Mau Cat Bodi Motor Sendiri? “Pilox” Sebagai Solusi Tepat Tinggal Semprot!

admin

Mau Cat Bodi Motor Sendiri? “Pilox” Sebagai Solusi Tepat

Aufaproject46.com – Hay Bro & Sist, Anda ingin merubah tampilan motor Anda tanpa harus mengeluarkan biaya yang besar? Anda bisa mencoba cat bodi motor sendiri pakai “Pilox”, cat semprot yang mudah dan praktis digunakan. Cat semprot atau aerosol adalah cat yang dikemas dalam kaleng bertekanan, yang bisa disemprotkan dengan menekan nozel. Cat semprot memiliki berbagai kelebihan, seperti:

Cat Bodi Motor Sendiri

  • – Harga yang murah, sekitar Rp 15 ribu sampai Rp 45 ribu per kaleng¹.
  • – Pilihan warna yang beragam, mulai dari warna solid, metalik, hingga candy¹.
  • – Pengaplikasian yang mudah, tinggal semprot tanpa perlu alat khusus¹.
  • – Hasil yang rapi dan halus, jika dilakukan dengan benar dan teliti¹.

Namun, cat semprot juga memiliki beberapa kekurangan, seperti:

  • – Daya tahan yang kurang, mudah terkelupas atau pudar jika terkena sinar matahari atau air¹.
  • – Kebutuhan yang banyak, membutuhkan sekitar 6 sampai 10 kaleng untuk mengecat seluruh bodi motor¹.
  • – Bahaya yang tinggi, mengandung bahan kimia yang berbahaya bagi kesehatan dan lingkungan¹.

Oleh karena itu, Anda harus mempertimbangkan baik-baik sebelum memutuskan untuk cat bodi motor sendiri pakai “Pilox”. Jika Anda sudah yakin, berikut adalah beberapa tips dan langkah yang bisa Anda ikuti, yang saya rangkum dari berbagai sumber:

Tips Sebelum Mengecat

  • – Siapkan alat dan bahan yang dibutuhkan, seperti cat semprot, amplas, kain lap, masker, sarung tangan, kertas koran, dan selotip.
  • – Pilih warna cat semprot yang sesuai dengan selera dan spesifikasi motor Anda. Usahakan pilih warna yang masih senada dengan yang tertera di Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK).
  • – Bersihkan bodi motor dari debu, kotoran, minyak, atau cat lama dengan menggunakan amplas dan kain lap.
  • – Lepaskan bodi motor dari rangka dengan menggunakan kunci yang sesuai. Jika tidak bisa dilepas, tutup bagian yang tidak ingin dicat dengan kertas koran dan selotip.
  • – Cari tempat yang luas, bersih, kering, dan berventilasi baik untuk melakukan pengecatan. Hindari tempat yang lembab, berdebu, atau berangin.

Langkah Mengecat

  • – Semprotkan cat dasar atau epoxy secara merata pada bodi motor, dengan jarak sekitar 30 cm antara kaleng dan bodi. Lakukan 1 sampai 2 lapis pengecatan, dan tunggu hingga kering sekitar 15 menit.
  • – Semprotkan cat warna atau layer coat secara merata pada bodi motor, dengan jarak sekitar 30 cm antara kaleng dan bodi. Lakukan 2 sampai 3 lapis pengecatan, dan tunggu hingga kering sekitar 15 menit.
  • – Semprotkan cat pernis atau clear coat secara merata pada bodi motor, dengan jarak sekitar 30 cm antara kaleng dan bodi. Lakukan 2 lapis pengecatan, dan tunggu hingga kering sekitar 15 menit.
  • – Pasang kembali bodi motor ke rangka dengan menggunakan kunci yang sesuai. Bersihkan sisa cat yang menempel pada bagian lain dengan menggunakan kain lap.
Baca Juga :   Daftar Warna Kabel Honda Tiger Revo

Tips Setelah Mengecat

  • – Simpan sisa cat semprot di tempat yang kering, sejuk, dan terlindung dari sinar matahari langsung.
  • – Buang kaleng cat semprot yang kosong di tempat sampah yang sesuai, jangan dibuang sembarangan atau dibakar.
  • – Jaga kebersihan dan keindahan bodi motor dengan membersihkannya secara rutin dan menggunakan wax atau polish.

Keunggulan Pilox:

  • Harga Terjangkau: Pilox memberikan hasil profesional tanpa harus menguras kantong.
  • Praktis dan Mudah: Formula semprot Pilox membuat proses pengecatan menjadi lebih mudah dan cepat.
  • Banyak Pilihan Warna: Dengan berbagai pilihan warna, Anda dapat mengekspresikan kreativitas dan gaya pribadi.

Kekurangan Pilox

Cat Bodi Motor Sendiri

Mengecat bodi motor dengan pilox memang murah dan praktis, tetapi ada beberapa kekurangan yang perlu Anda ketahui, seperti:

  • Pilox tidak tahan lama dan mudah terkelupas atau pudar karena terkena sinar matahari, air, atau gesekan. Anda mungkin perlu mengecat ulang bodi motor Anda setiap beberapa bulan.
  • Pilox tidak memiliki lapisan pelindung atau vernis yang bisa melindungi cat dari goresan, karat, atau jamur. Anda bisa menambahkan lapisan vernis sendiri setelah mengecat bodi motor Anda dengan pilox, tetapi itu akan menambah biaya dan waktu.
  • Pilox bisa berbahaya bagi kesehatan Anda dan lingkungan jika tidak digunakan dengan hati-hati. Pilox mengandung bahan kimia yang bisa menyebabkan iritasi kulit, mata, hidung, atau tenggorokan. Pilox juga bisa menyebabkan polusi udara dan tanah jika tidak dibuang dengan benar. Anda harus menggunakan masker, sarung tangan, dan kacamata pelindung saat mengecat bodi motor Anda dengan pilox. Anda juga harus mengecat di tempat yang berventilasi baik dan menjauhkan pilox dari api, anak-anak, atau hewan peliharaan.

Apa alternatif lain untuk mengecat bodi motor?

Ada beberapa alternatif lain untuk mengecat bodi motor selain menggunakan pilox, seperti:

  • Cat duco: Cat duco adalah cat yang digunakan untuk mengecat mobil atau motor dengan hasil yang halus, mengkilap, dan tahan lama. Cat duco membutuhkan proses yang lebih rumit dan alat yang lebih lengkap, seperti kompresor, selang, dan pistol cat. Cat duco juga lebih mahal dan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mengering.
  • Cat airbrush: Cat airbrush adalah cat yang digunakan untuk membuat motif atau desain khusus pada bodi motor dengan menggunakan alat yang disebut airbrush. Airbrush adalah alat yang bisa menyemprotkan cat dengan tekanan udara yang tinggi. Cat airbrush bisa membuat bodi motor Anda lebih unik dan menarik, tetapi juga membutuhkan keterampilan dan kreativitas yang tinggi. Cat airbrush juga lebih mahal dan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mengering.
  • Cat powder coating: Cat powder coating adalah cat yang digunakan untuk melapisi bodi motor dengan bubuk cat yang dipanaskan dengan oven atau api. Cat powder coating bisa memberikan hasil yang rata, kuat, dan tahan karat. Cat powder coating juga lebih ramah lingkungan karena tidak menghasilkan gas beracun. Cat powder coating membutuhkan alat dan tempat yang khusus, seperti oven, ruang bakar, dan alat elektrostatik. Cat powder coating juga lebih mahal dan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mengering.
Baca Juga :   Cara Mudah Menghilangkan Cat pada Velg Sepeda Motor

Cat Bodi Motor Sendiri

Bagaimana cara memilih cat yang tepat untuk bodi motor saya?

Untuk memilih cat yang tepat untuk bodi motor Anda, Anda perlu mempertimbangkan beberapa faktor, seperti:

  • Anggaran: Anda harus menentukan berapa banyak uang yang Anda siapkan untuk mengecat bodi motor Anda. Cat yang berbeda memiliki harga yang berbeda, tergantung pada kualitas, merek, dan jenisnya. Secara umum, cat duco dan cat powder coating lebih mahal daripada cat pilox dan cat airbrush.
  • Waktu: Anda harus menentukan berapa lama waktu yang Anda miliki untuk mengecat bodi motor Anda. Cat yang berbeda memiliki waktu pengeringan yang berbeda, tergantung pada suhu, kelembaban, dan ketebalan lapisannya. Secara umum, cat duco dan cat powder coating membutuhkan waktu pengeringan yang lebih lama daripada cat pilox dan cat airbrush.
  • Hasil: Anda harus menentukan hasil akhir yang Anda inginkan untuk bodi motor Anda. Cat yang berbeda memiliki efek yang berbeda, tergantung pada warna, kilau, ketahanan, dan desainnya. Secara umum, cat duco dan cat powder coating memberikan hasil yang lebih halus, mengkilap, dan tahan lama daripada cat pilox dan cat airbrush. Cat airbrush memberikan hasil yang lebih unik dan kreatif daripada cat pilox, cat duco, dan cat powder coating.

Apa merek cat yang paling direkomendasikan untuk bodi motor?

Tidak ada merek cat yang paling direkomendasikan untuk bodi motor, karena setiap merek cat memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Namun, Anda bisa memilih merek cat yang sesuai dengan jenis cat yang Anda pilih, seperti pilox, duco, airbrush, atau powder coating. Berikut adalah beberapa contoh merek cat yang populer untuk bodi motor:

  • Pilox: Pilox adalah merek cat semprot yang diproduksi oleh PT. Avia Avian. Pilox memiliki banyak pilihan warna, termasuk warna metalik, candy, dan neon. Pilox juga mudah didapatkan di toko-toko cat atau bengkel. Harga pilox berkisar antara Rp 15.000 – Rp 25.000 per kaleng.
  • Duco: Duco adalah merek cat yang digunakan untuk mengecat mobil atau motor dengan hasil yang halus dan mengkilap. Duco diproduksi oleh beberapa perusahaan, seperti Nippon Paint, Sikkens, Dupont, dan Glasurit. Duco memiliki kualitas yang tinggi, tetapi juga memiliki harga yang tinggi. Harga duco berkisar antara Rp 100.000 – Rp 300.000 per liter.
  • Airbrush: Airbrush adalah merek cat yang digunakan untuk membuat motif atau desain khusus pada bodi motor dengan menggunakan alat yang disebut airbrush. Airbrush diproduksi oleh beberapa perusahaan, seperti Createx, Auto Air, Wicked, dan House of Kolor. Airbrush memiliki warna yang cerah dan tahan lama, tetapi juga membutuhkan keterampilan dan kreativitas yang tinggi. Harga airbrush berkisar antara Rp 50.000 – Rp 150.000 per botol.
  • Powder coating: Powder coating adalah merek cat yang digunakan untuk melapisi bodi motor dengan bubuk cat yang dipanaskan dengan oven atau api. Powder coating diproduksi oleh beberapa perusahaan, seperti Jotun, Interpon, Akzo Nobel, dan Tiger. Powder coating memiliki hasil yang rata, kuat, dan tahan karat, tetapi juga membutuhkan alat dan tempat yang khusus. Harga powder coating berkisar antara Rp 200.000 – Rp 500.000 per kg.
Baca Juga :   Merk Ban Dalam Motor yang Bagus dan Berkualitas

Itulah cara cat bodi motor sendiri pakai “Pilox”, murah dan praktis tinggal semprot. Dengan cara ini, Anda bisa merubah tampilan motor Anda sesuai dengan keinginan Anda. Namun, Anda juga harus berhati-hati dan teliti dalam melakukan pengecatan, agar hasilnya maksimal dan tidak mengecewakan.

Cat Bodi Motor Sendiri

Kesimpulan: Pilox adalah solusi cat bodi motor yang sempurna untuk mereka yang ingin tampil beda dengan anggaran terbatas. Dengan langkah-langkah yang mudah diikuti dan hasil yang memukau, Anda dapat mengubah tampilan motor Anda sesuai dengan kepribadian unik Anda. Jadi, jangan ragu untuk mencoba sendiri dan nikmati perjalanan dengan gaya yang lebih personal bersama Pilox!

Demikianlah artikel tentang Mau Cat Bodi Motor Sendiri? “Pilox, yang kami rangkum untuk Anda. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan Anda.

Butuh Aksesoris motor? Jangan Lupa mampir di Onlineshop Kami Aufaproject.com, Tersedia beragam aksesoris Motor matick terbaru dan selalu update model-modelnya, Terimakasih

Sekian artikel kali ini dari saya. Terima kasih sudah membaca sampai habis. Jangan lupa untuk share artikel ini ke teman-teman kalian yang mungkin membutuhkan informasi ini juga. Sampai jumpa lagi di artikel menarik lainnya. Selamat Mencoba, Salam hangat dari saya

Artikel Terkait

Bagikan:

admin

Media Online Otomotif dan modifikasi motor

Tinggalkan komentar