Benarkah Salah Pilih Oli Bikin Bahan Bakar Boros?

Benarkah Salah Pilih Oli Bikin Bahan Bakar Boros?

Aufaproject46.com – Hallo sobat Otomotif, Apakah oli mesin benar-benar memengaruhi konsumsi bahan bakar kendaraan? Untuk memahaminya, yuk cari tahu mitos dan faktanya di sini.

Oli motor untuk kendaraan harus dipilih dengan hati-hati. Anda harus mengikuti jenis seperti yang disarankan dalam buku panduan. Pasalnya, salah memilih jenis oli mesin bisa menimbulkan banyak dampak negatif.

Risiko pemilihan pelumas yang salah untuk kendaraan Anda adalah kondisi mesin yang terlalu panas. Karena selain melumasi komponen mesin, oli pelumas juga bertugas untuk mendinginkan suhu tinggi yang dihasilkan saat mesin bekerja.

Jika spesifikasi pelumas tidak sesuai, maka dapat dipastikan efek thermal damping pelumas tidak sesuai dengan performa mesin. Akibatnya, suhu mesin naik lebih cepat.

Mesin yang terlalu panas dapat menyebabkan motor ataupun mobil mogok secara tiba-tiba, sehingga mesin sulit dihidupkan dan berisiko merusak komponen lainnya.

Selain itu, apakah pemilihan oli pelumas yang salah benar-benar menyebabkan kendaraan lebih boros bahan bakar? Berikut mitos dan fakta seputar memilih jenis oli.

Salah Pilih Oli, Bikin Boros Bahan Bakar?

Bukankah memilih jenis oli mesin sesuai rekomendasi pabrikan akan membuat kendaraan lebih boros? Ini fakta!

Setiap pabrikan wajib memberikan rekomendasi pelumas untuk produknya. Spesifikasi jenis oli mesin yang sesuai dapat ditemukan di manual pemilik kendaraan Anda.

Petunjuk Konsumsi Oli Dan Bahan Bakar

Mungkin Anda bertanya-tanya bagaimana pemilihan oli mesin yang salah dapat memengaruhi pemborosan bahan bakar kendaraan?

Harus diketahui bahwa tugas utama oli motor adalah untuk mengurangi koefisien gesek komponen seperti poros, bantalan dan beberapa bagian lain yang terus bergerak dalam jangka waktu tertentu.

Oli pelumas yang tidak sesuai dapat membuat kinerja mesin menjadi berat saat dijalankan. Efek langsung dari hal ini adalah lebih banyak bahan bakar yang dibakar dari yang seharusnya.

Selain itu, mitos dan fakta apa lagi yang sering beredar di masyarakat terkait pemilihan oli motor ataupun mobil?

Oli Mesin Mempengaruhi Suara Mesin

Salah Pilih Oli Bikin Bahan Bakar Boros

Ada juga yang berpendapat bahwa penggunaan oli yang tepat dapat membuat suara mesin menjadi lebih halus. Apakah itu benar? Ya, ini adalah fakta.

Karena fungsi utamanya adalah untuk melumasi bagian-bagian mesin, mengikuti oli yang direkomendasikan pasti akan berperan baik dalam melumasi, sehingga lebih ringan performanya. Ini memengaruhi suara yang lebih halus.

Sebaliknya, jika salah memilih oli pelumas mesin, performa mesin akan terpengaruh, gesekan yang ditimbulkan oleh piston mesin akan meningkat, dan suara akan menjadi lebih keras.

Apakah Semakin Kental Oli Semakin Baik?

Apakah Oli yang lebih kental benar-benar lebih baik daripada pelumas yang lebih encer? Ini tidak benar dan hanya mitos.

Pelumas yang lebih kental memang melindungi dengan lebih baik, tetapi memboroskan bahan bakar. Sementara oli yang lebih encer biasanya tidak melindunginya dengan baik, namun ia memiliki keuntungan meringankan kinerja mesin.

Namun harus diingat bahwa tingkat kekentalan yaitu konsistensi setiap pelumas dirancang untuk memenuhi kebutuhan banyak jenis mesin. Oleh karena itu, pemilihan kekentalan minyak pelumas harus memenuhi spesifikasi mesin motor atau mobil.

Pada mobil tua sebenarnya sesuai dengan kebutuhan mesin, disarankan menggunakan oli yang lebih kental. Padahal oli mobil terbaru yang digunakan cenderung lebih encer.

Faktor Yang Bikin Boros Bahan Bakar

Salah Pilih Oli Bikin Bahan Bakar Boros

Setelah membaca rumor dan fakta tersebut, pelajari beberapa faktor yang bisa membuat kendaraan Anda lebih boros bahan bakar.

Yang kedua adalah sering membawa barang berat. Motor atau Mobil yang sering kelebihan beban melebihi kapasitasnya bisa menjadi faktor meningkatnya konsumsi bahan bakar.

Yang ketiga adalah sering terlambat mengganti oli. Ini karena kualitas oli menurun seiring waktu. Jika penggantian terlambat, kualitasnya akan mempengaruhi mesin, mengakibatkan pemborosan bahan bakar, kerusakan komponen, dll.

Nah, setelah memahami fakta di atas, jangan remehkan pilihan oli pelumas, karena efeknya jelas membuat konsumsi bahan bakar kendaraan menjadi lebih boros.

Pilih oli motor yang paling cocok untuk kendaraan Anda dengan membeli dan menggantinya di bengkel resmi!

Butuh Aksesoris motor? Jangan Lupa mampir di Onlineshop Kami aufaproject.com, Tersedia beragam aksesoris Motor matick terbaru dan selalu update model-modelnya, Terimakasih

Bagikan:
Avatar of Er.Sushil

Aufaproject. Media Online terkini, Seputar MotoGP, berita otomotif baru...

Tinggalkan komentar

/