Apakah Boleh Siram Air ke Rem Cakram Motor Saat Kepanasan? Ini Jawabannya

admin

Kerusakan Pada Rem ABS

Apakah Boleh Siram Air ke Rem Cakram Motor Saat Kepanasan?

Aufaproject46.com – Hay Bro & Sist, Rem cakram adalah salah satu komponen penting pada motor yang berfungsi untuk menghentikan atau mengurangi kecepatan motor. Rem cakram bekerja dengan cara menghimpit cakram yang terhubung dengan roda menggunakan kaliper yang berisi kampas rem. Saat kampas rem menghimpit cakram, terjadi gesekan yang menghasilkan panas. Panas ini bisa membuat rem cakram menjadi kepanasan, terutama saat digunakan secara terus-menerus atau dalam kondisi tertentu.

Nah, ada yang bilang bahwa saat rem cakram motor kepanasan, kita bisa menyiramnya dengan air untuk mendinginkannya. Apakah hal ini boleh dilakukan? Apakah ada dampak negatifnya? Berikut ini adalah penjelasan lengkap tentang hal ini yang perlu kalian ketahui.

Alasan Siram Air ke Rem Cakram Motor Saat Kepanasan

Ada beberapa alasan mengapa ada yang menyiram air ke rem cakram motor saat kepanasan. Salah satunya adalah untuk mencegah terjadinya fading, yaitu kondisi di mana rem cakram menjadi kurang responsif atau tidak berfungsi sama sekali karena terlalu panas. Fading bisa terjadi karena panas yang berlebihan membuat kampas rem menjadi aus, cairan rem menjadi mendidih, atau udara masuk ke sistem rem.

Dengan menyiram air ke rem cakram motor saat kepanasan, diharapkan panas yang berlebihan bisa berkurang dan rem cakram bisa kembali normal. Selain itu, ada juga yang menyiram air ke rem cakram motor saat kepanasan untuk membersihkan kotoran atau debu yang menempel pada rem cakram. Kotoran atau debu ini bisa mengurangi efektivitas rem cakram dan membuatnya cepat aus.

Baca Juga :   Honda Stylo 160 Resmi Meluncur, Ini Dia Spesifikasi dan Fitur Lengkapnya

Siram Air ke Rem Cakram Motor

Risiko Siram Air ke Rem Cakram Motor Saat Kepanasan

Meskipun ada alasan-alasan yang mendasari siram air ke rem cakram motor saat kepanasan, namun hal ini sebenarnya tidak disarankan untuk dilakukan. Pasalnya, ada beberapa risiko yang bisa terjadi jika kita menyiram air ke rem cakram motor saat kepanasan. Berikut ini adalah beberapa risiko yang bisa terjadi:

  • Risiko pertama adalah terjadinya thermal shock, yaitu kondisi di mana perubahan suhu yang drastis bisa menyebabkan kerusakan pada rem cakram. Thermal shock bisa membuat rem cakram menjadi retak, bengkok, atau patah karena perbedaan tekanan dan kontraksi yang terlalu cepat. Thermal shock juga bisa membuat kampas rem menjadi rapuh atau terkelupas karena perbedaan koefisien termal antara kampas rem dan cakram.
  • Risiko kedua adalah terjadinya karat, yaitu kondisi di mana besi atau baja yang terpapar air atau udara lembap bisa berubah menjadi oksida besi yang berwarna cokelat atau merah. Karat bisa mengurangi kekuatan dan ketahanan rem cakram, serta membuatnya mudah aus atau patah. Karat juga bisa menyebabkan korosi, yaitu proses pengikisan atau pelapukan pada rem cakram akibat reaksi kimia antara besi, oksigen, dan air.
  • Risiko ketiga adalah terjadinya slip, yaitu kondisi di mana rem cakram menjadi licin atau kurang genggam karena adanya air atau kotoran yang menempel pada permukaan rem cakram. Slip bisa membuat rem cakram menjadi tidak efektif atau bahkan tidak berfungsi sama sekali, sehingga bisa menyebabkan kecelakaan. Slip juga bisa membuat kampas rem menjadi cepat aus atau terbakar karena gesekan yang berlebihan.
  • Risiko keempat adalah terjadinya noise, yaitu kondisi di mana rem cakram mengeluarkan suara yang mengganggu atau tidak normal saat digunakan. Noise bisa disebabkan oleh adanya air atau kotoran yang masuk ke dalam kaliper atau kampas rem, atau karena adanya kerusakan pada rem cakram. Noise bisa membuat kenyamanan dan keamanan berkendara menjadi terganggu, serta menandakan adanya masalah pada rem cakram.
Baca Juga :   17 Kelebihan dan Kekurangan Honda Scoopy 2022

Cara Merawat Rem Cakram Motor Saat Kepanasan

Setelah mengetahui risiko-risiko yang bisa terjadi jika menyiram air ke rem cakram motor saat kepanasan, tentu kalian tidak ingin melakukannya lagi, bukan? Lalu, bagaimana cara merawat rem cakram motor saat kepanasan yang benar dan aman? Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa kalian lakukan:

  • Cara pertama adalah dengan membiarkan rem cakram motor mendingin secara alami. Jika kalian merasa rem cakram motor kalian kepanasan, sebaiknya kalian berhenti di tempat yang aman dan mematikan mesin motor kalian. Biarkan rem cakram motor kalian mendingin secara alami tanpa menyentuhnya atau menyiramnya dengan air. Dengan begitu, rem cakram motor kalian bisa kembali normal tanpa mengalami kerusakan.
  • Cara kedua adalah dengan membersihkan rem cakram motor secara rutin. Jika kalian sering menggunakan rem cakram motor kalian, sebaiknya kalian membersihkannya secara rutin untuk menghilangkan kotoran atau debu yang menempel pada rem cakram. Kalian bisa menggunakan cairan pembersih khusus rem cakram atau air sabun yang lembut untuk membersihkan rem cakram. Jangan lupa untuk mengeringkan rem cakram setelah dibersihkan agar tidak berkarat.
  • Cara ketiga adalah dengan melakukan pengecekan dan penggantian kampas rem secara berkala. Kampas rem adalah komponen yang paling cepat aus pada rem cakram, karena berfungsi sebagai perantara antara cakram dan kaliper. Jika kampas rem sudah aus atau tipis, sebaiknya kalian menggantinya dengan yang baru agar rem cakram tetap berfungsi dengan baik. Kalian bisa mengecek ketebalan kampas rem dengan melihat indikator yang ada pada kampas rem atau dengan membawa motor kalian ke bengkel.
  • Cara keempat adalah dengan melakukan penyetelan dan pelumasan pada rem cakram. Penyetelan rem cakram bertujuan untuk mengatur jarak antara kampas rem dan cakram agar sesuai dengan standar. Jika jaraknya terlalu dekat atau terlalu jauh, rem cakram bisa menjadi kurang responsif atau terlalu keras. Pelumasan rem cakram bertujuan untuk mengurangi gesekan antara komponen-komponen rem cakram agar tidak cepat aus atau berisik. Kalian bisa menggunakan oli atau grease khusus rem cakram untuk melumasi rem cakram.
Baca Juga :   Dampak Harga Motor Honda Bekas Akibat Viralnya Kasus Rangka Esaf yang Patah

Siram Air ke Rem Cakram Motor

Kesimpulan

Rem cakram adalah salah satu komponen penting pada motor yang berfungsi untuk menghentikan atau mengurangi kecepatan motor. Rem cakram bisa menjadi kepanasan, terutama saat digunakan secara terus-menerus atau dalam kondisi tertentu. Menyiram air ke rem cakram motor saat kepanasan adalah hal yang tidak disarankan untuk dilakukan, karena bisa menyebabkan kerusakan, karat, slip, atau noise pada rem cakram. Cara merawat rem cakram motor saat kepanasan yang benar dan aman adalah dengan membiarkan rem cakram motor mendingin secara alami, membersihkan rem cakram motor secara rutin, melakukan pengecekan dan penggantian kampas rem secara berkala, dan melakukan penyetelan dan pelumasan pada rem cakram.

Demikianlah artikel tentang Apakah Boleh Siram Air ke Rem Cakram Motor Saat Kepanasan? , yang kami rangkum untuk Anda. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan Anda.

Butuh Aksesoris motor? Jangan Lupa mampir di Onlineshop Kami Aufaproject.com, Tersedia beragam aksesoris Motor matick terbaru dan selalu update model-modelnya, Terimakasih

Sekian artikel kali ini dari saya. Terima kasih sudah membaca sampai habis. Jangan lupa untuk share artikel ini ke teman-teman kalian yang mungkin membutuhkan informasi ini juga. Sampai jumpa lagi di artikel menarik lainnya. Selamat Mencoba, Salam hangat dari saya

Artikel Terkait

Bagikan:

admin

Media Online Otomotif dan modifikasi motor

Tinggalkan komentar