Honda Vario Baru 2 Bulan Turun Mesin?

Honda Vario Baru 2 Bulan Turun Mesin?

Aufaproject46.com Hallo Sobat Otomotif, Tidak sengaja nemu Postingan di grup, Ada seorang pengguna vario yang lagi sharing tentang motor honda Vario nya yang di beli baru 2 bulan turun mesin, Kok bisa Motor baru dua bulan turun mesin? Di kutip Dari sebuah Grup Vario Di Facebook, Berikut isi Postinganya

Kronologi Honda Vario Baru 2 Bulan Turun Mesin

Honda Vario Baru 2 Bulan Turun Mesin

#repost kemarin
#sharing
Mohon masukan dan pencerahan (tips motor awet) sebagai pengalaman om
Motor gress baru dipakai 2 bulan turun mesin.

Radiator bocor, tidak segera ditangani, suara mesin kasar, turun mesin
Kronologi:
– Pemakaian 1 bulan pertama aman2 aja. Kilometer mendekati 1000 saya serviskan di bengkel resmi (memanfatkan gratisan servis gratis 4 kali).

Honda Vario Baru 2 Bulan Turun Mesin

Setelah pemakaian 2 minggu, indikator radiator sering muncul, buat nanjak ada suara rek pada mesin. Aku tanyakan pada temanku (ahli bengkel) katanya suara mesin kasar+radiator habis. Aku kembalikan ke bengkel resmi kemudian di cek sampai dikeroyok banyak orang, 3-5 orang (foto 2).

Setelah dicek, katanya suara kasar berasal dari roler yang kurang tepat. Kemudian dicek kembali saya diperlihatkan radiator saya bocor dan menetes cukup banyak.

Katanya bengkel resmi bisanya servis habis lebaran, kalo sekarang tidak bisa katanya.
– Setelah itu motor tak bawa pulang (30km), seperempat perjalanan indikator radiator muncul + suara mesin makin kasar.

Karena panik, radiator saya isikan air (darurat). Kemudian saya mampir bengkel langganan dekat rumah saya untuk beli air radiator, setelah di isi bocor netes lagi.

Honda Vario Baru 2 Bulan Turun Mesin

Si bengkel langgananku langsung dicek dan ketahuan kalo bagian selang ada yang bocor (foto 3&4) sepertinya dari pihak bengkel resmi selangnya Cuma di lem saja(ada bekas lem), kemudian diganti yang baru.

– Setelah itu tak pakai 2 harian, suara masih kasar + radiator masih sering habis dan keluar dari saluran selang pembuangan, tak kembalikan bengkel langgananku. Dan nyuruh untuk ditinggal (proses 2-3 hari).

Honda Vario Baru 2 Bulan Turun Mesin

Setelah 3 hari saya cek kembali ke bengkel langganan ternyata ketahuan bahwa radiator nyampur ke oli mesin. Dan untungnya seher masih aman(foto 5). Dan sekarang ini masih dalam pengerjaan.

FYI: bukan sekali ini turun mesin, dulu pernah servis di bengkel resmi di motor yang berbeda (servis sepul) lupa di isi oli. Alhasil mesin nyingsek, setelah di isi oli, mesin suara kasar.

Dikembalikan ke bengkel resmi hanya di kencangkan rantai kampratnya saja. Lalu mesin ngebul, Tak serahkan ke bengkel langgananku, disuruh turun mesin.

Kesimpulanya

Berhati hatilah memilih bengkel untuk motor kesayngan anda, sekalipun itu bengkel resmi kita harus jelih dan tetap hati-hati, terkadang di bengkel resmi motor kita malah di buat praktek anak baru masuk kerja alias Magang, Namun itu hanya sebgian Bengkel Resmi, Masih banyak kok Beres yang masih mengutamakan Kualitas dan pelayanan,

Tips Memilih Bengkel Motor Yang Bagus & Amanah

Pastikan Anda mendapatkan garansi dari bengkel

Tips pertama adalah mencari tahu apakah bengkel menawarkan garansi. Bengkel sepeda motor yang baik adalah bengkel yang memberikan garansi, dan jika ada keluhan lebih tentang sepeda motor, mereka dapat memberi tahu pelanggan, yang kemudian dapat kembali ke bengkel dengan garansi.

Ketika konsumen kembali ke bengkel dengan keluhan yang sama, mereka dapat mengajukan klaim tanpa membayar apapun.

Namun, Masbro sekalian harus berhati-hati jika Anda tidak mendapatkan garansi atau pemberitahuan dari bengkel. Seringkali bengkel tidak mau bertanggung jawab dan akan menuntut biaya perbaikan sepeda motor.

Minta referensi orang lain

Tips yang tidak kalah penting dalam memilih bengkel motor terdekat adalah mencari referensi dari orang lain. Anda bisa bertanya kepada anggota keluarga atau teman dekat yang memiliki sepeda motor dan sering ke bengkel.

Masbro juga dapat menemukan informasi perbaikan sepeda motor berkualitas dari komunitas dan forum otomotif. Jadi dapat menemukan bengkel sepeda motor yang bagus untuk Anda.

Pastikan Suku Cadang sepeda motor asli

Salah satu tips memilih bengkel motor adalah memastikan suku cadang sepeda motor yang digunakan di bengkel adalah asli. Anda dapat meminta bengkel untuk menunjukkan bagian motor yang akan diganti.

Jika bengkel menggunakan suku cadang aftermarket, pastikan mekanik menyediakannya terlebih dahulu jika akan digunakan. Hal ini dapat menunjukkan kejujuran bengkel.

Perhatikan bahwa suku cadang asli dapat memperpanjang umur komponen motor. Bisa lebih mahal dibandingkan dengan suku cadang aftermarket.

Namun, Anda tetap harus memilih suku cadang yang asli, tentunya Anda juga bisa menghemat biaya perawatan sepeda motor, Yang ori umur pakainya pasti labih lama.

Harga Terjangkau

Bagi para pengguna sepeda motor yang pergi ke bengkel untuk service atau membeli suku cadang tentunya menginginkan harga yang terjangkau.

Biasanya, harga perbaikan dan penggantian oli sepeda motor standar atau oli transmisi otomatis berkisar antara Rp 150 hingga 175.000. Jika harganya melebihi harga tersebut, sebaiknya anda memilih bengkel motor lain.

 

Bagikan:

Tinggalkan komentar

/