Cara Membersihkan Mesin Motor yang Benar

Ketika membersihkan motor, biasanya akan lebih fokus pada penampakan body motor. Sementara pada bagian mesin motor seringkali dilewatkan. Padahal, bagian mesin juga penting untuk dibersihkan, karena akan berpengaruh terhadap kondisi motor. Inilah mengapa perlu tahu cara membersihkan mesin motor dengan benar.

Kotoran dan debu yang menempel pada mesin bisa berpotensi menimbulkan korosi. Selain dapat mengurangi penampilan mesin, hal itu juga akan mengganggu performa mesin. Sebenarnya, pembersihan mesin motor bisa dilakukan sendiri tanpa perlu di bawa ke bengkel. Berikut ini cara membersihkan mesin motor yang bisa dilakukan di rumah:

1. Menyiapkan Peralatan yang akan Digunakan

Supaya memudahkan proses pembersihan mesin, perlu disiapkan terlebih dahulu peralatan yang akan digunakan. Hal ini, bertujuan untuk mengantisipasi banyaknya wara-wiri di saat sedang membersihkan mesin. Peralatan yang dibersihkan diantaranya adalah sikat gigi, kuas, kanebo, amplas, cairan pembersih, dan wadah.

2. Mencuci Motor Terlebih Dahulu

Setelah peralatan selesai disiapkan, kemudian motor sebaiknya dicuci dulu. Pencucian ini dimaksudkan supaya debu dan kotoran yang menempel pada permukaan motor akan hilang. Jika masih ada sisa kotoran, dikhawatirkan akan mengotori bagian mesin motor.

Selesai dicuci, sebaiknya permukaan body motor dikeringkan menggunakan lap. Pastikan air yang berada di permukaan dilap sampai kering. Tujuannya supaya mesin tidak akan terkena tetesan air nantinya.

3. Membersihkan Mesin Motor dengan Cairan Pembersih

Selanjutnya, bisa dimulai untuk membersihkan mesin motor. Pada tahap ini diperlukan cairan pembersih. Cairan tersebut bisa menggunakan detergen, sabun cuci piring, bensin, solar, cairan pembersih WC, asam cuka, bahkan blau. Pilih salah satu cairan pembersih yang ingin dipakai, lalu tambahkan air.

Apabila campuran cairan pembersih dan air telah tercampur, langkah berikutnya yaitu memoleskan pada bagian mesin. Namun, perlu diperhatikan baik-baik untuk menghindari bagian yang terdapat kabel elektrik. Supaya tidak terjadi konsleting apabila terkena air.

4. Menggosok Bagian Mesin dengan Sikat Gigi atau Kuas

Bagian mesin yang kotor digosok perlahan dengan menggunakan sikat gigi atau kuas. Sangat disarankan untuk menggosok dengan gerakan searah. Hal tersebut bertujuan supaya bagian permukaan mesin tidak rusak. Biasanya, akan memunculkan banyak goresan jika penggosokan dilakukan tidak searah dan dengan penekanan yang kuat.

Penggunaan sikat gigi ataupun kuas ini bisa menjangkau tempat-tempat yang sulit dan kecil. Pasalnya, kotoran dan debu memang banyak tersimpan pada tempat-tempat tersebut. Menyebabkan kerak-kerak dan karat yang bisa mengganggu penampilan dan kinerja mesin.

5. Memakai Amplas pada Bagian yang Susah Dibersihkan

Jika menjumpai bagian yang susah dibersihkan, bisa menggunakan amplas. Akan tetapi, cara mengamplasnya tidak disarankan terlalu kuat. Agar tidak meninggalkan bekas goresan pada permukaan mesin motor. Alternatifnya, bisa mencelupkan amplas terlebih dahulu ke cairan pembersih yang telah dilarutkan air sebelumnya.

6. Membersihkan dengan Air Bersih

Apabila semua kotoran dan debu sudah hilang dari permukaan mesin, langkah selanjutnya adalah membersihkannya dengan air bersih. Caranya, guyur seluruh permukaan mesin yang sudah dibersihkan. Setelah bersih, lap sisa-sisa air yang masih menempel pada mesin hingga benar-benar bersih.

Itulah, cara membersihkan mesin motor yang benar dan mudah. Tentu saja cara-cara tersebut bisa dilakukan sendiri di rumah. Tanpa motor harus dibawa ke bengkel. Di samping itu, peralatan yang digunakan juga cukup sederhana. Dengan begitu, kapanpun jika mesin motor terlihat sudah kotor, pemilik motor bisa membersihkannya sendiri dan menghemat pengeluaran.

 

Bagikan:

Tinggalkan komentar