Tips Aman Menaruh HP Pada Jok Motor

Tips Aman Menaruh HP Pada Jok Motor

Aufaproject46.com – halo sobat, Pada awalnya bagasi motor difungsiy untuk menyimpan barang-barang seperti peralatan servis, jas hujan hingga helm. Namun semakin lama fungsinya semakin luas. Semakin banyak pengendara memakai bagasi motor untuk menyimpan HP.

Perlu diketahui Handphone adalah perangkat elektronik, yang tentunya memerlukan cara khusus bila disimpan pada jok motor agar tidak terjadi Konsleting.

Seperti apa caranya ? Simak ulasan berikut ini:

Tips Aman Menaruh HP Pada Jok Motor

Ketahuilah Bahaya Menaruh HP pada Jok Motor

Menaruh Hp pada Jok Motor sebenarnya hal yang tidak disarankan, namun bila terpaksa anda harus tetap harus tahu konsekuensinya. Alat elektronik seperti HP bisa bertemu dengan suhu tinggi yang dihasilkan oleh mesin. Hal yang bisa terjadi adalah Konsleting dan lebih parah lagi adalah kebakaran.

Kebiasaan menaruh gadget pada garasi motor, membuat lifetime dari gadget akan lebih pendek. Interaksi dengan suhu panas bisa merusak komponen hp itu sendiri.

Handphone umumnya disimpan pada suhu 24 – 25 derajat Celcius, bandingkan dengan suhu jok motor yang bisa mencapai 50 derajat Celcius.

Kondisikan HP dalam keadaan off

Jika memang dalam kondisi darurat, harus menyimpan hp pada jok motor. Langkah awal yang perlu dilakukan adalah mematikan hp tersebut. Ini dilakukan agar aktivitas-aktivitas yang memicu panasnya suhu Hp bisa diminimalisir.

Hp bersuhu panas bisa bereaksi dengan, bagian tangki motor berisi minyak. Skenario buruk seperti kebakaran bisa terjadi. Maka dari meng offkan hp sementara adalah hal bijak, jika terpaksa ditaruh pada jok motor.

Cabut baterai handphone

Jika hp anda adalah hp lawas yang baterainya bisa dicopot, tips ini harus segera dilakukan. Apalagi kondisi baterai dalam kondisi melembung, jangan biarkan dekat-dekat dengan jok motor. Hindari hal-hal yang memicu suhu panas dari HP, simpan baterai pada tempat yang lebih aman.

Kondisi HP dalam kondisi tanpa baterai selama perjalanan, baru setelah sampai tempat tujuan, batera bisa ditempatkan lagi pada posisi semula.

Lapisi Hp agar tidak terkena benturan

Tips Aman Menaruh HP Pada Jok Motor

Selain karena faktor suhu, hal lain yang perlu diperhatikan saat menaruh Hp pada jok adalah resiko benturan. Ada baiknya menyimpan lapisan yang bisa meredam benturan saat dalam perjalanan. Lapisannya bisa berupa kain atau plastik.

Adanya lapisan Juga menghambat proses pertemuan panas antara hp dan mesin motor.

Tips tambahan agar lebih safety lagi adalah sering memantau hp pada sela-sela perjalanan. Jika kondisinya sudah mulai panas, jauhkan dulu dari bagasi motor. Baru setelah dingin bisa dimasukkan kembali.

Bagikan:

Tinggalkan komentar

/