Cara Membuat Kunci Rahasia Sebagai Pengaman Pada Sepeda Motor

Cara Membuat Kunci Rahasia Sebagai Pengaman Pada Sepeda Motor

Aufaproject46.com – hay Sobat otomotif, Pencurian sepeda motor memang sering terjadi akhir-akhir ini. Lakukan berbagai pola untuk mengecoh pemilik sepeda Motor.

Kunci Rahasia Sebagai Pengaman

Sebagai pemilik motor, kita perlu waspada terhadap aksi – aksi pencurian, Menggunakan kunci stang saja tidak cukup untuk menjaga kendaraan Anda aman dari pencurian. Untuk itu diperlukan pengamanan khusus untuk mencegah terjadinya pencurian sepeda motor.

Padahal, banyak sekali alat pengaman sepeda motor yang beredar di pasaran. Namun, harganya yang terlalu tinggi, membuat calon pembeli berpikir dua kali.

Jika Anda ingin menjaga kendaraan Anda dari tangan pencuri tanpa menghabiskan banyak uang, mungkin langkah berikut ini bisa menjadi pilihan alternatif. Cara membuat kunci rahasia sebagai pengaman sepeda motor mudah dilakukan.

Pada dasarnya cara ini hanya memutus dan menyambungkan arus dari CDI ke koil pengapian. Oleh karena itu, jika kunci pengaman tidak diaktifkan, busi tidak akan menyala dan mesin tidak akan hidup. Nah, tanpa basa-basi lagi, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

Cara ampuh Membuat Kunci Rahasia Sebagai Pengaman Motor

  1. 1. Siapkan bahan pembuatan kunci pengaman sepeda motor terlebih dahulu. Bahan termasuk relai 6 atau 8 kaki, kabel, sakelar, solder, dan timah
  2. 2. Susun semua bahan seperti gambar di bawah ini.

Kunci Rahasia Sebagai Pengaman

  1. 3. Terminal B dan C pada gambar adalah terminal 85 dan 86 pada relai. Sedangkan terminal D dan E adalah terminal 30 dan 87 pada relai.
  2. 4. Pada sakelar A, Anda dapat menggunakan lampu sein (reting) atau klakson. Sakelar ini merupakan sakelar utama, sehingga jika sakelar ini tidak diaktifkan, maka sepeda motor Anda tidak dapat dihidupkan.
  3. 5. Letakkan sakelar H di tempat yang paling tersembunyi. Saklar H hanya digunakan sebagai bypass ketika kunci pengaman tidak berfungsi.

Prinsip kerja rangkaian kunci pengaman sepeda motor adalah sebagai berikut. Saat kunci kontak on, arus hanya mengalir ke terminal D. Hanya ketika sakelar A (lampu sein/klakson/sesuai keinginan) diaktifkan, arus akan mengalir ke koil relai (B), menciptakan magnet.

Gaya magnet akan menghubungkan terminal D dan E, sehingga meskipun saklar A ditutup, arus tetap mengalir ke koil relai. Terminal F dan G sekarang terhubung sehingga arus dari CDI dikirim ke koil pengapian.

Nah itulah masbro cara membuat kunci Rahasia Sebagai pengaman pada sepeda motor. Diharapkan dengan adanya pengamanan ini dapat mengurangi pencurian sepeda motor yang sudah terjadi. Semoga Bermamfaat

Bagikan:

Tinggalkan komentar

/