Cara Ampuh Menghilangkan Karat Pada Pipa Knalpot Motor

admin

Cara Ampuh Menghilangkan Karat Pada Pipa Knalpot Motor

Aufaproject46.com – Hay sobat otomotif mungkin anda sedang mencari Cara Menghilangkan Karat Pada Besi Motor pada artikel ini kami akan mengupas tuntas tentang cara menghilangkan karat pada pipa knalpot motor.

Jika anda hampir tidak ada masalah dengan motor yang baru anda beli, ini adalah hal yang wajar. Namun setelah beberapa lama pemakaian, kualitas motor biasanya menurun.

Banyak masalah yang bisa terjadi pada sepeda motor, mulai dari perubahan performa mesin hingga perubahan body sepeda motor. Salah satu yang rawan adalah karat motor, terutama pipa knalpot.

Bodywork yang berkarat tentu sangat mengganggu tampilan. Motor terlihat kurang mengkilap dan tidak terawat. Selain itu, karat dapat merusak bagian – bagian besi motor seiring waktu. Oleh karena itu, sangat penting untuk mencari cara agar sepeda motor Anda tidak berkarat. Pasalnya, karat ini tidak akan bekerja jika hanya dicuci dengan air.

Jadi, apa yang dapat Anda lakukan? Semoga ulasan 5 cara menghilangkan karat pada motor berikut ini dapat membantu Anda tanpa harus ke bengkel.

1. Gunakan oli mesin bekas untuk menghilangkan karat pada motor

Menghilangkan Karat Pada Pipa Knalpot

Jika Anda mengganti oli mesin baru, jangan membuang oli mesin lama. Oli bekas masih berfungsi, dan voila! Anda dapat menggunakannya untuk menghilangkan karat di motor.

Baca Juga :   5 Rekomendasi Oli Mesin Honda Vario

Caranya adalah dengan mengoleskan oli secara merata pada besi motor yang berkarat. Biasanya, masalah ini terjadi pada komponen knalpot seperti pipa knalpot dan leher.

Setelah knalpot di olesi dengan rata, mesin sepeda motor harus dihidupkan dan dibiarkan memanas selama beberapa menit. Akibat suhu yang tinggi, oli langsung bereaksi dan melarutkan karat pada pipa knalpot.

Ternyata, bukan hanya bagian luar knalpot saja yang bisa dibersihkan dengan oli bekas. Anda juga bisa memasukkan oli bekas secukupnya ke dalam ventilasi. Jangan khawatir lubang knalpot akan berasap karena suhu tinggi.

2. Gunakan stempet untuk menghilangkan karat pada motor

Menghilangkan Karat Pada Pipa Knalpot

Salah satu dari 5 cara lain untuk menghilangkan karat pada sepeda motor Anda adalah dengan menggunakan stempet atau oli. Stemper adalah cairan yang sangat kental, seperti gel, dan licin. Stempet sudah tidak asing lagi bagi mereka yang senang memperbaiki motor, karena sering digunakan untuk melumasi suku cadang kendraan.

Kelengketan stempet membuatnya menempel pada bagian yang dilumasi lebih lama dari pada minyak. Biasanya, stamping digunakan untuk mencegah karat pada bagian rangka sepeda motor yang tidak sempat dicat ulang. Stempet juga dapat diterapkan pada rangka sepeda motor, karena gesekan dengan bodywork atau jok dapat merusak cat.

Namun harap diperhatikan bahwa stempetnya cukup lengket sehingga mudah kotor. Jadi, sebaiknya jangan menggunakan stempet pada rantai sepeda motor karena akan memperpendek umur rantai.

3. Menghilangkan karat pada motor dengan Pertamax Plus

Menghilangkan Karat Pada Pipa Knalpot

Selain itu, Pertamax Plus juga bisa digunakan untuk membersihkan karat pada besi motor. Caranya adalah dengan mencampurkan Pertamax Plus dengan solar dengan perbandingan 1:2.

Setelah itu oleskan campuran tersebut pada bagian motor yang sudah berkarat dan gosok dengan sikat gigi. Karat dijamin bisa dibersihkan dalam waktu singkat.

Baca Juga :   Cara Mengatasi Sensor O2 yang Rusak

4. Gunakan pembersih keramik untuk menghilangkan karat pada motor

Menghilangkan Karat Pada Pipa Knalpot

Ingin lebih banyak pilihan? Anda bisa menggunakan pembersih keramik merek apa pun untuk menghilangkan karat dari motor. Caranya adalah dengan mengoleskan pembersih keramik pada bagian motor yang berkarat, terutama pipa knalpot. Kemudian, jeda sejenak. Setelah itu, gosok bagian yang berkarat dengan sikat gigi hingga hilang.

Namun, perlu Anda ketahui bahwa pembersih keramik juga bisa berdampak buruk pada blok mesin sepeda motor Anda. Oleh karena itu, sebaiknya hindari penggunaan cairan ini pada bagian ini.

5. Gunakan pasta gigi untuk menghilangkan karat pada motor

Menghilangkan Karat Pada Pipa Knalpot

Pasta gigi tidak hanya berguna untuk membersihkan gigi, tetapi juga bisa digunakan untuk membersihkan knalpot motor yang dikrom. Pasta gigi konon bisa menghilangkan karat yang menempel di bagian motor.

Caranya sangat sederhana, yaitu mengoleskan pasta gigi pada bagian yang akan dibersihkan. Tunggu beberapa saat, lalu bersihkan dengan lap. Lakukan cara ini beberapa kali hingga terlihat hasilnya.

Bersihkan dengan hati-hati!

Jelas, ada banyak cara untuk menghilangkan karat dari bagian-bagian motor. Namun, jangan lupa berhati-hati dengan bahan apapun yang Anda gunakan karena justru berisiko merusak sepeda motor Anda.

Cara menghilangkan karat juga harus lembut dan halus, agar tidak menimbulkan korosi pada permukaan sepeda motor dan membuatnya tidak sedap dipandang.

Jika proses penghilangan karat motor sudah selesai dengan bahan-bahan tersebut, sebaiknya motor dicuci lagi dengan air.

Hal ini dilakukan untuk menghindari resiko kontaminasi material yang dapat merusak komponen motor secara permanen.

Nah, itulah 5 cara menghilangkan karat pada motor di rumah sendiri. mudah, bukan? Bahan-bahan yang digunakan juga mudah ditemukan di sekitar kita. Selamat Mencoba semoga berhasil!

Baca Juga :   Cara Mudah Melepas Stiker Motor Bawaan Pabrik

Butuh Aksesoris motor matic? Jangan Lupa mampir di Onlineshop Kami aufaproject.com, Tersedia beragam aksesoris Motor matick terbaru dan selalu update model-modelnya, Terimakasih

Artikel Terkait

Bagikan:

admin

Media Online Otomotif dan modifikasi motor

Tinggalkan komentar