Tips merawat kopling motor agar tidak cepat rusak

Tips merawat kopling motor agar tidak cepat rusak

Aufaproject46.com – Hallo sobat otomotif. Setiap sepeda motor itu memiliki spesifikasi referensi segmentasi dan tujuan yang berbeda-beda disesuaikan dengan konsumen. Seperti untuk pasar motor sport didominasi dengan jenis kopling manual. Bukan tanpa alasan, jenis kopling ini akan mempermudah raider untuk mencapai kecepatan yang mereka inginkan. Menurut data kebanyakan motor sport berkopling manual ini juga disukai anak muda.

Selain menggunakan pengguna juga harus tahu bagaimana cara merawat kopling motor secara benar. berikut ini adalah panduannya:

Tips merawat kopling motor

Rajin mengganti oli

Idealnya oli motor perlu diganti setiap 2000 KM perjalanan. Oli berperan untuk melumasi mesin, meminimalisir terjadinya gesekan antara mesin dan membuat pengeluaran hasil bahan bakar menjadi halus. Oli juga mempengaruhi kopling sehingga kinerjanya tidak terlalu berat.

rajinlah cek kondisi oli ketika kondisinya sudah kental atau keruh segera diganti. Jangan membiarkan hal tersebut terlalu lama karena ditakutkannya akan membuat mesin menjadi rusak kinerja kopling pun ikut tersendat.

Lakukanlah cek kanvas kopling

sudah menjadi keharusan jika anda memiliki motor berkopling pada bagian kanvasnya itu harus selalu dicek. Jika kanvas mengalami problem ini akan membuat gangguan pada mesin terutama pada saat proses transmisinya laju kendaraan bisa saja lebih lambat.

Bagian kanvas kopling itu harus selalu dicek secara berkala ketika kondisinya sudah aus atau rusak harus segera diganti. Cari carilah sparepart resmi yang terjamin agar kinerja motor pun tetap optimal.

Rajin bersihkan kopling

Tips merawat kopling motor

Pada situasi tertentu kopling bisa saja terasa seret, ketika Anda menarik terasa begitu. Jangan kaget hal ini bisa saja UIterjadi karena kondisi kabel kopling kering karena tumpukan kotoran. anda tidak perlu khawatir karena solusinya sangatlah simple Anda cukup untuk membersihkannya.

Anda bisa membersihkan kabel kopling dengan bantuan cairan pelumas anti karat. Masukkan cairan tersebut pada tuas handling dan lakukan Cara ini berkali-kali. Sampai kondisi kabel seperti semula. Kemudian lakukan tes apakah tarikan kopling sudah ringan atau belum.Jika sudah ringan cara ini berarti berhasil.

Pakailah bahan bakar beroktan tinggi

bahan bakar yang disarankan untuk menjaga kopling adalah yang memiliki kadar oktan setidaknya 90. Oktan yang tinggi membuat pembakaran menjadi sempurna sehingga mesin tidak meninggalkan residu. namun biasanya BBM per oktan tinggi ini bisa membuat mesin cepat panas. tapi untuk motor keluaran terbaru jangan khawatir karena sudah dilengkapi sistem pendingin mesin.

Butuh Aksesoris motor? silahkan cek saja website kami auaproject.com 

Bagikan:

Tinggalkan komentar

/