Penyebab Sekring Motor Sering Putus

Penyebab Sekring Motor Sering Putus

Aufaproject46.com – Hallo sobat otomotif, Sekring punya peran vital sebagai pengaman motor dari resleting listrik. Cara kerjanya dengan memotong listrik secara otomatis agar tidak menyebar di komponen lain. Sekring juga menjadi sensor untuk mengukur sistem kelistrikan pada motor. Jik tidak ada komponen ini motor bisa saja mogok.

Penyebab Sekring Motor Sering Putus

Masalahnya adalah ketika sekring Rusak, apa sih yang jadi penyebabnya ? Kami akan membahasnya dalam artikel ini:

Kondisi sekring yang perlu diganti adalah ketika kondisi kawatnya sudah terms usia sehingga mudah terkoyak. Anda juga bisa melihat lampu klakson, bila tidak bisa dibunyikan kemungkinan sekring motor rusak.

Beban Listrik Berlebih

Alasan Sekring rusak biasanya karena beban listrik yang terlalu banyak. Dalam jangka lama Sekring bisa terputus, dalam kondisi parah bisa terbakar dan meleleh. Dalam situasi ini diharapkan Sekring bisa dicarikan yang baru.

Arus listrik besar bisa terjadi karena kabel memiliki daya voltase kecil sehingga tidak cukup menampung keseluruhan daya listrik motor. Solusinya adalah cari kabel sekring yang sesuai daya kelistrikan motor. Untuk pemasangan bisa diserahkan kepada teknisi resmi motor yang anda gunakan.

Terjadi Konsleting Listrik

Faktor arus pendek listrik menjadi penyebab kedua Sekring motor rusak. Arus listrik menimbulkan Konsleting seperti timbulnya percikan api dan kebakaran. Penyebabnya karena arus listrik berjalan tidak normal.

Dalam kondisi terburuk resleting bisa menghancurkan sekring sampai tidak bisa terpakai. Menghindari resiko diperlukan pengecekan secara rutin. Jika sudah muncul tanda Konsleting segera lakukan perbaikan, agar tidak menyebar pada komponen motor lain.

Penyebab Sekring Motor Sering Putus

Kualitas dan Tebal Sekring

Saat sekring tidak bisa digunakan seperti biasa patut dicurigai karena faktor kualitas Sekring motor Itu sendiri. Sekring yang tidak bagus memiliki material yang gampang rusak dan tidak memiliki ketebalan yang cukup untuk penggunaan jangka panjang. Sekring yang tipis bisa diketahui saat pemasangan biasanya terlihat longgar.

Pilihlah sekring yang tebal untuk meminimalisir terjadinya resleting. Tidak apa mengeluarkan dana yang lebih mahal untuk mendapatkan produk yang aman dan berkualitas.

Serangan Hewan

Penyebab terakhir Sekring motor hancur adalah serangan hewan. Contohnya adalah serangan tikus, hewan ini memang gemar merusak benda dengan gigitannya. Jadi anda harus sering melakukan cek dibagian box. Kalau kondisinya acak-acakan dan ditemukan kabel putus bisa dipastikan bahwa serangan hewan lah yang membuat sekring rusak.

Bagikan:
Avatar of Er.Sushil

Aufaproject. Media Online terkini, Seputar MotoGP, berita otomotif baru...

Tinggalkan komentar

/