Cara Menangani Motor Injeksi yang Mogok Akibat Kehabisan Bensin

admin

Cara Menangani Motor Injeksi yang Mogok Akibat Kehabisan Bensin

Aufaproject46.com – Hay Bro & Sist, Sepeda motor dengan teknologi injeksi sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari kita. Fitur-fitur canggih yang ditawarkan, seperti indikator bahan bakar, sangat membantu pengendara dalam perjalanan. Dengan indikator tersebut, kalian bisa tahu kapan harus mengisi bahan bakar tanpa perlu membuka tangki.

Namun, ada kalanya kita lalai memperhatikan indikator itu, yang bisa berujung pada mogoknya motor karena kehabisan bensin. Banyak mitos yang beredar bahwa kehabisan bensin bisa merusak sistem injeksi motor. Namun, menurut Dwi Suwanto, Instruktur Service PT Surya Timur Sakti Jatim Yamaha, anggapan tersebut tidak benar.

Cara Menangani Motor Injeksi yang Mogok

Pemilik motor injeksi pasti pernah mengalami momen di mana motornya mogok karena kehabisan bensin. Ini bisa jadi masalah yang cukup merepotkan, terutama jika kalian sedang berada di tengah perjalanan jauh. Setelah berhasil mengisi ulang bahan bakar, kalian mungkin ingin langsung menyalakan motor, tetapi sebaiknya, lakukan beberapa langkah penting terlebih dahulu.

Mengapa Motor Mogok Akibat Kehabisan Bensin?

Ada beberapa alasan mengapa motor bisa kehabisan bensin di tengah jalan. Bisa jadi karena SPBU tidak tersedia di sepanjang rute yang kalian lalui, atau mungkin kalian kehabisan ongkos sebelum sempat mengisi bahan bakar. Apa pun penyebabnya, kehabisan bensin bisa mempengaruhi kinerja motor injeksi kalian.

Baca Juga :   Efek Knalpot Racing Pada Motor Injeksi

Dampak Buruk Mogok Akibat Kehabisan Bensin

Biarkan motor injeksi mogok karena kehabisan bensin bisa merusak komponen penting seperti fuel pump. Komponen ini berfungsi untuk menghisap bensin dan mendistribusikannya ke injektor. Jika motor sering mogok, fuel pump bisa mengalami kerusakan seperti korslet atau berkarat.

Langkah-Langkah Menghidupkan Motor Usai Mengisi Bahan Bakar

Jika motor injeksi kalian mogok karena kehabisan bensin, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat menghidupkan motor kembali setelah mengisi tangki:

1. Putar Kunci Off ke On

Setelah mengisi bahan bakar, kalian bisa memutar kunci kontak dari posisi Off ke On. Namun, jangan langsung menyalakan motor.

2. Ulangi Proses On-Off

Lakukan putaran kunci kontak dari posisi On ke Off beberapa kali hingga kalian mendengar suara fuel pump bekerja. Proses ini membantu mempercepat kinerja fuel pump agar kembali normal.

3. Biarkan Udara Keluar

Kehabisan bensin membuat udara masuk ke injektor. Dengan memutar kunci On-Off berulang kali, kalian memungkinkan udara keluar dari sistem, memastikan aliran bahan bakar lancar.

Tips Mengatasi Motor Injeksi Mogok Akibat Kehabisan Bensin

Cara Menangani Motor Injeksi yang Mogok

Mari kita bahas langkah-langkah yang bisa kalian lakukan jika motor injeksi kalian mogok karena kehabisan bensin.

1. Jangan Panik

Hal pertama yang perlu kalian ingat adalah tidak perlu panik. Kehabisan bensin bukanlah akhir dunia. Tetap tenang dan siapkan diri untuk mengambil langkah selanjutnya.

2. Mengisi Bahan Bakar

Langkah pertama tentu saja mengisi bahan bakar. Pastikan kalian mengisi dengan benar dan aman. Setelah tangki terisi, kalian bisa mulai menjalankan langkah berikutnya.

3. Memutar Kunci Kontak On-Off

Untuk memastikan fuel pump bekerja normal, putar kunci kontak on-off beberapa kali. Ini akan membantu bahan bakar mengalir ke sistem dan membuat fuel pump kembali berfungsi dengan baik.

4. Mendengarkan Bunyi Fuel Pump

Saat kalian memutar kunci kontak on-off, perhatikan bunyi fuel pump. Setelah beberapa kali putaran, kalian harus mendengar bunyi fuel pump. Jika sudah terdengar, itu tandanya kalian bisa melanjutkan.

Baca Juga :   Ketahui Cara Merawat Motor Matic Agar Awet dan Nyaman Digunakan

5. Menghidupkan Motor

Setelah kalian mendengar bunyi fuel pump, coba hidupkan motor. Jika semua langkah sebelumnya dilakukan dengan benar, motor seharusnya bisa menyala tanpa masalah.

6. Perhatikan Performa Motor

Setelah motor kembali menyala, coba rasakan performanya. Apakah semuanya berjalan lancar? Jika ada suara aneh atau performa motor terasa berbeda, mungkin ada masalah lain yang perlu kalian periksa.

7. Konsultasikan ke Bengkel

Jika kalian masih mengalami masalah setelah mengikuti langkah-langkah di atas, mungkin sudah saatnya konsultasi ke bengkel terdekat. Para ahli bisa memberikan solusi terbaik untuk masalah

Pentingnya Menjaga Fuel Pump

Fuel pump berperan penting dalam menjaga tekanan bensin tetap tinggi dan mengalirkannya ke injektor sesuai kebutuhan. Jika fuel pump mengalami kerusakan, aliran bahan bakar akan terhambat dan dapat menyebabkan masalah pada kinerja mesin.

Dengan memahami cara mengatasi motor injeksi yang mogok karena kehabisan bensin, kalian dapat menghindari kerusakan lebih lanjut pada motor. Jangan terburu-buru menyalakan motor, tetapi ikuti langkah-langkah di atas untuk memastikan performa optimal.

Cara Menangani Motor Injeksi yang Mogok

Kesimpulan

Jadi, jika motor injeksi kalian mogok karena kehabisan bensin, jangan khawatir berlebihan. Ikuti langkah-langkah di atas untuk mengatasi masalah tersebut. Dengan sedikit kesabaran dan ketenangan, kalian bisa kembali melaju di jalanan tanpa hambatan. Selamat berkendara!

Demikianlah artikel tentang Cara Menangani Motor Injeksi yang Mogok, yang kami rangkum untuk Anda. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan Anda.

 

 

Butuh Aksesoris motor? Jangan Lupa mampir di Onlineshop Kami Aufaproject.com, Tersedia beragam aksesoris Motor matick terbaru dan selalu update model-modelnya, Terimakasih

Sekian artikel kali ini dari saya. Terima kasih sudah membaca sampai habis. Jangan lupa untuk share artikel ini ke teman-teman kalian yang mungkin membutuhkan informasi ini juga. Sampai jumpa lagi di artikel menarik lainnya. Selamat Mencoba, Salam hangat dari saya

Baca Juga :   Motor Boros BBM? Cek Dulu Bagian-bagian Ini!

Artikel Terkait

Bagikan:

admin

Media Online Otomotif dan modifikasi motor

Tinggalkan komentar