Membahas Mendalam Tentang Baterai Motor Listrik, Komponen Kunci dan Paling Mahal yang Harus Dipahami

admin

Membahas Mendalam tentang Baterai Motor Listrik

Aufaproject46.com – Hay Bro & Sist, Motor listrik adalah kendaraan yang menggunakan motor listrik sebagai penggerak utama, tanpa menggunakan bahan bakar fosil seperti bensin atau solar. Motor listrik memiliki banyak keunggulan, seperti ramah lingkungan, hemat biaya operasional, dan mudah perawatannya. Namun, motor listrik juga memiliki tantangan, salah satunya adalah baterai.

Baterai motor listrik adalah sumber daya utama yang digunakan untuk menyimpan energi listrik dan memberikan daya pada motor listrik. Baterai ini bekerja dengan melepaskan dan menampung elektron melalui reaksi kimia, menghasilkan arus listrik yang digunakan untuk menggerakkan motor. Baterai ini juga merupakan komponen terpenting dan termahal pada motor listrik, karena menentukan performa, jangkauan, dan masa pakai motor listrik.

Tentang Baterai Motor Listrik

Jenis Baterai Motor Listrik yang Populer di Indonesia

Baterai pada sepeda motor listrik beroperasi mirip dengan bahan bakar pada sepeda motor konvensional. Komponen ini dirancang untuk menjadi sumber utama tenaga yang diperlukan untuk menggerakkan dinamo kendaraan.

Karena itu, setiap produsen sepeda motor listrik umumnya melengkapi produk andalan mereka dengan jenis atau tipe baterai khusus. Di Indonesia, banyak produsen menggunakan dua jenis baterai utama, yaitu lead acid dan lithium ion. Berikut adalah perbedaan antara keduanya:

  • Sealed Lead Acid (SLA): Baterai jenis lead acid umumnya memiliki kapasitas daya yang terbatas, namun dengan bobot yang lebih berat dibandingkan dengan jenis baterai lainnya. Secara umum, baterai ini dijual dengan harga yang lebih terjangkau dibandingkan dengan jenis lainnya. Meskipun memiliki kapasitas kecil, baterai lead acid ini lebih mudah untuk dirawat. Baterai ini sering diaplikasikan pada kendaraan dari pabrikan seperti United atau SunRace..
  • Lithium Ion (Li-Ion): Dibandingkan dengan baterai lead acid, baterai lithium ion memiliki kapasitas yang lebih besar. Yang unik, meskipun kapasitasnya besar, bobotnya tidak terlalu berat. Oleh karena itu, baterai ini menjadi komponen standar pada sebagian besar motor listrik yang beredar di pasaran saat ini. Selain memiliki daya tahan yang lebih lama, baterai lithium ion juga umumnya lebih mahal. Oleh karena itu, motor listrik yang menggunakan baterai jenis ini, seperti Gesits atau Yamaha E01, cenderung memiliki harga yang lebih tinggi.
  • Lithium Polymer (Li-Po): Baterai ini menggunakan elektrolit padat yang disusun dalam sel-sel datar. Baterai ini memiliki keunggulan berat yang sangat ringan, kapasitas yang sangat tinggi, dan umur yang sangat panjang. Namun, baterai ini juga memiliki kekurangan harga yang sangat mahal, sangat sulit didapatkan, dan sangat sensitif terhadap suhu tinggi. Baterai ini biasanya digunakan untuk motor listrik kelas premium atau eksklusif, seperti Toyota bZ4X.
Baca Juga :   15 Rekomendasi Motor Listrik Terbaik 2024: Panduan Pemilihan yang Tepat

Tentang Baterai Motor Listrik

Kapasitas Baterai Motor Listrik

Bukan hanya jenis baterai yang perlu diperhatikan saat membeli motor listrik. Penting juga untuk memerhatikan secara detail spesifikasi baterai yang digunakan, teman-teman. Pasalnya, hal ini akan berdampak langsung pada performa dan daya motor yang akan kalian miliki.

Sebagai contoh, pada motor Gesits, produsen motor listrik asal Indonesia tersebut mengadopsi baterai lithium ion dengan kapasitas 72V/20Ah dan motor penggerak sebesar 5.000 W. Dengan kapasitas tersebut, Gesits diklaim mampu menempuh jarak hingga 50 km. Menariknya, Gesits juga menggunakan dua baterai dalam satu motor, sehingga total jarak tempuhnya dapat mencapai 100 km dalam kondisi daya penuh.

Sebagai perbandingan, berikut saya hadirkan tabel spesifikasi baterai dari beberapa merek motor listrik yang banyak digunakan di Indonesia. Perhatikan dengan baik sebagai referensi Anda,

BrandKapasitas BateraiJarak Tempuh
GesitsLithium Ion 72V/20Ah50 km per baterai
NIU N-GTLithium Ion 60V/35Ah85 km per baterai
ECGO 5Lithium Phosphate 48V/30Ah80 km per baterai
SunRace New F1Lead Acid 72V/20Ah80 km per baterai
United T1800Lithium Ion 60V/28Ah60 km per baterai
Viar Q1Lithium Ion 60V/23Ah60 km per baterai
Selis AgatsLead Acid 72V/20Ah50 km per baterai
Volta 401Lithium Ion 60V/20Ah35 km per baterai

Harga Baterai Motor Listrik

Pasti banyak pengendara motor listrik yang bertanya, mengapa baterai motor listrik memiliki harga yang tinggi? Jawabannya karena harga per sel baterai dapat mencapai 3 hingga 5 dolar AS. Untuk membuat satu motor listrik, diperlukan sekitar 300 sel.

Sebagai contoh, baterai motor listrik Gesits dapat mencapai harga Rp7,5 juta per unitnya. Sementara itu, untuk motor Volta 401, harga baterainya berkisar di sekitar Rp6 jutaan.

Baca Juga :   Fungsi Per CVT Pada Motor Matic

Itu baru untuk pabrikan lokal. Pabrikan asal China seperti NIU, sebagai contoh, menawarkan harga baterai dengan kapasitas 26 Ah mulai dari Rp12,5 juta. Untuk kapasitas yang lebih besar, yaitu 35 Ah, harganya mencapai angka Rp22,5 juta.

Sebagai referensi, saya telah mengumpulkan beberapa harga baterai dari motor listrik yang populer di Indonesia saat ini. Sumber harga ini diperoleh dari situs resmi merek atau dari penjual baterai motor listrik di platform e-commerce, ya.

Brand/PabrikanHarga Baterai
GesitsRp7,5 juta
NIURp12,5-22,5 juta
ECGO 2Rp 6 juta
United T1800Rp6,5 juta
Viar Q1Rp6,5 juta
Volta 401Rp 6 juta
  • Sealed Lead Acid (SLA): Harga baterai ini berkisar antara Rp 300.000 hingga Rp 500.000 per buah, dengan kapasitas sekitar 12V 20Ah. Baterai ini biasanya dijual dalam paket 4 buah, sehingga total harganya sekitar Rp 1,2 juta hingga Rp 2 juta per paket.
  • Lithium Ion (Li-Ion): Harga baterai ini berkisar antara Rp 7,5 juta hingga Rp 9 juta per buah, dengan kapasitas sekitar 72V 20Ah. Baterai ini biasanya dijual dalam paket 1 buah, sehingga total harganya sekitar Rp 7,5 juta hingga Rp 9 juta per paket.
  • Lithium Polymer (Li-Po): Harga baterai ini berkisar antara Rp 500 juta hingga Rp 600 juta per buah, dengan kapasitas sekitar 100 kWh. Baterai ini biasanya dijual dalam paket 1 buah, sehingga total harganya sekitar Rp 500 juta hingga Rp 600 juta per paket.

Tentang Baterai Motor Listrik

Tips Merawat Baterai Motor Listrik

Baterai motor listrik adalah komponen yang sangat penting dan mahal, sehingga perlu dirawat dengan baik agar awet dan tidak mudah rusak. Berikut adalah beberapa tips merawat baterai motor listrik yang bisa Anda lakukan:

  • Jangan mengecas baterai terlalu lama atau terlalu sering: Mengecas baterai terlalu lama atau terlalu sering bisa menyebabkan baterai mengalami overcharging atau overheating, yang bisa merusak sel-sel baterai dan mengurangi kapasitasnya. Sebaiknya, cas baterai sesuai dengan waktu yang dianjurkan oleh produsen, dan jangan biarkan baterai terhubung dengan charger terus-menerus.
  • Jangan menghabiskan baterai sampai kosong: Menghabiskan baterai sampai kosong bisa menyebabkan baterai mengalami deep discharge, yang bisa merusak sel-sel baterai dan mengurangi kapasitasnya. Sebaiknya, isi ulang baterai sebelum dayanya habis, dan jangan biarkan baterai dalam keadaan kosong terlalu lama.
  • Jangan menyimpan baterai dalam suhu ekstrem: Menyimpan baterai dalam suhu ekstrem, baik terlalu panas maupun terlalu dingin, bisa menyebabkan baterai mengalami thermal stress, yang bisa merusak sel-sel baterai dan mengurangi kapasitasnya. Sebaiknya, simpan baterai dalam suhu ruangan yang stabil, dan jauhkan dari sumber panas atau dingin.
  • Jangan mengekspos baterai terhadap air atau benda tajam: Mengekspos baterai terhadap air atau benda tajam bisa menyebabkan baterai mengalami short circuit atau physical damage, yang bisa merusak sel-sel baterai dan mengurangi kapasitasnya. Sebaiknya, lindungi baterai dari air atau benda tajam, dan gunakan casing atau pelindung yang sesuai.
Baca Juga :   Inilah Fitur Motor Honda Scoopy yang Wajib Diketahui Konsumen

Kesimpulan

Baterai motor listrik adalah komponen terpenting dan termahal pada motor listrik, yang menentukan performa, jangkauan, dan masa pakai motor listrik. Baterai motor listrik ada 2 jenis, yaitu Sealed Lead Acid (SLA) dan Lithium. Lithium dibagi menjadi 2, yakni Lithium Ion (Li-Ion) dan Lithium Polymer (Li-Po). Harga baterai motor listrik sangat bervariasi, tergantung dari jenis, kapasitas, dan mereknya. Baterai motor listrik perlu dirawat dengan baik agar awet dan tidak mudah rusak.

Artikel Terkait

Bagikan:

admin

Media Online Otomotif dan modifikasi motor

Tinggalkan komentar