7 Cara Mengendarai Motor Saat Touring Agar Tidak Cepat Lelah

7 Cara Mengendarai Motor Saat Touring Agar Tidak Cepat Lelah

Aufaproject46.com – Hallo Masbro, Touring merupakan kegiatan yang umum di lakukan. Terutama dari kalangan anak muda. Biasanya touring ini menjadi kegiatan wajib di setiap komunitas motor.

Tujuan anya pun beragam, ada yang sekedar ingin refresing bahkan ada juga yang ingin mendapatkan pengalaman baru. Rute yang di lewati saat touring ini kebanyakan di pilih sesuai keamanan jalan yang di lewati.

Biasanya setelah sampai di lokasi tujuan mereka akan bersenang senang namun ada juga yang merasa kelelahan. Badan pegal pegal akibat perjalanan jauh serta medan yang belum pernah di lewati menjadi faktor utama kelelahan.

Nah untuk itu saya akan memberikan tips agar kamu nantinya ketika hendak touring tidak mengalami kecapean yang berlebihan. Maka simak baik baik tips di bawah ini.

Cara Mengendarai Motor Saat Touring

1. Pastikan motor dalam kondisi yang prima

Cek terlebih dahulu kondisi motor saat hendak touring. Motor yang prima akan meminimalisir terjadi hal hal yang tidak di inginkan ketika dijalan. Serta kondisi badan yang sehat juga menjadi kunci penting ketika touring.

Jangan sampai dalam kondisi sakit kamu memaksakan untuk tetap ikut, di khawatirkan akan terjadi apa apa di jalan dan bisa merepotkan anggota yang lain.

Soal motor bisa jenis apa saja yang penting terdapat surat kendaraan yang lengkap agar tidak berurusan dengan polisi nantinya. Yang terpenting kondisi motor tersebut sudah optimal

2. Istirahat yang cukup sebelum berkendara

Lakukan istirahat yang cukup sebelum melakukan touring. Kondisi badan yang fresh akan menambah kekuatan serta energi saat berkendara. Jangan sampai tidak istirahat.

3. Posisi dudukmu menentukan kualitas berkendara

Cara Mengendarai Motor Saat Touring
Cara Mengendarai Motor Saat Touring

Saat mengendarai motor perhatikan posisi duduk. Posisi duduk yang benar, akan menentukan kualitas saat berkendara. Jika kamu touring menggunakan motor kopling, posisi duduk yang benar adalah dengan meletakkan kaki dengan menjepit bagian tangki bensin. Namun jika kamu menggunakan motor matic maka posisi paha dalam harus menjepit bagian jok

Mengapa demikian berdasarkan pengalaman, posisi duduk yang terlalu mundur atau maju itu akan menyebabkan anda cepat lelah saat berkendara. Maka sebaiknya hindari posisi tersebut. Dengan posisi duduk seperti yang sudah saya jelaskan di atas anda akan nyaman saat perjalanan.

4. Sikap tubuh dan lenganmu harus sesuai

Selain posisi duduk yang harus di perhatikan, sikap tubuh pun juga menentukan kenyamanan saat berkendara. Sikap tubuh sebaiknya jangan condong kedepan maupun belakang, kalau cuma sebentar tidak masalah hanya sekedar meregangkan badan namun setelah itu tubuh tetap dalam kondisi tegak. Dan posisi lengan jangan terlalu tegang, biasakan santai agar kamu rileks saat berkendara.

Posisi lengan yang baik adalah membentuk sudut 30 derajat dari sisi lengan luar. Posisi ini akan membantu meredam goncangan apabila motor kamu melewati jalan yang tidak rata.

5. Pengereman yang baik membuatmu berkendara lebih baik

Cara melakukan pengereman yang baik dan benar adalah dengan menggunakan dua rem secara bersamaan. Perbandingan nya antara 60-40.60% rem depan dan 40% rem belakang. Dengan begitu keselamatan anda akan terjaga serta kondisi tubuh tetap prima.

Usahakan selalu fokus terhadap jalan, dan jangan sampai melakukan pengereman mendadak sehingga bisa membahayakan pengedara lain.

6. Waspada akan jalanan yang berlubang

Jika medan yang kamu lalui saat touring terdapat banyak lubang, sebaiknya hindari sebisa mungkin. Oleh sebab itu menjaga jarak dari kendaraan depan di saat lajurmu terdapat jalan berlubang agar nantinya kamu tidak shock sehingga mengerem secara mendadak.

7. Patuhi rambu lalu lintas

Yang terakhir tentu harus patuh terhadap rambu lalu lintas. Ini menjadi syarat wajib ketika Anda melakukan kegiatan touring. Sebab dengan anda mematuhi peraturan tersebut keselamatan anda akan terjaga. Jika kamu nekat melanggar rambu tersebut. Resiko di tanggung sendiri toh rambu tersebut di buat juga untuk para pengedara agar aman dadi hal hal yang tidak di inginkan.

Nah itulah tadi 7 tips Mengendarai Motor Saat Touring Agar Tidak Cepat Lelah semoga bermamfaat bagi yang membutuhkanya

Butuh Aksesoris motor matic? Jangan Lupa mampir di Onlineshop Kami aufaproject.com, Tersedia beragam aksesoris Motor matick terbaru dan selalu update model-modelnya, Terimakasih

Bagikan:
Avatar of Er.Sushil

Aufaproject. Media Online terkini, Seputar MotoGP, berita otomotif baru...

Tinggalkan komentar

/