Perbedaan Oli Mesin dan Oli Transmisi untuk Motor Matic

Perbedaan Oli Mesin dan Oli Transmisi untuk Motor Matic

Aufaproject46.com – Motor matic memang menjadi salah satu pilihan utama masyarakat. Selain irit bahan bakar minyak, motor matic ini di rasa lebih simpel pengoperasian nya dan cocok untuk semua umur. Untuk perawatan motor matic ini tidak tergolong sulit.

Salah satu perawatan untuk mktor matic ini adalah dengan secara teratur mengganti oli. Pastinya kita akan memberikan oli yang terbaik untuk motor kita.

Namun sebelum lebib jauh untuk lebih baiknya kita mengenal jenis oli mesin dan oli tranmisi untuk motor matic.

Perbedaan Oli Mesin dan Oli Transmisi

Mengganti oli sangat wajib di lakukan ketika waktunya. Oli sendiri memiliki peran yang penting dalam menjaga suhu di dalam ruang mesin. Kondisi oli yang baik juga akan berpengaruh baik ke motor.

Dan sebaliknya kondisi oli yang sudah buruk juga akan berpengaruh buruk ke motor bisa sampai merusak mesin dan bisa menganggu kenyamanan kita saat berkendara.

Untuk itu jangan sampai telat dalam mengganti oli untuk motor kita supaya hal hal yang tidak diinginkan tidak terjadi.

Di motor matic terdapat dua jenis oli. Berbeda dengan motor manual yang hanya menggunakan satu jenis oli mesin saja.

Kedua jenis oli ini memiliki peran dan fungsinya masing masing. Dan memiliki jangka waktu penggantian yang berbeda. Lalu apa sih yang membedakan antara keduanya?

1. Oli Mesin

Pada motor manual oli mesin ini berfungsi melumasi mesin lengkap dengan komponen komponen nya dan juga melumasi sistem tranmisi.

Perbedaan Oli Mesin dan Oli Transmisi

Nah berbeda pada motor matic, oli mesin ini hanya bisa di gunakan untuk melumasi mesin tidak termasuk sistem tranmisi. Biasanya oli mesin bisa di lakukan penggantian apabila sudah melewati 5.000km atau juga 3-4bulan sekali.

Tergantung menggunakan jenis oli apa. Sebaiknya untuk ikut petunjuk dari buku panduan dari dealer saja supaya lebih aman.

2. Oli Transmisi / Oli Gear

Nah berbeda dengan motor manual tadi yang menggunakan oli mesin sebagai pelumas sistem tranmisi secara bersamaan, di motor matic sistem tranmisi memiliki oli yang berbeda.

Oli tranmisi ini berfungsi melumasi sistem kerja tranmisi. Di dalam sistem tranmisi motor matic, terdapat banyak komponen yang selalu bergesekan.

Perbedaan Oli Mesin dan Oli Transmisi

Oleh sebab nya mengganti oli ini sangat wajib di lakukan agar komponen yang bergesekan tersebut dapat di dinginkan suhu nya oleh oli ini. Dan jangka waktu pergantian untuk oli ini biasanya sekitar 1 tahun atau setiap 15.000km.

Nah itulah tadi perbedaan dari oli mesin dan juga oli tranmisi. Jangan sampai salah dalam memilih oli ini ya keduanya memiliki peran serta fungsinya masing masing jadi jngan sampai salah.

Bagikan:
Avatar of Er.Sushil

Aufaproject. Media Online terkini, Seputar MotoGP, berita otomotif baru...

Tinggalkan komentar

/