3 tips Agar Aki tidak cepat Soak !

3 tips Agar Aki tidak cepat Soak !

Aufaproject46.com – Pada kendaraan roda dua pasti juga memiliki beberapa komponen penting yang menjadi faktor utama agar motor bisa berjalan.

Agar Aki tidak cepat Soak

Salah satunya adalah Aki motor, karena fungsinya  untuk menyuplai listrik dan salah satu sumber energi, aki dibagi ke dalam dua jenis, yaitu aki kering dan aki basah.

Khusunya motor karburator, aki memang berfungsi menyediakan listrik yang mana sistem listrik motor juga sudah di suplai oleh spul.

Meskipun begitu, sepeda motor tanpa aki tetap tidak akan berfungsi normal. dan anda perlu mengontrol secara rutin kondisi aki motor anda agar tetap lancar berkendara.

Bagi pemilik motor pemula. tidak sedikit yang ingin merawat motor demi menghindari kerusakan pada mesin motor namun tidak mengetahui hal hal apa saja yang harus di ketahui

Di lansir dari Astra motor. Nah, berikut tips agar aki tidak cepat Soak!

Cara Agar Aki Motor Tidak Cepat Tekor

1. Membersihkan aki motor secara rutin

Meskipun malas anda harus tetap rutin untuk membersihkan aki motor Anda, bahkan hingga pada bagian terminal aki.

Karena jika bagian terminal aki yang tertutup kotoran tidak di bersihkan, akan mempengaruhi proses distribusi aki ke komponen motor yang lain.

2. Cek beban pemakaian arus listrik pada motor

Jangan memodifikasi motor terlalu berlebihan, karena akan mempengaruhi beban motor yang pastinya menjadikan aki motor cepat soax.

Tips kedua adalah selalu cek beban pemakaian arus listrik pada motor dengan voltase aki normal yakni antara 12,7 V – 13,2 V. Jika sudah di bawah 12,4 V artinya kondisi aki di antara 75-25 persen, sementara bila di bawah 12 V artinya sudah soak.

Karena tidak bisa di pungkiri di era modern sekarang juga banyak yang memasang sekring dan lampu” lain yang kapasitasnya hampir melebihi daya beban aslinya.

3. Selalu catat tanggal penggantian aki

Jangan sampai telat mengganti Aki, Anda bisa mencatat pada kalender tahunan, dengan begitu akan mencegah motor tidak normal yang menghambat perjalanan anda karena telah di perbarui secara rutin .

Karena kalau telat mengganti Aki, aki bisa soax. dan jika aki pada motor injeksi soax bisa menyebabkan hal yang cukup fatal seperti, motor mogok, mati total, bahkan motor tidak bisa di hidupkan kembali.

jika hal ini sampai terjadi, tentunya akan sangat merepotkan. dan memakan biaya yang lebih.

Demikian tips sederhana yang perlu anda perhatikan dalam perawatan aki motor.  semoga bermanfaat.

Bagikan:

Tinggalkan komentar

/