Kapan Waktu Yang Tepat mengganti air radiator?

admin

mengganti air radiator

Kapan Waktu Yang Tepat mengganti air radiator?

Aufaproject46.com – Hallo sobat, Selain kondisi oli, kondisi air radiator juga penting. Karena air radiator atau biasa disebut coolant berfungsi sebagai pendingin mesin untuk mencegah mesin dari panas berlebih saat digunakan.

Pendingin ini tentu saja memiliki masa pakai dan kondisi terbatas untuk menjaga performa motor tetap maksimal. Lantas, kapan sebaiknya air radiator motor diganti? Yuk simak penjelasannya di bawah ini!

mengganti air radiator

Interval penggantian air radiator

Dibandingkan dengan oli, cairan pendingin bertahan lebih lama. Untuk sepeda motor, cairan pendingin harus diganti setiap 24.000 kilometer atau setiap 2 tahun. Penting untuk diketahui bahwa motor yang digunakan setiap hari di kota besar yang padat dan macet akan membuat siklus penggantian oli radiator lebih cepat. Jadi masbro juga harus memperhatikan bagaimana sepeda motor mereka digunakan.

mengganti air radiator

Apa Yang Terjadi Jika Anda Jarang Mengganti Air Radiator?

Membiarkan cairan pendingin habis atau air radiator menjadi keruh tanpa segera menggantinya dapat menyebabkan masalah pada sepeda motor kesayangan Anda.

Fitur yang dapat dihasilkan dari perubahan pendingin udara yang tidak terjadwal adalah kecenderungan mesin menjadi terlalu panas, overheat, bahan bakar menjadi lebih boros dari biasanya,

Bahkan bisa membuat mesin mogok secara tiba-tiba. Nah, jika menunjukkan tanda-tanda tersebut, sebaiknya segera ganti coolant atau bawa langsung ke bengkel Resmi.

Catatan penting!

Pada dasarnya, mengganti cairan pendingin sendiri sangatlah mudah dan bisa dilakukan di rumah. Pastikan jumlah air pendingin sesuai dengan jenis motor. Jangan sampai lebih rendah dari yang direkomendasikan agar mesin tidak mudah overheat ya?

Baca Juga :   Lagi Cari Shock Motor Untuk Muatan Berat? Berikut Rekomendasnya

Kurangi juga kebiasaan menggunakan air bersih sebagai pengganti air pendingin karena dapat berdampak buruk pada mesin sepeda motor Anda. Pastikan juga menggunakan coolant asli berkualitas tinggi yang kompatibel dengan suku cadang sepeda motor anda.

Nah demikianlah bro, sedikit pembahasan tentang kapan saat yang tepat untuk mengganti air radiator motor anda, semoga bermamaat bagi yang membutuhkanya.

Artikel Terkait

Bagikan:

admin

Media Online Otomotif dan modifikasi motor

Tinggalkan komentar