Ketahui Bagaimana Cara Merawat Mobil Tua agar Tetap Awet

Ketahui Bagaimana Cara Merawat Mobil Tua agar Tetap Awet

Merawat Mobil Tua
Merawat Mobil Tua

Ketahui Bagaimana Cara Merawat Mobil Tua agar Tetap Awet – Aufaproject46.com Hallo Masbro, Meskipun merukapan kendaraan dengan mesin yang sudah tua, namun mobil tua tetap harus dijaga agar tetap awet. Jangan sampai beralasan karena mobil sudah tua, Anda tidak merawatnya dan sembarangan dalam menggunkannya.

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat mobil yang sudah tua tetap awet dan nyaman untuk digunakan. Cara tersebut juga mudah dan bisa Anda lakukan secara rutin tanpa perlu usaha yang besar, berikut adalah beberapa diantaranya:

  1.  Selalu Cek Mesin

MobilLangkah pertama adalah mengecek mesin mobil agar tetap berfungsi dengan baik dan dapat digunakan untuk berkendara. Mobil yang sudah tua umumnya mudah mogok karena umur mesin yang sudah tua. Ia juga bisa rusak tiba-tiba karena komponen yang digunakan sudah rapuh.

 

Cara mudah dalam merawat mobil tua adalah dengan memperhatikan setiap komponen mesin yang ada didalamnya. Jika memang rusak atau sudah rapuh, maka Anda haru segera menggantinya dengan komponen yang baru.

 

  1. Mengganti Oli secara Rutin

Oli merupakan aspek penting dalam mesin mobil, ia juga bisa membuat sebuah mobil bisa berjalan secara dengan lancar. Jika biasanya oli mobil diganti tiap 3 ribu kilometer sekali, maka mobil yang sudah tua harus diganti olinya tiap 2.500 kilometer.

 

Ini dilakukan agar tingkat emisi yang dimiliki oleh mesin mobil tersebut dapat ditekan seminimal mungkin. Penggantian oli mobil juga bisa meringankan beban kerja dari mesin mobil, karena oli dapat berjalan dengan baik dan ringan. Pilih kekentalan oli yang sesuai dengan mobil, sehingga bisa memberikan manfaat yang maksimal.

 

  1. Lihat Kaki Kaki pada Mobil

Kaki-kaki mobil yang tua juga perlu diperhatikan agar tidak rusak, karena usianya yang sudah tua, maka kekuatan kaki-kaki juga menurun. Mobil yang sudah tua harus diusahakan untuk tetap dalam kondisi prima, mulai dari tie rod, ball joint, hingga bushing arm yang dimiliki. Cara merawat mobil tua harus teliti dan tekun, sehingga tidak rusak di waktu yang bersamaan.

 

Jika Anda mendengar suara yang aneh ketika menjalankan kaki-kaki mobil, maka perlu diperhatikan apakah terdapat besi yang saling berhimpit dan mengakibatkan mobil sulit berjalan. Jika memang sudah rusak, Anda bisa mengganti kaki-kaki mobil dengan yang baru.

Selain mesin yang harus dirawat, jangan lupa untuk tetap merawat tampilan fisik mobil, yakni bagian interior dan eksterior. Misalnya, Anda mengganti jok tersebut agar lebih nyaman ketika digunakan bepergian lebih jauh. Tentunya untuk merawat bagian interior dan eksterior Anda membutuhkan budget yang cukup.

Semoga informasi mengenai cara merawat mobil tua tersebut dapat membantu Anda, terutama yang ingin merawat mobilnya yang sudah tua agar tetap bisa prima jika digunakan berkendara.

Bagikan:

Tinggalkan komentar