Spul Motor Bermasalah? Simak Ciri-Cirinya

Spul Motor Bermasalah? Simak Ciri-Cirinya

Aufaproject46.com – hay sobat otomotif, Alternator atau yang biasa dikenal dengan spul berperan penting dalam daya listrik motor. Oleh karena itu, Anda harus memahami ciri-ciri kumparan motor yang lemah.

Lampu motor yang redup bisa menjadi tanda spul motor yang lemah. Selain itu, ada beberapa fitur lain yang harus Anda ketahui. Sebelum melangkah lebih jauh tentang masalah ini, ada baiknya untuk mengetahui tentang alternator atau spool terlebih dahulu.

Apa itu kumparan motor? Secara visual, komponen tersebut berbentuk seperti kumparan. Alternator atau gulungan dibuat. Hal ini dikarenakan jumlah lilitan kawat tembaga pada komponen berpengaruh besar terhadap besarnya induksi yang diinduksi.

Hal ini juga mempengaruhi besarnya tegangan dan kuat medan magnet yang dihasilkan, yang juga mempengaruhi besarnya daya listrik yang dihasilkan.

Singkatnya, gulungan pada sepeda motor berfungsi sebagai generator, yang kemudian didistribusikan ke aki atau akumulator. Tenaga dari aki kemudian dikembalikan sebagai sumber tenaga untuk menyalakan lampu, klakson dan starter sepeda motor.

Dengan begitu, Anda pasti tahu betapa pentingnya genset atau spool bagi sepeda motor yang sangat membutuhkan tenaga yang cukup untuk menggerakkannya.

Seperti yang dikatakan oleh mekanik HRS Motor Haris Setiawan, ada beberapa ciri yang bisa Anda ketahui atau rasakan saat spool motor Anda lemah atau rusak.

“Kami bisa merasakan beberapa ciri spul motor, salah satunya aki yang terlihat tekor,” ujar pria yang akrab disapa Viray itu.

Ciri-ciri Spul Motor rusak

Spul Motor Bermasalah
fungsi spul motor

Ciri-ciri spul Sepeda Motor Rusak dapat kita kenali dengan mudah, karena jika spul sepeda motor rusak maka kita dapat langsung merasakan efeknya saat mengendarai sepeda motor.

Kumparan yang rusak sebenarnya bisa diperbaiki, namun tidak semua orang bisa melakukannya. Cara yang bisa dilakukan adalah dengan membuka spul motor dan membersihkan area coil atau spul.

1. Sering kekurangan air

Spul motor harus sudah terendam oli, karena oli berfungsi sebagai pendingin spul selain sebagai pelumas mesin. Jika oli kurang maka pendinginan spul tidak akan optimal. Jika ini berlangsung lama, gelendong akan terbakar.

2. Spul Motor kotor

Spul Motor Bermasalah

Spul yang kotor juga dapat menyebabkan spul motor melemah sehingga menjadi kering. Bila spul motor sudah kering dan bercampur air, lama kelamaan akan berkarat. Jika magnet kotor, apalagi tertutup debu tebal, akan menghalangi sinyal dari generator pulser.

3. Aki Serasa Melemah, yang merupakan manifestasi dari kelemahan spul motor

Spul Motor Bermasalah

Padahal, ketika suplai daya aki sepeda motor tidak normal, atau bahkan tidak mampu mengalirkan tenaga, bukan berarti aki tekor atau mati. Jika tidak ada yang salah dengan baterainya, masalahnya bisa jadi spul motor tidak bekerja maksimal, atau bahkan rusak, kata Viray.

“Jadi saat baterai sepertinya bukan lagi pilihan terbaik untuk menyediakan tenaga. Sebenarnya baterainya tidak rusak, mungkin ada masalah dengan spulnya,” jelas Viray.

Viray menjelaskan bahwa hal ini bisa dicek dengan mengecek voltase aki. Selain itu, periksa rakitan spool. Jika Anda melihat sesuatu yang terbakar pada spul, komponen mungkin mulai gagal.

4. Lampu Redup hingga mesin sepeda motor tidak mau hidup

Masih menggunakan karakteristik spool motor injeksi bahan bakar karburator yang lemah dibandingkan injeksi penuh.

Viray mencontohkan motor Suzuki Thunder 250 cc dan Suzuki Inazuma. Diantaranya, Suzuki Thunder 250 cc masih menggunakan injeksi bahan bakar model karburator, sedangkan Suzuki Inazuma menggunakan full injeksi.

Pada motor Suzuki Thunder 250 cc yang masih menggunakan karburator, ciri spool yang lemah dapat dikenali dari tenaga listrik motor yang juga lemah. Misalnya lampu meredup dan klakson tidak berbunyi lagi hingga elektrik starter yang tidak berfungsi lagi menghidupkan sepeda motor.

Spul Motor Bermasalah

Namun, mesin sepeda motor masih dapat dihidupkan dengan menggunakan kick starter atau dengan memasukkan gigi. Namun berbeda dengan saat keadaan spul masih normal, tenaga motor juga terasa lemah.

Dan pada Suzuki Lightning yang disemprot penuh, sepeda motor benar-benar tidak mau hidup. Bahkan semua bagian yang membutuhkan aliran listrik tidak bisa dihidupkan.

Pasalnya, sepeda motor full jetted memang membutuhkan sistem kelistrikan yang sehat, dan tenaganya memang berasal dari aki. Nah, aki juga mendapatkan tenaganya dari spool atau alternator.

“Motor listrik itu sangat penting, mulai dari ECU, starter, lampu hingga klakson diambil dari aki. Kalau spul lemah, aki tidak mau mengisi dan tetap kosong. Akibatnya motor tidak mau hidup. Segala sesuatu yang membutuhkan daya mati karena baterai mati, karena spul tidak lagi mengisi baterai, ”kata Viray.

5. Spul Motor terlihat gosong

Selain gejala di atas, Anda juga bisa langsung melihat kondisi alternator atau spool. Kumparan motor memiliki sifat yang lemah atau rusak, koil terlihat terbakar atau belitan putus.

Alternator atau spul yang disuplai oleh Viray dapat terbakar karena beban listrik yang berat. Penggunaan aksesoris motor listrik yang berlebihan dapat menyebabkan spul motor terbakar.

“Spul yang lemah biasanya disebabkan oleh pemakaian aksesoris yang over power seperti lampu sorot, klakson bahkan sekarang beberapa sepeda motor sudah ada pemutar musiknya. Jika tidak sesuai dengan kapasitas daya yang dihasilkan oleh spool, akibatnya spool akan memanas dan terbakar,” jelas Viray.

Viray menambahkan bahwa Anda harus menghindari aksesori yang haus daya berlebihan yang dapat menyebabkan masalah pada gulungan motor Anda.

Sehingga ketika spul motor Anda mulai melemah atau putus, Anda bisa melihat ciri-ciri tersebut.

6. Kesalahan pengguna motor

Terkadang spul motor rusak karena kesalahan atau kecerobohan pengemudi sendiri. Tidak ada perhatian yang diberikan untuk memasang motor dari spul karena terlalu banyak lampu yang dipasang. Ketidakseimbangan beban yang digunakan antara pengisian dan penggunaan.

Jika dibiarkan lama kelamaan spul akan terbakar sehingga menyebabkan kerusakan pada spool dan menyebabkan sepeda motor gagal start. Jadi jika kita akan memasang banyak lampu, kita juga harus mengupgrade sistem kelistrikan pada sepeda motor, jangan asal tempel.

Maka dari itu, ketika memodifikasi spul, pastikan melihat spek awal spul yang digunakan. Setelahnya perlu juga diketahui berapa batas maksimal spul ini bisa ditingkatkan. Karena spul berhubungan langsung dengan kelistrikan maka kerusakan spul bisa menjadi berbahaya untuk motor. Berikut Tips Cara menjaga spul motor agar tetap awet

Bagi yang ingin mengetahui informasi terbaru dan terlengkap seputar dunia otomotif, pantau terus aufaproject46

Butuh Aksesoris motor matic? Jangan Lupa mampir di Onlineshop Kami aufaproject.com, Tersedia beragam aksesoris Motor matick terbaru dan selalu update model-modelnya, Terimakasih

Bagikan:
Avatar of Er.Sushil

Aufaproject. Media Online terkini, Seputar MotoGP, berita otomotif baru...

Tinggalkan komentar

/