Berikut Beberapa Tips Merawat Sepeda Motor Listrik, 

Beberapa Tips Merawat Sepeda Motor Listrik,

Aufaproject46.com – Hallo sobat Otomotif, Seiring perkembangan zaman, banyak orang yang menggunakan sepeda motor listrik sebagai alat transportasi untuk perjalanan sehari-hari. Pasalnya, penggunaan sepeda motor listrik dinilai lebih ramah lingkungan dibanding sepeda motor biasa.

Namun dengan terus bertambahnya pengguna kendaraan listrik, tidak adanya pengetahuan perawatan kendaraan listrik, sehingga kendaraan listrik selalu dalam kondisi terbaiknya. Meski tenaganya tidak sebanyak rata-rata sepeda motor.

Konsumen memilih menggunakan sepeda motor listrik, tentunya ada alasan yang kuat dan beragam. Seperti mengurangi polusi udara, meningkatkan efisiensi, mengurangi perawatan, dll.

Seperti yang kita ketahui bersama, sepeda motor listrik biasanya memiliki suku cadang yang jauh lebih sedikit dibandingkan sepeda motor tradisional. Selain karena sepeda motor listrik tidak membutuhkan oli mesin atau oli transisi, hal ini membuat minimnya perawatan pada sepeda motor listrik.

Sebagai pemilik sepeda motor listrik, setidaknya kita harus mengetahui cara merawat sepeda motor kita. Oleh karena itu, ulasan ini dibuat untuk memberikan informasi kepada khalayak luas tentang cara merawat sepeda motor listrik agar selalu dalam kondisi prima. Simak penjelasannya di bawah ini.

6 Tips perawatan sepeda motor listrik

Tips Merawat Sepeda Motor Listrik

Karena sepeda motor listrik biasanya memiliki suku cadang yang lebih sedikit daripada sepeda motor konvensional, hal ini membuat perawatannya lebih mudah. Berikut tips dan trik merawat sepeda motor listrik Anda.

1. Hindari mengemudi di daerah banjir

Keprihatinan dalam penggunaan sepeda motor listrik tentunya adalah keselamatan sepeda motor listrik saat menghadapi hujan atau banjir. Yang perlu kita ketahui adalah bahwa pabrikan telah memikirkan hal ini dengan matang. Dengan begini, kita tidak perlu khawatir apakah motor akan korslet dan membahayakan kita.

Pada saat yang sama, untuk menghindari berkendara di daerah banjir, hal ini tidak hanya dicapai oleh sepeda motor listrik, tetapi juga oleh sepeda motor biasa. Karena saat kita menerobos banjir yang cukup besar, bisa saja terjadi kerusakan pada bagian-bagian penting mesin.

2. Mengganti Van Belt Sesuai Anjuran

Ada dua jenis sepeda motor listrik, yang pertama menggunakan Van Belt, dan yang kedua menggunakan Drive Belt. Jika sepeda motor Anda menggunakan Van Belt untuk mengirimkan tenaga ke roda belakang sehingga sepeda motor dapat bergerak.

Sebagai pemilik kita harus mengganti belt pada jarak 3.000km, walaupun tarikan motor masih bagus, hal ini dilakukan untuk meminimalisir kejadian yang tidak diinginkan seperti belt putus.

3. Hindari mencuci motor dengan air bertekanan

Hal selanjutnya yang bisa kita lakukan adalah perawatan sepeda motor listrik, saat membersihkan sepeda motor listrik, demi keamanan komponen kelistrikan sebaiknya hindari penggunaan air bertekanan tinggi.

Meski sepeda motor listrik sudah didesain untuk menahan air, namun perlu kita ketahui bahwa terdapat kisi-kisi pemasukan udara di bagian bawah sepeda motor, yang bisa menjadi celah bagi air untuk merembes ke sistem kelistrikan sepeda motor.

4. Keluarkan baterai saat tidak digunakan

Jika sepeda motor sudah lama tidak digunakan, hal selanjutnya yang perlu kita lakukan adalah melepas aki. Namun sebelum melepasnya, kita harus mengisi penuh baterainya.

Hal ini dilakukan karena baterai akan habis sendiri saat motor tidak digunakan. Listrik diketahui tetap digunakan meski motor masih mati, misalnya untuk sirene sepeda motor.

5. Servis Rutin

Bagi kami para pemilik mobil, perawatan rutin sudah menjadi hal yang mendasar. Hal ini dilakukan untuk menjaga agar motor listrik kita tetap dalam kondisi prima dan memberikan kenyamanan saat berkendara.

Untuk perawatan harian sepeda motor listrik cukup dengan mengecek apakah rantai masih kendor, kemudian rutin mengecek tekanan ban dan mengecek kualitas aki. Dirancang untuk memberikan sepeda motor umur panjang.

6. Periksa sistem rem

Seperti sepeda motor pada umumnya, sangat penting bagi kita para pengendara untuk mengecek sistem pengereman. Karena terkait dengan keselamatan berkendara. Jangan lupa untuk memeriksa kampas rem depan dan belakang setiap 2 hingga 3 bulan sekali.

Jika kampas rem sudah habis dan rem sudah tidak nyaman digunakan, kami akan segera mengganti kampas rem di bengkel sepeda motor biasa atau bengkel yang anda percayai. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir kecelakaan dan meningkatkan kenyamanan berkendara.

Tips Merawat Sepeda Motor Listrik

Itulah seputar pembahasan tentang beberapa tips dan trik cara merawat motor listrik anda, dan semoga dengan ulasan ini dapat membuat motor listrik kesayangan anda awet.

Butuh Aksesoris motor? Jangan Lupa mampir di Onlineshop Kami aufaproject.com, Tersedia beragam aksesoris Motor matick terbaru dan selalu update model-modelnya, Terimakasih

Bagikan:
Avatar of Er.Sushil

Aufaproject. Media Online terkini, Seputar MotoGP, berita otomotif baru...

Tinggalkan komentar

/