Penyebab Pintu Mobil Tidak Bisa Dikunci Manual, Wajib Diketahui Pengguna Mobil!

Apa saja penyebabnya? Somak ulasan berikut ini akan mengulas penyebab pintu mobil tidak bisa dikunci manual dan langkah mengatasi. Setiap pengguna mobil pasti menginginkan mobilnya aman dan nyaman ketika dikendarai. Keselamatan ketika berkendara juga selalu diprioritaskan.

Salah satu hal yang menunjang keadaan tersebut adalah pintu mobil karena ada disatu kondisi pintu mobil sulit atau tidak bisa dikunci manual.  Pintu mobil yang dapat terkunci dengan baik akan memberikan banyak manfaat bagi pengemudi.

Ketika bepergian dapat terhindar dari tindak kejahatan misalnya pencurian. Selain itu, pintu mobil yang mudah terkunci dapat memberikan keamanan ketika pengemudi membawa anak kecil. Anak kecil tidak akan bisa membuka pintu dari dalam. Berikut penyebab pintu mobil tidak dapat dikunci:

1. Pintu Sedang Terkunci Otomatis

Penyebab pertama pintu bisa dikunci secara manual adalah penumpang sering membuka kunci pintu mobil secara manual. Padahal, biasanya semua pintu mobil sudah terkunci dengan otomatis melalui pintu utama atau sentral yang terletak di samping sopir. Seharusnya yang membuka kunci pintu tersebut adalah sopir dengan menonaktifkan kunci otomatis agar semua pintu bisa terbuka.

Jika membuka pintu mobil secara manual hanya dilakukan sesekali, maka tidak akan menyebabkan kerusakan. Namun, jika dilakukan berulang dapat berakibat fatal. Antara penguncian manual dan penguncian otomatis terhubung dengan kawat. Jika kawat pada penguncian manual dipaksa maka kawat tersebut akan melepaskan cengkramannya pada sistem penguncian otomatis. Sehingga dapat menyebabkan kerusakan.

2. Pintu Mobil Pernah Tertabrak

Penyebab pintu mobil tidak bisa dikunci manual kedua yaitu karena pintu mobil pernah tertabrak. Tertabraknya mobil ini bisa terjadi karena keteledoran pengemudi, misalnya sopir kurang hati-hati. Selain itu juga bisa disebabkan karena orang lain yang kurang berhati-hati.

Pintu mobil yang pernah tertabrak atau kecelakaan sudah pasti akan mengalami perubahan. Baik perubahan kecil atau perubahan yang besar tergantung dengan kecelakaannya. Hal tersebut dapat mengubah struktur maupun fungsi sehingga pintu mobil sudah tidak dapat berfungsi dengan baik. Itulah mengapa pengemudi perlu hati-hati dalam berkendara.

3. Sistem Penguncian Operasi Komputer yang Rusak.

Saat ini, banyak mobil yang sudah bisa membuka maupun menutup pintu secara elektrik. Hal ini terjadi karena adanya sistem operasi komputer di mobil. Kerusakan pada sistem operasi komputer ini juga dapat menjadi penyebab pintu mobil tidak bisa dikunci manual.

4. Terjadi Kerusakan pada Kawat Pintu Mobil

Kerusakan pada kawat kunci pintu ini lazim terjadi pada mobil. Akibatnya pintu mobil tidak dapat dikunci manual. Kawat yang menghubungkan pintu mobil dan kunci mengalami kerusakan seperti patah maupun bengkok. Hal ini biasa terjadi karena pengemudi atau pengguna mobil salah dalam menutup pintu mobil.

5. Usia Mobil yang Sudah Tua

Tidak bisa dimungkiri bahwa usia mobil dapat mempengaruhi bisa tidaknya pintu mobil terkunci manual. Semakin tua usia mobil, fungsi elemen mobil termasuk pintu mobil akan menurun. Sebaiknya, pengguna selalu mengecek fungsi pintu beserta kuncinya. Jika perlu, cek elemen tersebut ke bengkel secara berkala, jangan menunggu rusak terlebih dahulu.

Itulah 5 penyebab pintu mobil tidak bisa dikunci manual yang bisa dijadikan referensi sehingga pengguna mobil dapat mengatasinya. Sebaiknya, setiap menggunakan mobil pengemudi atau penumpang harus berhati-hati dalam membuka ataupun menutup pintu termasuk dalam mengunci. Hal tersebut tentunya akan berdampak pada mudah tidaknya atau bisa tidaknya pintu mobil dikunci secara manual.

 

Bagikan:

Tinggalkan komentar