Ciri-Ciri Throttle Body Motor Bermasalah, & Cara mengatasinya

Ciri-Ciri Throttle Body Motor Bermasalah, & Cara mengatasinya

Aufaproject46.com – Hallo sobat otomotif, Hampir semua sepeda motor terbaru menggunakan teknologi injeksi, dan dengan teknologi injeksi, pengguna sepeda motor tidak perlu melakukan perawatan layaknya sepeda motor dengan teknologi karburator.

Maka tidak heran jika sepeda motor jetted memiliki nilai jual kembali yang lebih tinggi dibandingkan dengan sepeda motor karburator. Motor injeksi memiliki beberapa bagian penting salah satunya adalah throttle body atau biasa dikenal dengan TB.

Secara singkat throttle body pada sepeda motor memiliki fungsi untuk mengatur jumlah udara yang masuk ke ruang bakar, sehingga dapat disimpulkan jika terjadi masalah pada bagian ini maka akan berpengaruh pada performa mesin.

Karena throttle body memegang peranan yang sangat penting dalam performa sebuah sepeda motor, maka ketika bagian ini rusak atau rusak, kita sebagai pengendara sepeda motor tentu mengetahui tanda-tanda atau gejalanya. Lihat petunjuk di bawah ini untuk mempelajari lebih lanjut.

Apa itu throttle body sepeda motor

Ciri-Ciri Throttle Body Motor

Tidak semua pengguna sepeda motor mengetahui detail bagian-bagian kendaraan yang digunakannya, terkadang mereka hanya menggunakannya. Contoh komponen sepeda motor yang penting adalah throttle body yang berperan penting dalam proses pembakaran sepeda motor injeksi.

Throttle body pada sepeda motor merupakan komponen pada mesin injeksi yang berbentuk seperti karburator namun berfungsi untuk mengatur jumlah udara yang masuk ke ruang bakar mesin.

Banyak atau sedikitnya udara yang masuk ke ruang bakar tentunya akan mempengaruhi tenaga yang dihasilkan. Jika banyak udara yang masuk, maka tenaga yang dihasilkan juga begitu banyak, begitu pula sebaliknya. Jadi part ini perlu banyak diperhatikan karena akan mempengaruhi performa motor.

Fungsi Throttle Body

Throttle body berfungsi sebagai saluran utama yang dilalui udara sebelum dialirkan ke intake manifold. Jadi saat kita mengoperasikan throttle melalui gagang throttle, udara melewati bagian ini.

Udara yang masuk ke dalam komponen ini akan dikondisikan agar jumlah listrik yang dihasilkan sepeda motor sesuai dengan kebutuhan kita sebagai pengendara. Ketika ada banyak udara yang masuk, lebih banyak tenaga yang dihasilkan dan sebaliknya.

Bagian-bagian pada throttle body

Setelah memahami apa itu throttle body dan fungsinya, mari kita bahas bagian apa saja yang ada di dalam throttle body untuk memainkan peran tersebut. Setiap komponen terhubung satu sama lain.

1. Katup throttle

Bagian katup ini berfungsi untuk mengatur sistem buka tutup saluran utama yang akan dilalui udara sebelum masuk ke throttle body. Sistem dapat dinyalakan dan dimatikan sesuai dengan gerakan pedal gas. Ketika kita menginjak pedal gas, udara yang masuk bertambah, tetapi ketika kita melepaskan udara, udara yang masuk berkurang.

2. Sensor posisi throttle (TPS)

Throttle position sensor atau biasa disebut dengan TPS saja memiliki fungsi untuk mendeteksi bukaan throttle valve menggunakan potensiometer, komponen ini merupakan sensor dari sistem EFI.

Potensiometer adalah resistor yang mengubah gerakan mekanis menjadi tegangan. Output ini diteruskan ke electrical control unit (ECU) dengan memanfaatkan potensiometer yang menghasilkan tegangan. Kemudian ECU akan mengirimkan sinyal ke semua peralatan motor untuk bekerja.

Ciri-ciri throttle body bermasalah

Ciri-Ciri Throttle Body Motor

Setelah kita membahas hampir semua hal yang perlu diketahui tentang throttle body sepeda motor, selanjutnya kita akan membahas tanda-tanda masalah throttle body. Sebagai pengendara sepeda motor, setidaknya kita mengetahui tanda-tandanya. Simak penjelasannya di bawah ini.

1. Performa mesin menurun

Sebagai pengendara, tanda pertama yang langsung bisa kita rasakan adalah mesin sepeda motor yang kita gunakan mengalami degradasi, biasanya saat kita menginjak gas tapi mesin terasa berat. Dapat disimpulkan bahwa ada masalah pada throttle body sepeda motor kita.

2. Periksa apakah lampu mesin menyala

Throttle body merupakan salah satu part penting pada sepeda motor, sehingga jika terjadi masalah pada part ini akan menyebabkan lampu check engine menyala, karena ECU memberi sinyal bahwa throttle body mengalami kegagalan mekanisme, sehingga kita harus memeriksa sepeda motor kita segera kondisi mobilnya.

3. Traksi mesin berat

Masalah umum dengan throttle body adalah tertutupi oleh kotoran. Ini akan menjaga asupan udara tetap tertutup. Jadi, meski kami menarik gas ke kecepatan tertinggi, tarikannya terasa berat. Di luar itu, kami tidak bisa mencapai kecepatan tertinggi.

4. Mesin Brebet

Karena komponen ini berfungsi untuk mengatur volume udara yang keluar masuk ruang bakar, maka jika terjadi masalah maka volume udara yang keluar masuk akan menjadi tidak stabil. Ini akan menyebabkan mesin gagal. Jika dibiarkan, itu bisa memiliki efek yang lebih buruk di kemudian hari.

5. Ruang Bakar Kekurangan Pasokan Udara

Ciri-Ciri Throttle Body Motor

Jika bagian ini bermasalah atau rusak, dapat menyebabkan campuran bahan bakar yang “buruk”, di mana jumlah udara yang masuk ke ruang bakar lebih rendah dari biasanya.

Hal ini akan mempersulit mesin untuk berakselerasi, dan berpotensi mematikan mesin hingga mati saat mesin dalam keadaan panas atau idle. Pemicu yang memungkinkan hal tersebut terjadi adalah karena adanya kotoran pada throttle body.

6. Ruang Bakar Terlalu Banyak Pasokan Udara

Ciri-Ciri Throttle Body Motor

Terlalu banyak bahan bakar dan udara bisa menjadi masalah throttle body. Ini terjadi karena lebih banyak udara dari biasanya yang masuk ke ruang bakar.

Hal ini mengakibatkan kuantitas bahan bakar yang diinjeksikan oleh EFI injeksi bahan bakar tidak sesuai dengan rasio yang dibutuhkan. Hal ini akan berpengaruh pada mesin yang “brebet” saat kita berakselerasi.

7. Motor Jarang Di Servis

Tanda terakhir adalah karena pengguna sepeda motor jarang melakukan perawatan mesin pada kendaraannya seperti servis harian, jika hal ini terus berlanjut maka pasti ada yang salah dengan throttle body. Sebagai pemilik mobil, sudah sewajarnya kita melakukan perawatan rutin pada kendaraan kita.

Cara Mengatasi Masalah Pada Throttle Body

Ciri-Ciri Throttle Body Motor
Ciri-Ciri Throttle Body Motor

Setelah kita mengetahui tanda-tanda masalah throttle body, apa yang harus kita lakukan? Sebenarnya mengatasi masalah ini sangat sederhana, anda cukup melakukan service rutin seperti biasa, namun untuk service kita akan fokus pada bagian tersebut.

Nah itulah sedikit penjelasan mengenai ciri-ciri atau tanda-tanda throttle body sepeda motor bermasalah, semoga ulasan ini dapat menambah wawasan anda dalam dunia otomotif dan membantu anda ketika mengalami masalah throttle body sepeda motor.

Butuh Aksesoris motor? Jangan Lupa mampir di Onlineshop Kami aufaproject.com, Tersedia beragam aksesoris Motor matick terbaru dan selalu update model-modelnya, Terimakasih

Bagikan:
Avatar of Er.Sushil

Aufaproject. Media Online terkini, Seputar MotoGP, berita otomotif baru...

Tinggalkan komentar

/