4 Hal Yang Menyebabkan Ban Bisa Pecah Di Jalan

4 Hal Yang Menyebabkan Ban Bisa Pecah Di Jalan

Aufaproject46.com – hallo sobat, Memang mesin motor menjadi sebuah kunci penting dalam sebuah kesatuan tersebut. Selain mesin, banyak komponen yang sama halnya penting. Salah satunya adalah ban.

Ban sendiri memiliki peran penting dalam motor, selain memberikan kenyamanan, ban juga sangat riskan terhadap performa motor jika mengalami masalah. Masalah yang sering timbul karena ban ini kebanyakan adalah ban bocor.

Namun pernahkah anda mengalami yang namanya pecah ban saat berkendara?? Lalu apa kira kira penyebab dari ban tersebut bisa pecah saat di gunakan?. Untuk itu anda perlu mengetahui hal hal yang bisa menyebabkan ban motor pecah.

1. Digunakan tidak berkualitas baik4 Hal Yang Menyebabkan Ban Bisa Pecah Di Jalan

Memang dari segi kualitas ban sendiri memiliki karakteristik yang berbeda beda , biasanya tergantung harga. Semakin mahal biasanya kualitasnya semakin baik. Untuk itu jangan asal pilih dalam menggunakan ban untuk motor kamu, jangan tergiur dengan harga murah tapi kualitas buruk.

Biasanya banyak produk ban sama tapi lebih menawarkan harga yang murah. Kamu jangan sampai terkecoh biasanya terdapat beberapa kekurangan dalam ban tersebut atau bisa di bilang produk gagal. Ban yang cacat sangat rentan mengalami pecah saat di gunakan.

2. Sering melewati jalan berlubang

Walaupun sudah menggunakan ban dengan kualitas terbaik, namun jangan terlalu mengandalkan nya sebab kita tidak tahu setiap hari medan yang kita lalui seperti apa, usahakan jangan melewati area yang berlobang atau tidak rata sebab kemungkinan besar ban yang sering melewati medan tersebut kawat yang berada di dalam ban akan rusak, sehingga lama kelamaan bisa menyebabkan ban anda pecah.

3. Pengisian angin tidak sesuai standar

Dalam mengisi angin, perlu di perhatikan standar dari motor kalian masing masing, sebab setiap motor pastinya berbeda beda tentang standar pengisian angin. Untuk lebih aman nya usahakan dalam mengisi angin ikuti anjuran yang telah di tentukan.

Jika ban di isi angin tidak sesuai porsinya atau lebih tinggi, besar kemungkinan akan menimbulkan benjolan yang lama kelamaan ban bisa pecah.

4. Ban sudah kedaluwarsa

Setiap barang buatan manusia pasti punya waktu kadaluwarsa nya, tidak terkecuali ban. Ban motor pun juga memiliki masa tertentu. Meski di rasa masih memberikan kenyamanan saat berkendara, jika sudah lewat masa kadaluwarsa nya, usahakan untuk segera mengganti ban tersebut.

Sebab apa kita tidak tahu di dalam ban tersebut ada kawat yang sudah mulai memuar atau usang, dan sangat beresiko pecah.

Itulah tadi empat hal hal yang kemungkinan besar bisa menyebabkan ban anda pecah, semoga bermanfaat

Bagikan:

Tinggalkan komentar

/