Mau Ganti Oli Motor? Berikut Rincian Harga Ganti Oli di Bengkel Resmi Dan Bengkel Umum

Mau Ganti Oli Motor? Berikut Rincian Harga Ganti Oli di Bengkel Resmi Dan Bengkel Umum

Aufaproject46.com – Hallo masbro, Kisaran harga ganti oli ini merupakan perkiraan sejumlah uang yang perlu diperkirakan sebagian orang ketika hendak melakukan perawatan sepeda motor di bengkel.

Tujuan penggantian oli pada motor itu sendiri adalah untuk menjaga dan memperpanjang performa mesin, menjaganya agar tetap dalam kondisi prima.

Harga ganti oli tentunya bervariasi, mulai dari biaya service ganti oli, jenis dan ukuran oli, hingga bengkel yang akan dikunjungi.

Jadi, berapa biaya ganti oli? Untuk mempelajari lebih lanjut, mari kita lihat artikel di bawah ini.

Harga ganti oli motor matic di bengkel resmi dan umum

Mau Ganti Oli Motor

Berapa biaya ganti oli matic di bengkel resmi? Harga minyak ditentukan oleh pilihan kami.

Jika Anda memilih minyak berkualitas tinggi, harganya akan lebih tinggi. Juga, Anda harus memperhatikan harga layanan ganti oli.

Oli gardan cenderung lebih murah dibandingkan oli mesin, dengan 120ml oli gardan dibanderol antara Rp 12.000 hingga Rp 15.000, tergantung mereknya.

Sedangkan harga oli mesin berkisar antara Rp 35.000 hingga Rp 60.000, tergantung mereknya. Untuk biaya servis ganti oli, biaya bengkel tipikal sekitar Rp 30.000 hingga 40.000.

Misalnya harga 1 liter oli motor full sintetik sekitar Rp 85.000 dan biaya servis Rp 40.000, jadi total biaya ganti oli di bengkel umum sekitar Rp 125.000.

Sedangkan untuk bengkel resmi cenderung lebih mahal karena biasanya ada pekerjaan jasa lain. Misalnya, service charge Rp 66.000 hingga Rp 75.000 bisa dikenakan untuk ganti oli sepeda motor Honda di bengkel resmi (Ahass).

Jika harga 1 liter oli full sintetik sekitar 85.000 rupiah, maka dana yang perlu disiapkan untuk penggantian oli motor Honda di bengkel Ahass sekitar 151.000 rupiah hingga 160.000 rupiah.

Namun, jika Anda memiliki kuota layanan gratis, artinya tidak ada biaya layanan ganti oli atau gratis. Anda hanya membayar harga minyak.

Fungsi Sebuah Oli Motor

Perawatan rutin sepeda motor khususnya sepeda motor matic sangat dianjurkan untuk menjaga performa puncak.

Perawatan harian yang perlu dilakukan adalah mengganti oli, memeriksa busi, membersihkan filter udara, dll.

Sedangkan dalam hal penggantian oli, ada dua jenis oli khusus yang wajib diganti secara berkala pada motor matic, yaitu oli mesin dan oli gardan.

Perhatikan bahwa peran oli adalah untuk membantu melumasi komponen dan setiap partikel di mesin, membuat setiap komponen lebih ringan dan lebih optimal untuk kinerja.

Cara kerja oli adalah dengan bersirkulasi atau mengalir dari penangas oli ke pompa oli kemudian ke injektor yang menuju ke berbagai bagian mesin.

Namun kualitas oli ini juga terbatas, terutama karena efek panas dan emisi pembakaran dapat menurunkan kualitas oli mesin.

Jika kualitas oli menurun, kemampuan pelumas juga menurun, yang mengakibatkan komponen mesin cepat aus.

Jika Anda mengabaikannya dan terus menggunakannya, dapat menyebabkan asap putih dari knalpot sepeda motor. Inilah sebabnya mengapa penggantian oli secara teratur penting.

Manfaat penggantian oli tepat waktu

Mau Ganti Oli Motor

Oli mesin harus diganti rata-rata setiap 1000 kilometer atau setiap 1 bulan.

Meski begitu, biasanya setiap sepeda motor memiliki jadwal interval penggantian oli yang berbeda, yang tentunya dipengaruhi oleh jenis motor dan kualitas oli.

Khusus untuk sepeda motor matic, ganti oli setiap 3.000-5.000 kilometer.

Mengganti oli transmisi pada motor matic tidak selalu dilakukan bersamaan dengan mengganti oli mesin. Misalnya, oli mesin harus diganti setiap 2.000 kilometer, sedangkan oli gardan harus diganti setiap 8.000 kilometer.

Sedangkan pada tipe sepeda motor, intervalnya lebih cepat, di kisaran 2.500-3.000 km, karena oli juga melumasi transmisi. Namun, jika Anda menggunakan oli full sintetik pada sepeda motor Anda, daya tahannya bisa sekitar 5.000 kilometer.

Manfaat penggantian oli tepat waktu meliputi:

1. Jadikan suara mesin lebih halus

Peran oli juga untuk meredam suara mesin, sehingga terdengar lebih halus.

Jika mesin terdengar keras, mungkin karena oli yang sudah lama digunakan atau spesifikasi oli yang tidak sesuai dengan rekomendasi.

2. Sebagai pendingin

Oli mesin melindungi komponen mesin dari risiko gesekan. Selain itu, oli berfungsi sebagai pendingin, menjaga suhu mesin tetap ideal dan stabil.

Saat suhu mesin ideal, performa mesin lebih optimal.

3. Hindari korosi

Oli mengandung aditif yang melindungi komponen mesin dari korosi atau karat.

Logam pada komponen mesin diketahui sangat rentan terhadap proses oksidasi yang dapat menyebabkan korosi.

4. Membersihkan bagian-bagian mesin

Oli sebagai pembersih mesin akan menjaga kebersihan bagian-bagian mesin, termasuk casing yang ditinggalkan oleh pembakaran. Oli menghilangkan casing dan mempertahankan performa mesin yang sangat baik.

Pentingnya Asuransi Sebuah Kendaraan

Penggantian oli secara rutin dapat menjaga performa mesin roda dua Anda tetap terjaga dan dalam kondisi prima. Berkendara akan terasa lebih nyaman dan aman.

Namun, terkadang biaya perawatan dan perbaikan sepeda motor yang rutin atau bahkan mendadak bisa membuat kepala pusing.

Memiliki asuransi kendaraan seperti asuransi sepeda motor adalah solusi yang tepat untuk Anda. Asuransi memiliki banyak manfaat dan dapat melindungi kendaraan Anda seperti yang Anda rasakan.

Beberapa manfaat asuransi sepeda motor sama dengan asuransi mobil umum, perlindungan meliputi kecelakaan, pertanggungan perbaikan, risiko pencurian, dan lainnya.

Selain itu, seperti asuransi kendaraan bermotor, asuransi sepeda motor menawarkan dua jenis perlindungan, All Risk dan Total Loss Only (TLO).

Berapa biaya ganti oli motor di Ahas?

Mau Ganti Oli Motor

Harga oli sepeda motor Honda berkisar antara Rp30.000 hingga Rp80.000. Sementara itu, layanan ganti oli Ahass tidak mengenakan tarif dan dapat digunakan secara gratis selama Anda memiliki kuota gratis untuk layanan tersebut.

Jika kuota servis gratis habis, maka akan dikenakan biaya sebesar Rp66.000-75.000 untuk layanan ganti oli motor

Berapa biaya ganti oli Motor Beat?

Cara Merawat Motor Beat Injeksi
Mau Ganti Oli Motor

Biaya service ganti oli sepeda motor Beat di Ahass bengkel resmi Honda berkisar antara Rp 66.000 hingga Rp 75.000 yang gratis jika masih memiliki kuota servis gratis.

Sedangkan di bengkel umum, harganya berkisar Rp 30.000 hingga 40.000. Harga oli motor Beat biasanya berkisar antara Rp30.000 hingga Rp90.000.

Berapa biaya ganti oli Motor Scoopy?

Mau Ganti Oli Motor

Harga ganti oli motor matic Honda Scoopy Anda bervariasi tergantung lokasi, jenis dan ukuran oli.

Harga 1 liter oli sekitar Rp 85.000, sedangkan biaya servis bengkel umum sekitar Rp 30.000 hingga 40.000.

Biaya servis ganti oli di bengkel resmi sekitar Rp 66.000 hingga Rp 75.000.

Kapan waktu yang tepat untuk mengganti oli?

Penggantian oli secara teratur diperlukan untuk mempertahankan kinerja mesin, biasanya setelah 3.000 hingga 5.000 kilometer.

Di kutip dari CNN Indonesia, berikut beberapa ciri-ciri motor yang wajib ganti oli, antara lain:

  • Warna Oli menjadi hitam pekat dan teksturnya jauh lebih encer
  • Oli mesin telah mencapai batas jarak tempuh
  • Volume oli berkurang
  • Suara mesin menjadi kasar dan tarikan terasa berat

Nah itulah masbro biaya dan harga ganti oli di bengkel Resmi /Ahass maupun di bengkel umum alias bengkel rumahan, semoga bermamfaat sekian dan terimaksih.

Butuh Aksesoris motor matic? Jangan Lupa mampir di Onlineshop Kami aufaproject.com, Tersedia beragam aksesoris Motor matick terbaru dan selalu update model-modelnya, Terimakasih

Bagikan:
Avatar of Er.Sushil

Aufaproject. Media Online terkini, Seputar MotoGP, berita otomotif baru...

Tinggalkan komentar

/