Trend terbaru Modifikasi setang jepit malaikat

Trend terbaru Modifikasi setang jepit malaikat

Hallo otolovers, Dewasa ini banyak sekali para bikers yang mulai mengikuti tren memodifikasi motornya, mulai modifikasi sederhana hingga modifikasi extrem,

Dunia Modifikasi memanglah hal yang wajar dan menarik bagi beberapa otolovers. namun, masih banyak dari mereka yang kurang mempertimbang kan keamanan sesuai setelan pabrikan nya.

Baca juga : Motor mati mendadak, ketahui penyebab dan solusinya

Baru-baru ini di media sosial Beredar video modifikasi setang motor yang cukup extreme, dalam Vidio yang diunggah salah satu pengguna tik tok itu mengubah setang motor Yamaha Vixion menjadi model jepit.

Terlihat posisi setangya sudah di ubah menjadi vertikal alias tegak lurus ke arah bawah. Bahkan, posisinya tegak sejajar dengan fork atau batang suspensi depan.

gambar screenshot Vidio tik tok

Menariknya sang modifikator menyebutnya sebagai model “Stang Malaikat” Selain itu ia juga menantang beberapa netizen untuk menjajal nya. apakah ada yang bisa menguasai nya atau tidak.

Namun yang mengkhawatirkan, Terlepas dari model modifikasinya. Setang termasuk komponen kemudi, yang pastinya sudah di rancang pabrikan sesuai dengan ukuran tingkat keamanan nya.

Jika kita asal mengganti tanpa menggunakan pertimbangan dari beberapa ukuran sesuai pabrikan, tentu akan cukup berbahaya bagi pengendaranya.

Baca juga : Cara membuat kunci rahasia sebagai pengaman motor

Asalkan model modifikasi masih sederhana, dan tidak merubah total semua komponen nya, tentu saja masih di perbolehkan. karena ada juga yang bertujuan untuk mempermudah serta meningkatkan kenyamanan sang pengendara.

Di lansir dari news.com Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia Sony Susmana mengingatkan, agar motor tidak dimodifikasi secara ekstrem seperti mengganti setang, apalagi jika motor tersebut di gunakan sehari-hari.

Modifikasi setang jepit

Karena motor yang di gunakan sehari-hari harus memenuhi standar keamanan, kesehatan, dan kenyamanan. agar pengendara bisa tetap fokus dan tubuh fit karena posisinya nyaman. tambah Sony.

“Kecuali untuk special event seperti balap dan display, sah saja. Namun, modifikasi setang tersebut masih tidak sesuai dengan kebutuhannya, jadi tetap rawan hilang keseimbangan,” pesan Sony kepada Kompas.com.

Jika tidak terlalu dibutuhkan, lebih baik motor tetap dijaga dalam kondisi standar. Ia juga mengingatkan kembali agar jangan menganggap remeh modifikasi sesederhana apa pun jika hal itu mempengaruhi keamanan keseimbangan, dan kesehatan.

Bagikan:

Tinggalkan komentar

/