Spesifikasi Yamaha YZR M1, Sang juara MotoGP 2021.

Spesifikasi Yamaha YZR M1

Spesifikasi Yamaha YZR M1

Spesifikasi lengkap Yamaha YZR-M1, Sang juara MotoGP 2021. Tunggangan Fabio Quartararo di event IIMS 2021 yang telah berhasil meraih gelar juara dunia MotoGP. Cukup menarik perhatian sobat MotoGP. Seperti apa detail Motor yang berhasil menjadi primadona itu yuk intip sekilas spesifikasinya di bawah ini.

Spesifikasi Yamaha YZR-M1 MotoGP 2021

Rangka: Aluminium dengan Delta Box. (Motor Yamaha YZR-M1 Memiliki detail nomor rangka YZR-M1B08T2. sedangkan nomor mesin nya terlihat di dalam YZR-M1-E-08T02)

  • Kapasitas Mesin Yamaha M1: 1.000 cc
  • Tipe Mesin: Pendingin cairan empat silinder
  • Tenaga: 240 dk
  • Transmisi: Manual 6 percepatan

Suspensi Yamaha Motogp M1

  • Suspensi Depan: Ohlins

Suspensi Belakang: Ohlins ( Suspensi belakang masih dari Ohlins. dengan setelan lengkap namun tabung nya kecil ).

  • ECU: Magneti Marelli
  • Velg Depan: Palang 6 Magnesium
  • Velg belakang: Palang 6 Magnesium
  • Ban Depan: Michelin ring 17
  • Ban Belakang: Michelin ring 17 (dengan tipe power slig)
  • Rem Depan: Dual cakram 320/340 mm empat kaliper

Rem Belakang: Single cakram dual kaliper (Rem belakang semi floating memakai besi. dan tentu saja memakai speed sensor).

Bobot Yamaha M1

  • Bobot: 157 kg (sesuai regulasi FIM).
  • Model body Yamaha YZR-M1

Tampak depan samping kiri Yamaha ini mempunyai wingled dan yang menarik di bagian ini di atas nya terdapat rongga pemisah yang mungkin bagian ini tidak akan terlihat hanya dari kamera. pun ini sangat berfungsi untuk masuknya angin ke tangan.

Tampak kepala depan , Tentu saja ada Ram air duct yakni Model mulut di 2021 yang sedikit ramping memanjang ke atas, agar udara bisa masuk ke box filter melalui belakang dengan membelah sasis nya, semacam MOGE 1000cc atau MOGE masa kini.

Tampak depan bawah, Suspensi depan tentu saja menggunakan Ohlins, namun bahan tabungnya masih terbuat dari logam. sedangkan bawahnya sama dengan RCV yang menggunakan CNC. Namun bedanya, Yamaha YZR M1 guratan nya terlihat lebih halus. Dan kaliper nya tetap menggunakan brembo, piston kaliper nya radial. dan selangnya pun masih sama menggunakan qruikillis agar gampang lepas-pasang nya.

Sensor kecepatan terdapat di bagian bawah depan untuk baca putaran roda depan nya.n

Velg nya pun tak kalah menarik semacam motor kontes karna menggunakan merk vendor MFR yang finishing nya model crome tapi gelap.

Di stang bagian kiri terdapat beberapa tombol, yang berwarna kuning berfungsi untuk loss control, bawahnya terdapat tombol untuk milih map, kemudian di depannya ada untuk menyetel handle rem namanya remot adjuster.sedangkan handle kopling nya juga dari Brembo yang versi hidrolis bukan yg mekanik lagi.

Dasbor terlihat jelas dari atas full digital dengan rangka kanan kiri memakai banset karbon, pun di atasnya juga terdapat lampu-lampu.

lengan nya masih menggunakan bahan aluminium. namun cover nya memakai serat carbon. Pun Eiger nya meskipun menggunakan serat carbon namun terasa sedikit tipis.

lengan samping kelihatan pipih lebar menggunakan bahan aluminium namung sedikit kopong. lalu bagian bawah ada setelan untuk mengatur panjang pendek motor.

 

Jika dilihat dari liverynya, Yamaha YZR-M1 tahun ini tidak jauh berbeda dengan musim balap sebelumnya, hanya ada tambahan beberapa logo sponsor di bodinya.

Meski tidak banyak mengalami perubahan, namun Yamaha optimis bisa memberikan perlawanan sengit bagi komeptitor lainnya.

 

Bagikan:

Tinggalkan komentar

/