Cara Mengatasi Lampu Motor Berembun Pada Musim Hujan

Cara Mengatasi Lampu Motor Berembun pada Musim Hujan

Lampu Motor Berembun

Cara Mengatasi Lampu Motor Berembun pada Musim Hujan. Aufaproject46.com Hallo Masbro, Di era yang serba mobile  ini, memiliki kendaraan bermotor merupakan kebutuhan utama. Sebab berbagai aktivitas sehari-hari seperti bisnis, belanja, dan belajar harus dikerjakan dengan cepat agar tidak tertinggal oleh orang lain. Namun di waktu hujan biasanya lampu motor kurang jelas karena berembun sehingga menghambat aktivitas Anda. Berikut ini cara mengatasi lampu motor berembun. Simak, yuk!

  • Penyebab Lampu Motor Jadi Berembun

Saat musim hujan maka ada kemungkinan lampu motor Anda jadi berembun. Hal ini bisa disebabkan karena terlalu lama diguyur hujan. Di samping itu, bisa juga karena diparkir di luar ruangan dengan tingkat kelembaban udaranya yang tinggi.

Embun bisa berada di dalam lampu karena ada lubang hawa yang menjadi penghantar panas dari lampu. Apalagi di Indonesia lampu motor sudah dirakit menyala setriap saat. Hal tersebut menjadi faktor hawa panas di (headlamp) berlebih.

Maka dari itu, adanya embun pada lampu motor adalah hal yang wajar karena kondisi motor sudah disetel seperti itu. Sebab, ketika mesin sedang dinyalakan maka lubang kecil tersebut berfungsi untuk menghantarkan hawa panas.

Justru jika tidak ada lubang kecil maka lampu akan pecah karena menahan panas sehingga dapat merusak reflektor.

Selain hal di atas, penyebab lampu motor berembun adalah karena karet lampu motor yang kendur. Hal ini dapat menjadi faktor air masuk ke dalam rumah lampu saat diguyur hujan besar. Selain itu, bisa karena sedang dicuci dengan tekanan air yang tinggi.

Lampu Motor Berembun

  • Tips Memgatasi Lampu Motor yang Berembun

Pada umumnya, embun pada motor tersebut akan menghilang dengan sendirinya setelah motor dipakai.

Namun jika lampu motor telah mengembun sebaiknya dibongkar untuk menyervis bagian yang menjadi penyebab air masuk. Sebab bila dibiarkan maka embun tersebut akan menyebabkan lampu berjamur atau menjadi buram.

Cara mengatasi lampu motor yang berembun seperti di bawah ini:

  • Awalnya, copotlah rumah lampu sepeda motor. Pencopotannya tergantung dari tipe motor serta posisi dari kedua komponen tersebut. Misalnya apakah tipe naked atau fairing.
  • Selanjutnya, bohlam lampu dibuka lalu simpan ditempat yang aman. Kemudian, bersihkanlah mika lampu dengan menggunakan air hangat dan sabun pencuci piring.
  • Setelah itu, keringkanlah mika lampu ditempat yang terkena sinar matahari langsung. Jemurlah mika lampu sampai benar-benar kering.
  • Tahap berikutnya, setelah mika lampu kering maka ambilah sealant, lalu oleskan pada bagian mika dan reflektor. Anda harus yakin bahwa semua bagian sisinya terlapisi sealant sehingga air tidak dapat masuk lagi.
  • Lalu biarkan sealant sampai kering pada mika lampu.
  • Tahap akhir, pasang lagi mika lampu dan coba nyalakan untuk memastikan lampunya sudah bekerja normal.

Nah, sekarang Anda sudah tahu penyebab lampu motor berembun dan cara mengatasinya. Selamat mencoba tipsnya!

Bagikan:

Tinggalkan komentar