Tips Memilih Oli Yang Tepat Untuk Motor Kamu

Tips Memilih Oli Yang Tepat Untuk Motor Kamu

Aufaproject46.com – Hay Sobat Otomotif, Mengganti oli merupakan kewajiban bagi setiap pemilik kendaraan bermotor. Banyak merk oli yang tersedia di pasaran saat ini. Namun anda perlu waspada dengan oli oli yang ada di pasaran sebab saat ini banyak sekali beredar oli dengan kualitas kurang baik.

Ketika anda melakukan servis di bengkel resmi sudah pasti anda akan di rekomendasi kan oli yang sesuai dengan jenis motor anda. Namun rekomendasi tersebut hanya sekedar mempertimbangkan jenis oli yang umum di gunakan.

Adakalanya, Anda perlu memilih oli motor Anda sendiri. Pasalnya, melansir Astra Motor, ternyata mesin motor akan memiliki performa yang lebih maksimal bila menggunakan tipe oli mesin yang berbeda dari yang direkomendasikan

Untuk menghindari kesalahan dalam memilih oli sebaiknya anda perlu tahu tentang jenis oli yang baik untuk motor anda sebab melansir dari astra honda Motor, motor akan semakin maksimal dengan oli yang berbeda dari hasil rekomendasi.

Hal utama yang perlu diketahui, berkaitan dengan fungsi daripada oli mesin itu sendiri. Fungsi utamanya adalah melapisi logam-logam yang ada di dalam mesin pembakaran. Lapisan ini, akan mengurangi adanya gesekan antar logam saat mesin menyala.

Pertama anda perlu memahami fungsi dari oli pada sebuah motor. Oli sendiri memiliki fungsi sebagai pelumas logam logam yang ada di sistem pembakaran. Nantinya logam logam tersebut tidak akan cepat aus karena sering terjadi gesekan terus menerus.

Fungsi lainnya sebagai pendingin dari panas yang dihasilkan oleh pergerakan atau gesekan antar komponen mesin. Selain itu meredam getaran dan suara bising ketika mesin dinyalakan. Mengingat pentingnya peranan oli mesin, maka Anda dianjurkan mengganti oli mesin secara rutin dan berkala.

Selain itu oli juga sebagai pendingin dari panas yang di hasilkan oleh kinerja dari berbagai komponen di dalam mesin. Serta juga bisa meredam suara atau getaran dari sistem mesin yang sedang bekerja. Oleh karena itu pentingnya melakukan ganti oli secara rutin agar motor anda terhindar dari masalah yang serius.

Setelah mengetahui fungsi dari oli mesin, selanjutnya adalah mempelajari karakteristik dari berbagai jenis oli mesin yang dijual di pasaran. Dilansir dari laman resmi Federal Oil, berikut empat tips memilih oli mesin motor agar perfroma maksimal:

Setelah memahami fungsi oli yang sedemikian pentingnya hal terpenting lainnya adalah anda harus mempelajari karakteristik dari berbagai macam jenis oli yang ada di pasaran saat ini. Melansir dari situs resmi federal oli terdapat empat tips memilih oli yang sesuai agar performa motor semakin maksimal.

1. Kenali karakter mesin motor

Tips Memilih Oli Yang Tepat Untuk Motor
oli terbaik untuk motor matic injeksi

Cara pertama yang harus dilakukan sebelum memilih oli adalah memahami karakter mesin motor. Anda harus mengetahui jenis oli mesin mana yang dibutuhkan dan cocok untuk motor Anda.

Hal ini penting dilakukan sebab setiap motor memiliki karakteristik dan kebutuhannya masing-masing. Anda wajib untuk membaca buku panduan kendaraan mengenai spesifikasi mesin dan jenis oli yang tepat.

Sebagai pemilik motor anda pastinya sudah paham akan karakteristik dari motor anda. Itu hal terpenting sebelum anda membeli oli untuk di gunakan di motor anda.

Setelah anda paham akan kondisi motor anda pilihlah oli yang sesuai dengan karakteristik motor anda. Itu sebabnya anda perlu membaca buku panduan kendaraan mengenai spesifikasi mesin dan jenis oli yang sesuai.

2. Kekentalan oli (SAE)

SAE atau Society of Automotive Engineering berfungsi untuk mengetahui tingkat kekentalan pada oli. Setap kemasan produk oli, pasti memiliki kode SAE ini.

Jika kode menunjukkan SAE 15W-50, berarti memiliki tingkat kekentalan motor di angka 50. Memilih tingkat kekentalan oli, perlu disesuaikan dengan lingkungan tempat tinggal dalam penggunaan motor Anda.

SAE atau society of Automotive engineering memiliki fungsi untuk mengetahui tingkat kekentalan pada oli. Di setiap kemasan oli pasti terdapat tulisan atau kode SAE. Indikasi bahwa SAE menunjukkan kode 15w-50 menandakan kekentalan berada di tingkat

Nah itulah sedikit tips tentang cara memilih oli motor yang tepat untuk motor semoga bermamfaat

Butuh Aksesoris motor matic? Jangan Lupa mampir di Onlineshop Kami aufaproject.com, Tersedia beragam aksesoris Motor matick terbaru dan selalu update model-modelnya, Terimakasih

Bagikan:
Avatar of Er.Sushil

Aufaproject. Media Online terkini, Seputar MotoGP, berita otomotif baru...

Tinggalkan komentar

/