yuk ! pahami 5 langkah agar bensin irit saat mudik lebaran

Yuk, pahami 5 langkah agar bensin irit saat mudik lebaran

agar bensin irit saat mudik


 lebaran adalah event yang paling di tunggu-tunggu seluruh masyarakat Indonesia yang notabene beragama Islam. hari lebaran pun merupakan waktu yang paling tepat untuk berkumpul bersama keluarga besar.

karena tahun ini pemerintah sudah mengijinkan masyarakat untuk melakukan perjalanan mudik. nah, bagi anda yang akan pulang kampung, sebaiknya simak dulu nih tips tips berkendara agar mudik mu tidak menjadi beban perjalanan.

Salah satu resiko mudik dengan kendaraan pribadi adalah terjebak macet, karena arus mudik lebaran


serentak ini. yg tentu juga akan memakan ongkos BBM yang tidak sedikit, sedangkan BBM merupakan bagian terpenting yang harus di manaj agar bisa meminimalisir biaya mudik anda.

Baca juga : Spesifikasi Yamaha YZF M1

Melansir dari laman Suzuki Indonesia, berikut ini tips-tips hemat bensin saat mudik dengan mobil pribadi.

1. Jangan terlalu ngebut

Selama perjalanan usahakan melaju di kecepatan 40-80 km/jam, jangan sampai ngebut di atas kecepatan 100 km/ jam. Sebab semakin cepat mobil melaju, maka konsumsi bahan bakar nya juga semakin cepat dan boros.

selain untuk menghemat bensin, hal ini juga sangat penting untuk mengurangi resiko kecelakaan.

2. Kurangi penggunaan AC

jarang di ketahui, penggunaan AC yang berlebihan juga akan semakin memberatkan kerja mesin mobil. tentunya hal ini juga memicu bensin menjadi boros dan cepat habis.

Solusi nya, cobalah untuk menggunakan AC hanya saat melewati jalan padat atau macet. ketika di perjalanan yang longgar anda bisa mematikan AC dan mengganti asupan udara dengan membuka jendela.

Satu hal yang harus di waspadai, jangan sampai menyalakan AC dalam keadaan jendela terbuka.

3. Barang Bawaan

Jangan terlalu banyak membawa barang yang kurang perlu, karena semakin banyak barang maka kian berat beban mobil, dan pastinya akan besar juga kinerja mobil yang mempengaruhi berkurangnya bahan bakar.

4. Jangan Banyak Berhenti

Normal nya mobil memanglah berhenti setiap 3-4 jam sekali untuk istirahat. Selain untuk rehat, hal ini juga penting untuk menjaga stabilitas suhu mesin mobil.

namun jika terlalu sering menghidupkan dan mematikan mobil bisa membuat konsumsi bensin semakin boros. oleh karenanya alangkah baik nya jangan terlalu sering berhenti.

5. Tambah Kecepatan Secara Bertahap

Saat mulai melaju, penambahan kecepatan harus dilakukan secara bertahap. Jika pedal gas langsung di tekan tinggi, maka akan membuat konsumsi BBM menjadi lebih besar. Jadi jika ingin konsumsi bensin tidak boros, pastikan tidak menambah kecepatan secara mendadak

Semoga bermanfaat dan tetap utamakan keselamatan ya otolovers.

Bagikan:
Avatar of Er.Sushil

Aufaproject. Media Online terkini, Seputar MotoGP, berita otomotif baru...

Tinggalkan komentar

/