Motor Mogok Karena Pengapian Hilang? Ini Caranya

Motor Mogok Karena Pengapian Hilang? Ini Caranya

Pengapian Hilang

Motor Mogok Karena Pengapian Hilang? Ini Caranya Aufaproject46.com Hallo Sobat Otomotif, sebelum Anda memutuskan untuk membawanya ke bengkel atau tempat service lainnya. Karena terkadang masalah pengapian cukup membuat bingung dan juga kesal terutama jika terjadi saat ditengah perjalanan. Apalagi jika Anda tak begitu hapal atau mengerti mengenai mesin motor, pasti akan langsung memilih membawanya ke bengkel.

Memiliki kendaraan roda dua atau motor adalah pilihan dari banyak kalangan baik itu muda maupun tua. Cukup efektif untuk menembus kemacetan disamping harga jualnya yang cukup terjangkau. Motor menjadi salah satu alat transportasi yang paling banyak jumlahnya dihampir semua negara terutama Indonesia.

Tak semua orang memiliki motor dengan versi atau tahun produksi baru, Anda pasti pernah atau sering melihatnya di jalan raya. Untuk sebagian orang memiliki sekaligus mengendarai motor tahun lama cukup menantang, apalagi yang menggemari serta mengerti mesin. Kebanyakan motor terbaru menggunakan sistem matic bahkan teknologi terbaru dengan komputerisasi.

Pengapian Hilang

Namun, seringkali motor baik yang keluaran baru atau pun lama mengalami mogok saat akan dinyalakan maupun ditengah perjalanan. Seringkali hal tersebut diakibatkan oleh pengapian hilang dan hal ini cukup membingungkan bagi yang tak terlalu mengerti mesin. Namun, Anda tak perlu panik atau langsung membawanya ke bengkel. Coba terlebih dahulu beberapa hal dibawah ini, yaitu :

  • Kehabisan bahan bakar.

Walaupun hal ini jarang terjadi tapi tak ada salahnya jika Anda melakukan pengecekan. Sebelum mengecek pada spare part atau bagian lain dimotor, terlebih dahulu cek ketersediaam bahan bakar atau bensin. Karena bisa saja indikator bahan bakar pada motor Anda rusak sehingga tak diketahui jika kehabisan bensin.

  • CDI

Merupakan salah satu bagian atau pun komponen yang cukup penting dalam pengapian motor. Bisa jadi hilangnya pengapian pada motor disebabkan oleh CDI yang mengalami masalah. Anda dapat melakukan pengecekan sendiri dengan banyak panduan dari laman internet jika belum terlalu mengerti mengenai CDI.

  • Busi

Yang paling banyaks erta umum  dilakukan saat pengapian hilang adalah dengan mengecek busi pada motor. Melepas dari rumahnya dan mencoba mengetes dengan cara menempelkan padaa blok mesin.

Coba nyalakan dengan cara kick starter, jika muncul percikan api maka busi bukan masalahnya. Busi yang masih dalam kondisi bagus atau bekerja terlihat dari warna biru pada percikan api saat ditempelkan di blok mesin.

  • Accu

Lebih dikenal dengan sebutan aki adalah salah satu bagian penting dalam pengapian terutama pada motor dengan sistem injeksi. Saat tak ada pengapian, maka Anda dapat mengganti aki dengan yang baru. Jika motor yang Anda miliki merupakan sistem injeksi.

Namun, pada motor dengan karburator akan berbeda karena meskipun aki rusak, motor masih bisa menyala. Anda harus terlebih dahulu mengetahui motor yang digunakan memiliki sistem injeksi atau karburator.

Itulah beberapa cara yang dapat Anda lakukan saat motor yang dimiliki mogok akibat pengapian hilang. Sebelum memutuskan untuk membawanya ke bengkel, pengecekan beberapa komponen seperti diatas dapat dilakukan terlebih dahulu.

Bagikan:

Tinggalkan komentar