Espargaro dan Aprilia raih kemenangan pertama MotoGP di Argentina

Espargaro dan Aprilia raih kemenangan pertama MotoGP di Argentina

Aleix Espargaro meraih kemenangan MotoGP pertamanya untuk Aprilia pada saat yang sama setelah mengalahkan Jorge Martin dari Pramac Racing di Grand Prix Argentina hari Minggu.

Dalam 25 lap balapan, Espargaro meraih kemenangan pertamanya dalam karir balapnya di semua level Kejuaraan Dunia setelah menyalip Martin untuk lima lap terakhir.

Menurut situs resmi MotoGP, Alex Rings membuat podium pertamanya untuk Suzuki musim ini, dengan Joan Mill satu tempat di belakang rekan setimnya.

Aprilia raih kemenangan pertama MotoGP di Argentina

MotoGP kembali ke Argentina setelah dua balapan Grand Prix di negara Amerika Selatan itu dibatalkan karena pandemi COVID-19. Namun, balapan tahun ini terhambat oleh masalah logistik yang mengakibatkan keterlambatan penerbangan kargo dan semua sesi latihan Jumat dibatalkan.

Sirkuit Termas de Rio Hondo juga merupakan pertama kalinya dalam sejarah MotoGP untuk melihat dua motor Aprilia start dari lima besar, saat Espargaro mengambil posisi pole pertama tim Italia dan Maverick Vinales berada di baris kedua.

Namun, Martin bermain bagus sejak awal, meraih keunggulan di tikungan pertama.

Espargaro mempertahankan kecepatannya untuk mengejar pebalap Pramac Ducati. Setelah tujuh lap, kedua pembalap mulai memimpin dengan selisih dua detik.

Martin gagal menyelesaikan dua balapan pertama musim ini, tetapi diberi ruang untuk bernafas setelah pembalap Apulian melebar di tikungan pertama.

Namun, setelah melakukan kesalahan, Espargaro mempertahankan kecepatannya, mengambil lap terbaik yang pernah ada untuk memimpin.

Setelah dua upaya untuk melewati Martin dan melebar, Espargaro membuat langkah sempurna untuk memimpin dari rekan senegaranya di lima lap terakhir dan menjadi yang pertama melewati garis finish, merayakan karir pertamanya Kemenangan pertama sejak awal Grand 200 prix. Martin harus finis runner-up setelah 0,807 detik.

Meski sempat tersingkir di kuarter pertama, tim pabrikan Ducati menorehkan hasil positif setelah Francesco Bagnaia finis di lima besar.

Namun, Jack Miller tidak benar-benar senang setelah mengambil penalti karena ia dianggap telah memblokir kecepatan Fabio Quartararo di babak kualifikasi kedua dan karena itu kembali 3 grid ke P14 .

Marco Bezzecchi adalah Rookie of the Year setelah menyelesaikan P9 untuk Team Mooney VR46.

Saat mengejar Alex Rins untuk podium, Pol Espargaro jatuh di Tikungan 2 dengan 10 lap tersisa. Akhir pekan yang berat bagi tim Repsol Honda yang juga harus kehilangan Marc Marquez yang terpaksa harus absen dari Argentina dengan double vision setelah kecelakaan di Mandalika.

Yamaha juga gagal bersinar di Termas, karena juara bertahan Fabio Quartararo hanya bisa finis P8 di belakang Brad Binder dan Vinales dari KTM.

Aprilia raih kemenangan pertama MotoGP di Argentina

Alhasil, Aleix Espargaro memimpin klasemen dengan 45 poin setelah tiga balapan. Binder berada di urutan kedua dengan 38 poin, sedangkan Bastianini turun dari posisi teratas ke urutan ketiga dengan 36 poin setelah finis P10 untuk Tim Gresini.

Pembalap akan melanjutkan pertarungan mereka di Amerika minggu depan saat MotoGP mengunjungi Tour of the Americas di Austin, Texas.

bagi anda tang ketinggalan live motogp Argentina bisa langsung cek tanyangan ulang nya di sini

Bagikan:

Tinggalkan komentar

/