal ini akan mempengaruhi material pelek agar bertahan lebih lama.

Hindari tekanan ban udara terlalu kecil, karena membuat ban lebih rawan terhadap benturan, apalagi saat melepas jalan tak rata.

Tips untuk melihat kapasitas tekanan ban yang tepat, bisa di keterangan roda itu sendiri. Sementara melihat kapasitas tekanan udara bisa dilihat di bagian dek tengah/ swing arm pada motor.

Bagikan:

Tinggalkan komentar

/