Mengatasi Lmpu Motor Redup Menggunakan Relay

Lampu Motor  Redup? Berikut Trik Mengatasi Lmpu Motor Redup Menggunakan Relay

Mengatasi Lmpu Motor Redup Menggunakan Relay

Aufaprokect46.com – Hay sobat otomotif, Lampu sepeda motor sebenarnya sudah di setting oleh pabrikan dan juga di uji pada kendaraan agar lampunya sesuai standar.

Namun masih banyak para pengendara yang sering mengotak-atik motornya dengan tujuan akan membuat lampu motornya lebih terang.

Berbagai cara dilakukan agar lampu sepeda motor lebih terang dari lampu standar. Salah satu caranya adalah dengan menambahkan dua buah relay pada lampu sepeda motor.

Pada prinsipnya cara ini hanya untuk mengurangi hambatan pada rangkaian lampu depan.

Sebelum saya menjelaskan trik menggunakan relay untuk membuat lampu motor lebih terang, alangkah baiknya jika kita membahas cara kerja relay. Relay biasanya memiliki 4 terminal, 85, 86, 30 dan 87.

Relay memiliki dua bagian, elektromagnet dan kontak. Terminal 85 dan 86 dihubungkan ke elektromagnet, sedangkan terminal 30 dan 87 dihubungkan ke kontak. Lebih jelasnya dapat dilihat pada gambar relay dibawah ini.

Cara kerja rele adalah pada saat arus mengalir ke 85 dan 86 (-) yang ditanahkan. Maka elektromagnet akan menjadi magnet. Magnet menarik titik kontak (terminal 87), menghubungkan terminal 30 dan 87. Jadi pada dasarnya relay adalah saklar elektromagnetik

Setelah kita memahami cara kerja relay, selanjutnya kita akan mulai melakukan beberapa trik mencerahkan lampu sepeda motor dengan menggunakan relay.

Mengatasi Lmpu Motor Redup Menggunakan Relay
Relay 4 Kaki

Tips supaya lampu motor lebih terang menggunakan Relay

Berikut langkah-langkah trik membuat lampu motor lebih terang dengan menggunakan relay.

  1.  Siapkan 2 relay terlebih dahulu (biasanya terbuka)
  2.  Terminal 30 dihubungkan ke kutub positif aki (bisa dicabut dari kabel di depan saklar utama lampu depan)
  3.  Hubungkan terminal 87 ke terminal lampu utama (jarak dekat)
  4.  Hubungkan terminal No. 85 ke saluran proximity switch (saluran dari jarak dekat ke lampu terputus)
  5.  Hubungkan terminal 86 ke negatif.
  6.  Lakukan langkah-langkah di atas untuk relai kedua lampu jarak jauh.
Trik Membuat Lampu Motor Lebih Terang Menggunakan Relay
Tips supaya lampu motor lebih terang menggunakan Relay

Jadi pada dasarnya arus utama yang masuk ke lampu tidak melalui saklar, melainkan langsung dari baterai ke lampu melalui jumper.

Saklar lampu hanya digunakan untuk mengaktifkan elektro magnet pada relay. Dengan cara ini, resistansi rangkaian lampu depan lebih kecil, dan lampu menyala lebih terang.

Cukup mudah kan? dengan memperhatikan langkah langkah di atas saya yakin masbro sekalian bisa memaksimalkan penerangan lampu motornya cukup menggunakan relay.

Nah itulah masbro sedikit pembahasan tentang Trik Membuat Lampu Motor Lebih Terang Menggunakan Relay. semoga bermamfaat, sekian dan terimakasih

Bagikan:

Tinggalkan komentar

/