5 Pembalap MotoGP Yang Mati Karena Kecelakaan Fatal

5 Pembalap MotoGP Yang Mati Karena Kecelakaan Fatal

Aufaproject46.com Hallo Sobat MotoGP, Kecelakaan memang hal yang kerap mengintai para pembalap MotoGP. Pasalnya, terdapat beberapa pemain motogp yang meninggal dunia lantaran kecelakaan di lapangan. Dalam kecelakaan memang beberapa ada yang mengalami cedera, tapi beberapa dari mereka mengalami hal fatal hingga tutup usia. Ini beberapa di antaranya: 

Pembalap MotoGP Yang Mati Karena Kecelakaan

Nah Berikut Ini Lima Pembalap MotoGP Yang Mati Karena Kecelakaan Fatal

1. Marco Simoncelli

Pada 2011 silam, terdapat pemain motogp yang meninggal dalam sesi balapan MotoGP di Sepang, Malaysia. Simoncelli mengalami kecelakaan di tikungan 11 sirkuit Sepang. Setelah terjatuh dari motornya, dirinya terhantam oleh motor Colin Edwards dan Valentino Rossi.

Mengenaskannya, helm Simoncelli ketika itu terlepas sehingga kepalanya langsung terhantam tanpa pelindung apa pun. Akhirnya Simoncelli dibawa ke rumah sakit. Lantaran cederanya yang begitu para di leher, di kepala dan di dada, dirinya langsung meninggal dunia.

Ini merupakan salah satu kehilangan yang begitu disesali dalam dunia MotoGP. Terlebih, Simoncelli kerap disebut sebagai sosok pembalap yang menjanjikan di ajang MotoGP ketika itu.

2. Luis Salom

Pembalap lain yang mengalami nasib buruk dalam dunia balap adalah Luis Salom. Dirinya harus meninggal akibat kecelakaan dalam sesi latihan bebas kedua MotoGP Catalunya. Kamera yang berada di dekat belokan 13 sirkuit Catalunya berhasil menangkap penyebab kecelakaan yang dialami oleh Luis Salom.

Peristiwanya, ketika itu motor yang dikendarai oleh Luis Salom menabrak pembatas sirkuit. Motornya pun melayang ke depan. Tubuh Salom akhirnya terpental dalam kondisi yang kencang. Dirinya pun sempat membentur motornya sendiri. Hingga kemudian dia dibawa ke rumah sakit. Naasnya, nyawanya telah melayang dan dirinya tidak sempat tertolong.

3. Daijiro Kato

Di tahun 2003, dunia MotoGP harus berduka karena kematian pemain asal Jepang, Daijiro Kato. Dirinya mengalami kecelakaan di sirkuit Suzuka, Jepang. Ketika itu dirinya menabrak sirkuit seusai terjatuh dari motor dalam kecelakaannya 200 kilometer per jam.

Akibat dari kecelakaan itu, Daijiro Kato mengalami cedera pada bagian kepala, leher dan dadanya. Daijiro Kato dinyatakan telah menghembuskan napas terakhirnya setelah koma dua minggu. Penyebab kematiannya yakni cedera parah yang mengenai tungkai otaknya.

4. Shoya Tomizawa

Kecelakaan dalam dunia MotoGP memang tidak bisa dihindarkan. Pada tahun 2010 lalu, seorang pembalap kembali meninggal dunia lantaran kecelakaan di lapangan. Shoya Tomizawa, pemain motogp yang meninggal asal jepang ini mengalami kecelakaan parah ketika berada di sirkuit Misano yang membuat dirinya meninggal.

Ketika itu usianya masih begitu belia, dia harus meninggalkan dunia ini ketika masih berumur 19 tahun. Detail kejadiannya, ketika itu dirinya terjatuh di Misano, tepatnya di daerah tikungan Curvano. Pada saat yang sama, dirinya dihantam oleh motor Scott Redding dari belakang.

Begitu juga dengan Alex de Angelis yang muncul dari belakangnya. Tomizawa pun mengalami cedera yang parah. Akibat dari kecelakaan itu, dirinya dinyatakan pergi untuk selama-lamanya ketika sudah sampai di rumah sakit di Riccione.

5. Jason Dupasquier

Pembalap yang meninggal baru-baru ini adalah Jason Dupasquier. Dirinya harus pergi dari dunia ketika melakomi laganya di seri keenam MotoGP Italia 2021. Ketika itu, Jason mengalami insiden kecelakaan di Sirkuit Mugello. Jason terlibat dalam senggolan dengan pengendara Tim Red Bull KTM Tech 3, Ayumi Sasaki.

Dirinya juga tersenggol oleh Indonesia racing Team Gresini, Jeremy Alcoba di area Tikungan 9. Lantaran gesekan ini, Sasaki dan Alcoba mengalami cedera yang parah. Sementara, Jason tidak sadarkan diri sehingga ditangani oleh petugas medis dan staf media sirkuit. Sesudah 45 menit berlangsung, Jason kemudian dilarikan ke rumah sakit.

Berdasarkan pemeriksaan dari rumah sakit, dirinya mengalami polytrauma di bagian kepala, perut dan dada. Hal ini membuatnya harus dioperasi dua kali. Naas nyawanya tidak berhasil ditolong. Pembalap berusia 19 tahun itu harus menghembuskan napas terakhirnya.

Itulah daftar nama pemain motogp yang meninggal lantaran kecelakaan di lapangan. Dunia balap memang keras dan ketat juga ada nyawa yang harus dipertaruhkan. 

Bagikan:

Tinggalkan komentar