Cara Membuka Mobil Yang Terkunci Dari Dalam Anti Panik

Tidak jarang para pengguna mobil sering mengalami mobil yang terkunci dari dalam. Tentu sebagian orang akan merasa panik dengan insiden tersebut. Sebenarnya ada cara paling efektif dengan memecahkan kaca ataupun memanggil tukang reparasi kunci. Namun sebelum itu alangkah baiknya terapkan cara membuka mobil yang terkunci dari dalam paling efektif secara mandiri berikut:

1. Memanfaatkan Obeng

Pertama akan dibahas membuka mobil yang terkunci dari dalam paling efektif yaitu dengan memanfaatkan obeng. Namun, perlu dipahami bahwa harus hati-hati saat menggunakan obeng. Pasalnya jika salah menggunakan akan membuat eksterior maupun bagian interior mobil rusak. 

Untuk itu caranya dengan membuat celah dengan obeng agar alat cungkil bisa masuk ke bagian dalam mobil. Setelah itu, pastikan arahkan pencungkil tersebut agar bisa menarik kunci dari dalam. Dan pintu bisa terbuka kembali.

2. Menggunakan Tangkai Besi

Selanjutnya adalah menggunakan tangkai besi untuk membuka pintu mobil. Tentunya tangkai besi ini dapat digunakan untuk mendorong tombol kunci. Maka dari itu untuk memasukkan tangkai besi tersebut pengguna bisa membuat sedikit celah pada pintu. Setelah itu masukkan tangkai besi perlahan agar sampai pada bagian kunci dan tekan tombol pada pintu tersebut.

3. Menggunakan Tali

Jika kedua cara diatas belum berhasil maka jangan khawatir pemilik mobil bisa mencoba dengan menggunakan tali. Namun, tali yang digunakan harus tali yang kuat sehingga tidak mudah untuk terputus. Maka dari itu, salah satu tali yang direkomendasikan untuk hal ini adalah tali sepatu.  

Adapun saat menggunakan tali cara membuka mobil yang terkunci dari dalam adalah dengan membuat simpul terlebih dahulu.  Pada bagian simpul ini usahakan kecil namun ketat. Setelah itu, pengguna bisa masuk pada bagian celah yang kecil pada pintu. Ulurkan tali hingga masuk dalam mobil dan selanjutnya rekatkan bagian simpul ke kunci mobil dan tarik secara perlahan pintu tersebut.

4. Menggunakan Hanger Baju

Mungkin cara ini sedikit tidak meyakinkan, namun tidak ada salahnya dicoba. Pertama pemilik mobil yang terkunci dari dalam harus membawa hanger baju alias gantungan baju. Tentunya pilih hanger yang berbahan alumunium. Alat ini akan menjadi kunci manual saat mobil terkunci dari dalam.

Sehingga pemilik bisa membuka pintu mobil tersebut. Maka dari itu pengguna bisa menekuk pada bagian ujung kawat dengan membentuk kaitan sekitar 3 cm hingga 5 cm. Kemudian pastikan ujung kawat tersebut dimasukkan ke bagian dalam celah antara lapisan karet pintu dan jendela. 

Selanjutnya masukkan perlahan hingga bagian ujung kawat masuk jendela. Lalu putar ke arah berlawanan sehingga pengait tersebut masuk ke dalam mobil. Gerakkan perlahan hingga pengait menangkap tuas kunci hingga pintu berhasil terbuka.

5. Menggunakan Penggaris

Jangan salah sangka bahwa penggaris juga memiliki fungsi lain selain untuk mengukur panjang suatu benda, namun kali ini bisa digunakan untuk membuka pintu mobil. Adapun caranya adalah dengan mudah, yaitu dengan menyelipkan garisan tersebut ke dalam mobil pada bagian karet kaca mobil.

Setelah itu usahakan menggeser dan merasakan di titik mana ada panel kunci. Pada hal ini memang kepekaan lebih diutamakan untuk memastikan bagian handle pintu tertemukan. Kemudian tekan pada bagian kunci selain itu juga dengan menarik handle pintu.  

Demikian itu beberapa cara membuka mobil yang terkunci dari dalam paling efektif. Tentunya dengan menerapkan beberapa cara tersebut pengguna tidak lagi harus panik. Bahkan gegabah langsung memecahkan kaca mobil. Jadi, terapkan langkah tersebut sebelum akhirnya harus memanggil tukang kunci ke rumah.

 

Bagikan:

Tinggalkan komentar