Setiap Berapa KM Motor Harus Ganti Oli? Ini Dia Jarak Ideal nya

Setiap Berapa KM Motor Harus Ganti Oli? Ini Dia Jarak Ideal nya

Aufaproject46.com – Hay Sobat, Perhatikan bahwa ini adalah jarak ideal untuk mengganti oli Matic

Penggantian oli merupakan salah satu hal yang harus dilakukan secara rutin. Apalagi bagi yang menggunakan motor matic, penggantian oli ini sangatlah penting.

Berapa KM Motor Harus Ganti Oli

Setiap Berapa KM Motor Harus Ganti Oli?

Mengganti oli adalah salah satu hal yang harus Anda lakukan secara rutin. Apalagi bagi yang menggunakan motor matic, sangat penting untuk mengganti oli secara rutin. Dalam hal ini, pastikan untuk mengganti oli setiap jarak tempuh tertentu.

Jika tidak diganti, dapat mempengaruhi kinerja mesin kendaraan. Namun, terkadang sebagian orang masih bingung kapan dan berapa jarak yang harus mereka tempuh untuk mengganti oli. Jadi berapa jarak tempuh yang ideal untuk ganti oli otomatis? Simak komentarnya di bawah ini.

Manfaat Mengganti Oli Matic Tepat Waktu

Manfaat mengganti oli pada motor matic ini antara lain menjaga performa mesin agar selalu dalam kondisi prima. Artinya setiap kali oli pada motor matic diganti, performa mesin yang dihasilkan akan lebih baik dan tentunya lebih nyaman digunakan.

Namun, performa mesin ini juga akan bergantung pada jenis dan kualitas oli yang Anda gunakan. Semakin baik kualitas oli, semakin baik mesin Anda di masa depan.

Manfaat lain yang bisa Anda dapatkan dari penggantian oli ini adalah menjaga kebersihan mesin Anda. Karena selalu ada gesekan di dalam mesin, yang dapat menyebabkan munculnya kotoran, sangat penting untuk menjaga oli dalam kondisi baik.

Melihat manfaat yang sudah dijelaskan, dapat disimpulkan bahwa mengganti oli sangat penting. Hal ini harus menjadi perhatian utama bagi pemilik mobil secara rutin, khususnya sepeda motor matic.

Waktu penggantian oli berdasarkan jarak tempuh motor

Sebelum mengganti, pastikan Anda mengetahui terlebih dahulu bahwa ada dua macam oli yang digunakan oleh motor matic, satu oli gardan dan oli mesin. Pastikan dosis yang dimasukkan ke dalam motor sudah benar. Rasio poros terhadap oli mesin adalah 2:1.

setiap 2000 km

Saat melihat motor matic sudah menempuh jarak 2000 km, coba segera ganti oli dengan yang baru. Karena oli di motor sudah dipakai 2000 km dan sudah tidak layak pakai lagi karena bisa merusak komponen kendaraan.

Karena itu, Anda bisa langsung ke bengkel untuk ganti oli baru. Oli yang baru akan menjaga motor matic Anda dalam kondisi prima, sehingga tidak tiba-tiba membeku saat digunakan.

setiap 3000 km

Kedua, saat jarak tempuh mencapai 3000 km, oli baru juga harus diganti. Jadi, Anda harus selalu memeriksa speedometer untuk melihat seberapa jauh jarak yang telah Anda tempuh dan apakah Anda telah mencapai 3000 km. Jika sudah, segera ganti dengan oli baru.

Motor dengan jarak tempuh tipikal hingga 3000 km telah digunakan selama sekitar 2 bulan. Jangan biarkan motor Anda melaju lebih dari 3000 km, cukup ganti oli baru.

Ini akan membahayakan motor Anda, yang suatu hari akan tiba-tiba membeku. Jika Anda termasuk orang yang pelupa, cobalah membuat catatan agar Anda bisa mengganti oli secara teratur.

Untuk Jarak Tempuh 20 – 50 km Sebaiknya Ganti oli setiap 2 bulan

Mungkin Anda termasuk orang yang jarang keluar rumah, jadi tidak terlalu sering naik motor, mungkin hanya 20 sampai 50 kilometer saja. Tapi itu bukan alasan untuk tidak membeli oli baru. Anda harus mengganti oli setiap 2 bulan.

Meski jarang digunakan, oli pada motor bisa rusak jika oli pada motor tidak segera diganti. Untuk menjaga kendaraan Anda dalam kondisi prima dan siap pakai, Anda harus mengganti oli secara berkala.

Ganti setiap 2 minggu jika kendaraan menempuh 200 km dalam satu hari

Berhati-hatilah jika Anda mengendarai sepeda motor hingga 200 km sehari. Jika demikian, Anda harus mengganti oli setiap dua minggu. Selalu pastikan oli harus segera diganti setiap 200 km. Jadi tidak mati mendadak saat ingin digunakan kembali.

Untuk menjaga sepeda motor Anda dalam kondisi prima, pastikan untuk memilih oli yang berkualitas. Jika Anda memilih kapan harus mengganti oli, kendaraan Anda mungkin tidak akan berjalan maksimal. Selama minyaknya berkualitas baik, membayar harga premium tidak apa-apa.

Tandanya oli harus segera diganti

Selain melacak jadwal penggantian sepeda motor berdasarkan jarak tempuh atau jangka waktu tertentu, dalam beberapa kasus Anda juga harus segera mengganti oli untuk tujuan atau medan tertentu. Begitu juga saat motor menghadapi kondisi tertentu saat berkendara.

Jika tanda atau kondisi tersebut sudah mulai muncul dan dirasakan, sebaiknya Anda lebih memperhatikannya. Ini memaksimalkan perawatan oli dan membuat motor Anda lebih tahan lama. Apalagi mengingat oli pada motor matic memiliki peranan yang sangat penting. Ini adalah tanda yang bermasalah.

Saat motor terasa berat

Ada tanda-tanda yang juga harus Anda perhatikan saat oli harus diganti dengan oli baru. Yang pertama adalah saat menarik, perasaan menariknya agak berat.

Tarikan yang parah ini terjadi karena Anda sering mengendarai sepeda motor di lalu lintas. Jadi jika Anda merasakan hal ini, Anda harus menggantinya dengan oli baru.

Lantas apa yang menyebabkan motor terasa berat saat ditarik? Penyebabnya mungkin karena Anda sering terjebak macet atau motor selalu dipaksa melaju dengan kecepatan tinggi. Kedua hal ini juga bisa membuat minyak Anda terasa panas.

Jangan biarkan terlalu lama karena akan menyebabkan motor menjadi rusak. Alangkah baiknya segera ganti oli sebelum terlambat.

Saat kendaraan melewati jalan menanjak

Anda dapat mengganti oli otomatis saat kendaraan sering dikendarai di atas tanjakan. Pasalnya, menanjak akan menyebabkan oli di dalam mobil cepat panas karena terpaksa harus terus mengisi bahan bakar. Oleh karena itu, yang terbaik adalah sering menanjak dan segera mendapatkan yang baru.

Anda harus memperhatikan hal ini. Jika dibawa berulang kali di jalan menanjak, segera bawa sepeda motor Anda ke bengkel untuk ganti oli.

Dan sebaiknya ganti oli di bengkel resmi terdekat. Biasanya bengkel akan mensupply motor anda dengan oli jenis tertentu sesuai motor matic anda, tentunya kualitasnya tidak perlu diragukan lagi. Jika motor Anda motor Vario bisa coba cek Rekomendasi Oli Honda Vario

Mengapa membeli di dealer resmi? Tujuannya agar bisa mengganti oli dengan cepat dan memprediksi kesalahan pengisian bahan bakar.

Pasalnya, ada takaran tertentu antara oli dan oli gandar saat mengisi oli, yaitu 2:1. Biasanya, Anda juga mendapatkan catatan penggantian KM berikutnya.

Nah itulah masbro sedikit pembahsan tentang Kapan sih jangka waktu penggantian oli motor matic yang tepat, dengan artikel ini semoga tanda tanya anda terjawab

Bagikan:
Avatar of Er.Sushil

Aufaproject. Media Online terkini, Seputar MotoGP, berita otomotif baru...

Tinggalkan komentar

/