Cara Memperbaiki Fuel Pump Mobil yang Mudah dan Praktis

Kerusakan pompa bensin saat ini sering dikeluhkan oleh banyak pengendara mobil. Alasannya, karena rusaknya pompa bensin bisa menyebabkan kendaraan sulit untuk dihidupkan.  Akhirnya, membuat mobil tidak bisa berjalan dan harus mengalami perbaikan di bagian fuel pump. Lalu, bagaimana cara memperbaiki fuel pump mobil. Berikut ini informasi selengkapnya!

1. Memperbaiki bagian Alat Relay Pompa Bensin

Alat  relay pompa bensin merupakan salah satu bagian yang wajib untuk diperbaiki bila pompa bensin mobil rusak. Sebab, alat relay tersebut berperan sebagai distributor  tenaga elektrik ke dalam fuel pump. Tujuannya, agar alat pemompa bensin bisa bekerja untuk  menghidupkan mesin mobil. Lalu, berikut ini cara memperbaiki alat relay yang rusak:

  • Lepaskanlah terlebih dahulu alat relai dari tempat colokan pompa bensin.
  • Selanjutnya, periksa peralatan terminal penahan rangkaian kabel ketiga dan kelima tegangannya harus 10 kilo ohm meter.
  • Lalu, tambahkan daya rangkaian kabel terminal penahan nomor pertama dan kedua sebesar satu omnimeter.
  • Setelah menambahkan daya pada kabel terminal pompa bensin, maka yang harus dilakukan pengecekan di bagian alat pengaman elektrik. Jika alat pengaman elektrik mengalami kerusakan. Pengemudi mobil harus melakukan pergantian pengaman listrik.
  • Terakhir, pengemudi juga harus memeriksa bagian penyangga alat pengaman elektrik. Sebab pada bagian tersebut, sering terjadi kerusakan. Sehingga, alat penyangga pengaman listrik di pompa bensin harus diganti secara berkala.

2. Memperbaiki Bagian Kabel Body Fuel Pump

Memperbaiki bagian kabel body fuel pump merupakan hal yang harus dilakukan oleh pengendara mobil. Alasannya, karena rusaknya pompa bensin biasanya ditandai dengan rusaknya kabel pompa bensin yang berfungsi sebagai menghantarkan daya elektrik untuk menyalakan pompa bahan bakar. Adapun, langkah perbaikan  bodi fuel pump adalah sebagai berikut:

  • Pertama, Lakukan pemeriksaan pada kabel relay dan kabel motor pompa.
  • Kemudian, gantilah kabel motor pompa bertegangan maksimal 10 ohm meter.
  • Tetapi, jangan di bawah 1 ohm meter.

3. Ganti Bagian Penahan Pompa Bahan Bakar

Langkah selanjutnya, yang bisa dilakukan oleh pengemudi kendaraan roda empat untuk memperbaiki pompa bensin yang rusak adalah mengganti bagian penahan pompa bensin. Sebab, penahan pompa bensin yang tidak berfungsi dapat menyebabkan pompa bensin beroperasi tidak maksimal. Lalu, bagaimana cara mengganti pompa bahan bakar? Berikut ini step lengkapnya:

  • Step pertama pengguna mobil harus mengecek dengan teliti bagian penahan pompa bahan bakar.caranya, copotlah bagian penahan pompa bensin.
  • Berikutnya, atur tegangan elektrik menjadi 0,2 sampai dengan 0,3 ohm meter agar penahan pompa bensin.
  • Lalu, aturlah suhu penahan suhu pompa bahan bakar 20 derajat celcius.

4. Membersihkan Pem filter pompa bensin Secara Berkala

Cara memperbaiki fuel pump mobil, yang keempat adalah membersihkan alat pompa bensin secara berkala. Adapun caranya adalah membersihkan bagian pemfilter bensin. Adapun, tujuannya agar pompa bensin bisa bekerja dengan maksimal. Sementara itu, berikut ini cara membersihkan penyaring pompa bensin:

  • Masukkanlah bensin ke dalam tempat injeksi mobil. Hingga, bagian-bagian pemfilter bensin yang kotor dapat bersih sempurna.
  • Selanjutnya, isilah angin dengan tekanan tinggi. Namun, harus angin murni yang tidak tercampur dengan air agar pompa bensin tidak rusak.
  • Kemudian, jika sudah selesai, maka pasanglah kembali karet cincin berbentuk huruf O dengan benar. Tujuannya, supaya tidak menimbulkan aroma bahan bakar.

5. Mengganti Pompa bensin Mobil

Apabila keempat cara yang telah dibahas sebelumnya kurang efektif untuk memperbaiki pompa bensin yang rusak. Pengemudi mobil bisa mengganti pompa bensin mobil. Adapun, berikut ini step mengganti pompa bensin mobil:

  • Step pertama, masuklah ke bagian bawah mobil.
  • Kemudian, dongkrak mobil sampai atas hingga tangki bensin terlihat.
  • Ganjal dengan kayu agar kendaraan tetap berhenti.
  • Setelah itu, cabut dua jenis perpipaan yang terhubung ke pompa. Lalu, cabut bagian colokan kabel tangki.
  • Setelah itu, ambil kayu berbentuk balok ukuran 100 x 20 sentimeter untuk menahan mur pompa bensin. Terakhir, pakailah jenis kunci delapan untuk membuka pompa bensin. Lalu, pasanglah pompa bensin baru dengan kabel penunjang. Jangan lupa gunakan kayu berbentuk balok untuk memudahkan proses pemasangan.

Demikian pembahasan lengkap tentang cara memperbaiki fuel pump mobil. Kelima cara yang sudah dijelaskan sebelumnya dapat dijadikan referensi cara memperbaiki pompa bensin yang rusak. Sehingga, performa mobil akan lebih maksimal. Selain itu membuat mobil menjadi ramah lingkungan.

 

Bagikan:

Tinggalkan komentar